Sumber: gogoarchery.com

Disebut sebagai negeri para dewa, wajar saja jika Yunani memiliki pemandangan alam yang sangat indah, seolah memang para dewa kuno itu mengukir sendiri negara yang beribukota di Athena ini. Tak heran jika Yunani menjadi salah satu destinasi traveling dari wisatawan di berbagai penjuru dunia. Yunani memang dianugerahi bentang alam yang mempesona karena letaknya yang strategis, tepat berada di persimpangan 3 benua besar yakni Eropa, Asia dan juga Afrika.

Negara yang terletak di semenanjung Balkan ini juga punya banyak pulau-pulau eksotis, yang tak pernah gagal untuk membuat wisatawan atau para traveller dari seluruh penjuru dunia menjadi terpesona. Selain bentang alamnya yang memukau, Yunani juga menarik perhatian karena masyarakat disana dianugerahi fisik yang rupawan. Kaum prianya berwajah tampan, sedangkan wanitanya dianugerahi wajah yang cantik mempesona. Tak heran jika Yunani kemudian menjadi salah satu destinasi yang didambakan untuk dikunjungi, oleh banyak traveller dari berbagai penjuru planet bumi ini.

Seperti telah disinggung diatas, Yunani punya banyak pulau-pulau eksotis yang menawarkan sejuta keindahan bagi para pengunjungnya. Ada sekitar 1200 hingga kurang lebih 6000-an pulau, yang menjadi milik Yunani. Dari sekian banyaknya pulau-pulau tersebut, hanya sekitar 227 pulau saja yang dihuni oleh manusia. Pulau Kreta atau Crete adalah yang terbesar, dengan populasi terbanyak plus pulau paling populer di Yunani ini. Yang terbesar kedua adalah Euboea, selanjutnya ada pulau Lesbos di urutan ketiga dan Rhodes di urutan keempat; sebagai gugusan pulau-pulau besar di Yunani ini. Yunani sepertinya benar-benar memanfaatkan kekayaan negara ini sebagai magnet untuk menarik wistawan. Tak heran jika negara yang dipimpin oleh presiden  Prokopis Pavlopoulos ini, duduk pada urutan ke-12 sebagai tujuan pariwisata internasional dengan 14,18 juta turis mengunjungi negara ini setiap tahunnya.

Traveller yang datang ke Yunani pastinya ingin menjelajahi pulau-pulau yang ada di negara yang kerap mendapat julukan pusat peradaban ini. Yunani sendiri punya sekitar 10 pulau populer, yang kerap menjadi destiansi favorit bagi para wisatawan yang datang ke negara ini. Ke 10 pulau tersebut adalah:

Santorini

Sumber: discovergreece.com

Salah satu pulau yang wajib dikunjungi jika bepergian ke Yunani adalah Santorini ini. Pulau yang terletak di sebelah tenggara laut Aegea ini, berjarak kurang lebih 200 km dari gugusan kepulauan utama di Yunani. Memiliki bentang alam yang didominasi oleh kaldera gunung berapi, Santorini disebut sebagai pulau terindah yang ada di Yunani ini.

Dikelilingi oleh lautan biru yang cantik, Santorini juga dikenal karena keunikan pulau itu sendiri. Saat Anda datang ke Santorini, maka yang dilihat pertama kali adalah nuansa biru dari atap-atap bangunan di pulau ini. Ya, Santorini memang unik karena meskipun bangunanya didominasi warna putih bersih, namun atap berwarna biru mencolok menjadi daya tarik utama dari bangunan-bangunan tersebut. Kontradiksi ini justru membuat Santorini terlihat semakin cantik dan juga unik. Pantai di Santorini juga unik karena tak semuanya didominasi dengan pasir berwarna kecoklatan. Ada beberapa bagian pantai di Santorini didominasi pasir berwarna hitam yang lembut, dan terlihat eksotis saat berpadu dengan laut berair biru nan cantik.

Mykonos

Selain Santorini, ada juga pulau Mykonos yang menjadi destinasi lain bagi traveller yang datang ke Yunani ini. Sama seperti Santorini, nuansa pantai menjadi daya tarik utama dari pulau Mykonos ini. Pulau yang hanya dihuni oleh 10 ribu jiwa ini menawarkan pemandangan laut yang cantik, dipadu dengan atraksi hiburan yang tak pernah ada hentinya. Datang ke Mykonos, berarti Anda bersiap untuk menikmati hingar bingar nuansa pesta yang membuat pulau ini selalu ramai dan juga gemerlap. Ada banyak bar dan klub malam yang hampir selalu mengadakan pesta setiap harinya. Jadi jika Anda mencari tempat yang tenang dan sepi, spertinya Mykonos ini bukan pilihan yang tepat meskipun pemandangan laut di pulau ini terlihat cantik; dan tak kalah dengan pulau-pulau lain di sekelilingnya.

Corfu

Anda penggemar cerita klasik seperti karangan dari Shakespeare, maka pulau Corfu ini harus dimasukan dalam daftar destinasi traveling di Yunani. Pulau yang terletak di laut Ionia ini dikabarkan menjadi inspirasi Shakespeare untuk menulis banyak karya masterpiecenya, seperti The Tempest yang terkenal itu. Ada banyak bar di wilayah Kavos, di mana Anda bisa mengunjungi banyak bar dan club malam untuk melihat pertunjukkan drama klasik karangan para pujangga-pujangga Yunani kuno.

Namun di bagian timur laut pulau Corfu ini, ternyata berbeda dengan wilayah-wilayah lain sekitarnya. Di bagian timur laut Corfu tepatnya di Old Perithia, ada sebuah desa kuno yang masih asri dan juga jauh dari hingar bingar area perkotaan. Desa kuno ini didominasi pemandangan alam yang masih asri, dengan hijaunya hutan dan kebun yang masih tertata rapi di Old Perithia ini. Dikelilingi oleh kebun angur yang luas dengan latar belakang laut Ionian yang biru, Old Perithia ini jadi pilihan tepat jika Anda tak ingin larut dengan keramaian Pulau Corfu ini.

Milos

Selain Santorini, salah satu pulau indah di Yunani yang berada di kawasan kaldera gunung berapi adalah Milos ini. Pulau yang letaknya tak jauh dari pulau Kreta ini, dianugerahi bentang alam yang cantik berupa batu karang putih yang seolah kontras dengan warna laut Agea yang biru itu. Ketika Anda memilih untuk mengunjungi Milos, Anda akan terpesona karena ketika membuka jendela kamar maka hamparan laut yang luas akan langsung membuai mata Anda dengan keindahannya. Dibandingkan ketiga pulau lain di atas, Milos relatif lebih sepi dan tenang. Jadi jika Anda mencari ketenangan di salah satu pulau di Yunani, maka Milos ini adalah destinasi traveling yang patut untuk dikunjungi.

Kos

Salah satu pulau besar yang dimiliki Yunani adalah pulau Kos atau Cos ini. Kos menjadi begitu terkenal karena merupakan tempat kelahiran filsuf Yunani ternama, Hippocrates yang juga dikenal sebagai bapak pengobatan modern. Kos sendiri merupakan perpaduan batu-batu karang yang berpadu dengan pohon-pohon besar dan tua, yang menjadi bentang alamnya.

Kos juga memiliki pemandangan alam yang indah berupa laut Aegea dan garis pantai Anatolia di Turki, yang memberikan efek pemandangan dramatis nan eksotis. Jangan lewatkan untuk berjalan-jalan di pantai pulau Kos yang memiliki pasir kecil-kecil dan lembut. Lautnya yang relatif tenang, sangat cocok bagi traveller yang ingin berenang atau sekedar main air di pantai Pulau Kos ini. Selain itu, pulau Kos juga menjadi salah satu spot terbaik di Yunani untuk melihat sunset yang cantik.

Krete

Inilah salah satu pulau terbesar dan paling terkenal di Yunani. Crete atau Kreta menjadi destinasi yang wajib untuk didatangi jika Anda travelling ke Yunani. Crete juga jadi pulau paling padat dibandingkan gugusan kepulauan lain di Yunani ini. Meskipun begitu, Crete tetap menyimpan keindahan dan eksotisme yang tak akan Anda temukan di tempat lain di dunia ini. Crete dikenal karena memiliki pantai yang indah, dimana Anda bisa berjemur atau sekedar main air di sana. Di Crete pula Anda bisa menikmati aneka hidangan seafood, yang diolah dengfan cita rasa Yunani yang otentik.

Bagi Anda yang ingin bersenang-senang menikmati dunia malam, datang saja ke kawasan Malia dimana ada banyak bar dan club yang kerap mengadakan pesta-pesta seru setiap malamnya. Namun bagi yang mencari ketenangan, sekitar pantai Crete juga layak untuk dikunjungi. Crete sendiri terbilang unik karena bangunan-bangunan bergaya modern yang bercampur dengan arsitektur lokal, berbaur secara cantik dengan indahnya lautan dan bentang alam dari batuan yang alami.

Naxos

Sumber: intrepidtravel.com

Dibandingkan pulau-pulau lain yang telah disebutkan di atas, Naxos mungkin pulau paling hijau dan subur di gugusan kepualauan negara Yunani ini. Pohon-pohon dan rerumputan dibiarkan tumbuh dengan subur di berbagai sudut pulau Naxos ini. Pulau ini juga punya pantai berpasir putih nan lembut, yang langsung disambut dengan air laut yang berwarna biru cerah.

Dengan garis pantai sepanjang hampir 100 km, Anda bisa menghabiskan waktu untuk menjelajahi sepanjang pantai Naxos ini. Selain pemandangan alamnya yang indah, Naxos juga dikenal dengan arsitektur bagunannya yang sekilas mirip dengan Santorini. Di beberapa tempat Anda akan melihat rumah dengan atap atau pintu berwarna biru cerah. Di Naxos ini pula Anda bisa menikmati indahnya kebun anggur, penghasil wine berkualitas terbaik di Yunani. Naxos juga pulau darimana yogurt yang terkenal yakni Greek Yogurt berasal.

Paros

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pulau yang Yunani banget, maka Paros ini adalah pulau yang wajib untuk Anda kunjungi. Paros juga pulau di mana ada banyak bangunan cantik dengan dominasi warna putih yang memikat. Di Paros pula banyak kota-kota kecil yang masih mempertahankan bangunan dengan gaya arsitektur Yunani kuno. Dominasi warna putih di kota-kota kecil di Paros tampak sangat kontras dengan birunya air laut Aegea yang maha luas itu.

Folegandros

Anda yang punya jiwa petualangan dan ingin mendaki kegagahan bukit-bukit berbatu karang di Yunani, maka pulau Folegandros ini adalah tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Jika di pulau-pulau lain diramaikan dengan banyaknya bar dan juga club malam, Folegandros ini relatif lebih sepi dan juga sunyi. Meskipun begitu, banyak hal-hal seru yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung di Folegandros ini. Salah satunya adalah dengan hiking menjelajah dan mendaki bukit-bukit yang ada di pulau Folegandros ini. Meskipun terbilang sepi, saat musim liburan tiba Folegandros ini sangat ramai dan padat. Jadi pastikan Anda booking hotel terlebih dahulu sebelum traveling ke Folegandros ini.

Alonissos

Asri, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pulau Alonnisos ini. Pulau ini memang masih dipenuhi hutan-hutan kecil, bahkan jika Anda menjelajah ke dalamnya akan dijumpai keindahan alam yang masih asri dan alami. Ada air terjun air tawar yang cantik dan juga bersih, dikelilingi hutan kecil sekitarnya. Di pulau Alonnisos ini ada salah satu taman laut terbesar di Yunani yang wajib untuk dikunjungi. Tempatnya yang sunyi sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan, sekaligus menikmati keindahan alam di pulau Alonnisos ini.

827

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here