Sumber: cintas.com

Hingga saat ini, hotel masih jadi pilihan untuk menginap bagi traveller yang melakukan perjalanannya. Jika dahulu hotel identik dengan tempat tinggal atau bermalam dengan kemewahan dan berharga mahal, sekarang tidak seperti itu lagi. Anda tentu pernah mendengar tentang hotel kelas melati bukan? Hotel seperti ini mematok harga yang lumayan murah untuk tarif menginap permalamnya. Tapi tentu Anda tidak boleh berharap lebih dari fasilitas hotel berkelas melati ini.

Untuk dapat fasilitas nomor wahid dan juga pelayanan ekstra, maka hotel berbintang bisa jadi tempat yang dituju jika traveling. Hotel berbintang pun masih dibedakan lagi menurut peringkat bintangnya. Ada hotel berbintang satu dengan fasilitas yang lumayan namun harganya masih terjangkau, dan ada juga hotel megah berbintang lima dengan suite-suite mewah kelas atas dengan tarif bermalam mencapai puluhan juta rupiah! Tentu saja hotel-hotel tersebut beserta kelasnya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kemampuan dan juga budget Anda sendiri.

Namun terlepas dari itu semua, kenyamanan adalah hal utama yang harus jadi pertimbangan ketika Anda memilih hotel saat traveling ini. Selain kenyamanan, kebersihan dan juga keamanan juga harus jadi prioritas yang tak boleh diabaikan saat memilih hotel-hotel yang akan dibooking. Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, maka tak peduli apakah mewah atau mahal tinggal di hotel tetap bisa nyaman dan juga menyenangkan. Meskipun begitu, tahukah Anda ternyata ada beberapa tips dan trik untuk menghemat sejumlah uang jika menginap di hotel saat traveling ini? Ya tentu saja sebagai konsumen, bukan hal yang salah jika kita berharap bisa menghemat sejumlah uang saat menginap di hotel. Apalagi bagi para traveller berkantong cepak dengan budget traveling yang pas-pasan.

Tips dan trik menghemat uang saat menginap di hotel ini bisa dipraktekan untuk Anda yang traveling dengan anggaran pas-pasan. Lalu bagaimana sebenarnya cara menghemat uang ketika kita memilih hotel untuk menginap saat traveling? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini ada cara untuk tetap bisa nyaman tinggal di hotel, namun bisa menghemat sejumlah uang saat traveling. Seperti apa itu?

Booking hotel langsung

Saat ini banyak aplikasi yang memudahkan Anda untuk melakukan booking jauh-jauh hari. Namun ternyata cara ini kurang efektif untuk menghemat sejumlah uang ketika menginap di hotel. Tahukah Anda dengan booking langsung ke hotel, Anda bisa mendapat tarif yang lebih murah dibandingkan booking melalui aplikasi?

Saat ini banyak hotel yang menawarkan harga spesial untuk konsumen, yang langsung melakukan reservasi atau booking dari situs resmi mereka langsung. Tak hanya itu terkadang sebagian hotel melakukan promosi seperti gratis breakfast atau menginap semalam gratis bagi para pelanggan yang menginap langsung. Kadang promo seperti ini tak bisa Anda temukan ketika memesan kamar hotel melalui aplikasi yang banyak beredar saat ini. Anda bisa melakukan panggilan telepon langsung pada hotel yang dituju untuk mendapat sejumlah diskon atau penawaran khusus yang bisa diterima.

Manfaatkan diskon dari aplikasi booking hotel

Sumber: fpihotels.com

Cara ini memang agak bertentangan dengan cara pertama, namun tak bisa dipungkiri kini banyak aplikasi yang menawarkan bagi para penggunanya. Saat ini aplikasi seperti ini memang bisa dengan mudah Anda download melalui PlayStore atau App Store. Baik dari developer lokal ataupun mancanegara, aplikasi jenis ini memberi kemudahan untuk melakukan booking hotel dari segala penjuru dunia. Jadi Anda tak harus datang jauh-jauh ke Jepang untuk melakukan booking hotel secara langsung.

Cukup klik aplikasi yang terinstal, pilih hotel di destinasi traveling Anda, lihat harga dan reviewnya, lalu Anda siap untuk melakukan booking. Aplikasi jenis ini memang menjamur bak cendawan di musim hujan. Tak heran untuk memenangkan persaingan, banyak yang menawarkan sejumlah diskon untuk para penggunanya. Uantuk mendapatkan kamar dengan harga miring dan terbaik, cara ini juga bisa dicoba untuk booking hotel yang hemat selama traveling.

Manfaatkan masa ketika tarif hotel turun

Punya rencana traveling ke Yogyakarta menjelang lebaran, namun ingin booking hotel mulai sekarang-sekarang ini? Jika punya rencana seperti ini, mulai dari sekarang Anda harus memperhatikan tarif-tarif hotel yang ingin Anda tinggali. Pasalnya ada masa di bulan-bulan tertentu ketika tarif hotel mendadak sedang turun cukup signifikan. Jika Anda cukup awas dengan perubahan ini, Anda bisa melakukan booking saat tarif hotel sedang turun ini. Atau jika Anda ingin traveling ke luar negeri, cobalah pesan di situs Tingo.com. Situs ini memudahkan Anda untuk booking hotel di berbagai belahan dunia, dengan tarif yang ditawararkan saat itu. Uniknya, Tingo akan mengembalikan uang Anda jika tarif hotel mendadak turun bertepatan dengan saat Anda menginap di sana.

Hindari booking hotel saat menjelang liburan

Sama seperti booking tiket pesawat, tarif hotel bisa melonjak naik di musim-musim tertentu. Di Indonesia, tarif hotel akan naik hingga puluhan persen ketika musim liburan sekolah, menjelang hari raya keagamaan atau menjelang akhir tahun. Hal yang nyaris sama juga terjadi ketika Anda hendak booking hotel di luar negeri. Pada saat itu tarif hotel memang sedang tidak bersahabat. Karena itu sebaiknya hindari memesan hotel saat-saat itu. Anda bisa memesan jauh-jauh hari ketika tarif kamar sedang lumayan terjangkau, jika punya rencana traveling saat liburan atau akhir tahun dan berencana menginap di suatu hotel tertentu.

Booking hotel saat weekend atau weekdays

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tarif hotel saat weekdays lebih mahal daripada weekend. Ternyata mitos tersebut tak sepenuhnya benar loh. Hotel yang terletak di daerah perkotaan atau dekat dengan area perkantoran, justru akan mematok harga yang lebih murah saat weekend tiba. Jadi jika Anda melakukan business travel, ada baiknya untuk booking hotel saat weekend untuk dapat harga yang lebih murah. Namun hotel yang dekat tempat wisata, justru mematok harga yang lebih mahal saat weekend. Ini karena ketika weekend tiba, hotel pasti akan disesaski dengan orang-orang yang ramai berlibur. Jadi jika Anda ingin booking hotel di sekitar tempat wisata, booking ketika weekdays justru lebih disarankan agar berpeluang untuk mendapatkan hotel dengan harga yang murah dan terjangkau.

“Jual lagi” kamar Anda

Traveling tak selalu berjalan sesuai dengan rencana. Mungkin di tengah-tengah perjalanan, Anda harus segera kembali ke rumah karena ada hal darurat yang terjadi, padahal terlanjur booking hotel selama 10 hari. Atau mendadak Anda harus pindah hotel karena suatu dan lain hal, padahal waktu menginap masih 5 hari tersisa. Meski terasa sedikit menyebalkan, namun cara ini juga bisa jadi peluang Anda untuk mendapatkan sejumlah uang loh. Anda bisa “menjual lagi” kamar Anda pada orang lain yang membutuhkan. Untuk harga, tergantung kesepakatan kalian berdua. Namun pastikan waktu Anda untuk menginap masih tersisi beberapa hari, agar orang yang “membeli” kembali kamar Anda tidak merasa kecewa atau tertipu.

Hemat tarif WiFi

Beberapa hotel mematok biaya tertentu pada setiap gadget yang dibawa oleh tamu yang menginap, jika terhubung dengan WiFi hotel. Tentu saja bagi Anda yang membawa sejumlah gadget, hal ini cukup menyita biaya pula. Karena itulah tak ada salahnya untuk membawa WiFi portable atau modem sendiri, untuk menghindari tagihan penggunaan WiFi hotel ini. Namun saat ini juga banyak kok hotel dengan pelayanan yang cukup bagus dan tetap menggratiskan WiFi untuk para tamunya. Karena itu pastikan hotel tempat Anda menginap ini benar-benar menggratiskan biaya WiFi bagi tamu yang menggunakanya.

Buat sarapan sendiri

Saat ini, banyak hotel yang menggratiskan breakfast atau sarapan untuk para tamunya. Namun tak sedikit pula yang hanya memberi layanan kamar dan fasilitas tertentu tanpa menggratiskan sarapan untuk para tamu. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa kok membuat sarapan sendiri dengan membawa oatmeal atau roti tawar yang mudah dihidangkan atau disajikan.

Atau jika tidak, Anda bisa memilih untuk sarapan di restoran atau warung yang agak jauh dari hotel. Hal ini bisa Anda praktekkan untuk makan siang dan makam makan malam juga. Hidangan di hotel mungkin lezat dan lengkap, namun harganya kadang tak begitu bersahabat. Untuk menyiasati hal ini, memilih spot kuliner yang agak jauh hotel tempat menginap bisa Anda coba untuk lakukan.

Menyiasati tarif parkir mahal

Beberapa waktu yang lalu, kita dikejutkan dengan berita sebuah hotel yang mematok tarif parkir Rp 10.000 per jamnya. Kontan saja hal ini menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Namun faktanya, memang tarif hotel itu lumayan mahal apalaghi jika letaknya di dekat area perkotaan. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang terletak dekat dengan hotel tempat Anda menginap. Untuk sebagian orang, cara ini memang agak ribet karena dari area parkir ke hotel kadang harus berjalan selama beberapa menit. Namun anggap saja ini sebagai olahraga ringan untuk Anda, daripada harus membayar tarif parkir hotel yang kadang mencekik itu.

Waspadai “jebakan” bar hotel

Sumber: theclevercouple.com

Di sebagian hotel mewah, bukan hal yang asing Anda temui “hotel bar” di kamar tamu. Mulai dari yang mewah dan lengkap, hingga yang hanya berbentuk seperti kulkas kecil dengan makanan dan minuman ringan yang tersedia disana. Kadangkala orang yang tidak tahu akan seenaknya saja mengambil makanan dan minuman dari hotel bar ini. Mungkin mereka mengira ini adalah bagian dari fasilitas hotel. Namun jangan salah, snack dan makanan ringan yang Anda konsumsi itu rupanya berbayar loh. Karena itu, sebaiknya Anda tak mengambil apapun dari hotel bar. Jika ingin cemilan, beli saja dari minimarket-minimarket yang berada dekat dengan hotel Anda.

Langganan di hotel yang sama

Jika Anda sering traveling ke suatu kota, maka ada baiknya Anda untuk menginap di hotel yang sama. Dengan menginap di hotel yang sama, Anda akan berpeluang mendapat diskon langganan yang pastinya akan lebih hemat dan juga bermanfaat untuk Anda. Sebagai penghargaan, hotel akan memberikan sejumlah diskon atau service tertentu untuk para pelanggannya. Sebaiknya manfatkan hal ini dengan booking hotel yang sama beberapa kali. Selain itu, Anda juga akan tahu karakteristik dari hotel langganan ini.

978

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here