Sumber: theodysseyonline.com

Bagi Anda yang punya rencana traveling dalam waktu dekat ini, banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya. Apalagi jika berniat melakukan traveling dalam waktu yang lama dan tempat yang jauh pula. Untuk sebagian orang, traveling memang sudah jadi makanan sehari-hari. Artinya setiap saat dan kapan saja, mereka akan berpergian dengan berbagai alasan. Biasanya mereka yang mempunyai suatu bisnis tertentu, akan sering melakukan perjalanan baik keluar kota hingga luar negeri untuk menjalankan pekerjaannya dan meninggalkan rumah mereka.

Ada juga orang yang melakukan traveling untuk tujuan berwisata atau sekedar jalan-jalan saja. Umumnya mereka melakukan traveling saat musim liburan tiba, sehingga bisa berpergian bersama dengan teman atau keluarga. Namun ada juga yang tak pernah traveling, namun sekalinya berpergian memakan waktu yang lama. Ini umumnya dilakukan oleh orang-orang yang mudik menjelang hari raya tiba. Tak jarang orang-orang seperti ini hanya melakukan traveling ke tempat yang jauh sekali yakni kampung halamannya, setiap setahun sekali saja.

Namun semua orang yang melakukan traveling ini mempunyai satu kesamaan. Mereka sama-sama akan meningalkan rumah atau kediaman mereka selama beberapa waktu. Bagi mereka solo traveler, tentu saja masih bisa meninggalkan rumah dengan tenang karena kemungkinan besar masih ada keluarga atau asisten rumah tangga yang akan merawat dan menjaga kediaman mereka. Namun bagaiman jika melakukan traveling bersama seluruh anggota keluarga? Tentu rumah akan dibiarkan dalam keadaan kosong selama beberapa waktu tertentu. Karena itulah sebelum Anda traveling baik sendiri atau bersama dengan seluruh anggota keluarga, ada beberapa hal penting yang harus benar-benar diperhatikan atau dilakukan.

Ini penting sebab selama traveling, Anda tentu tak inginkan was-was memikirkan keadaan rumah yang kosong dan tidak ada penghuninya? Karena itulah agar traveling semakin nyaman dan menyenangkan serta tanpa beban yang berarti, maka ada 10 hal yang wajib banget Anda lakukan selama di rumah sebelum berangkat traveling. Apa saja itu?

Beritahu tetangga dan pihak keamanan

Sumber: meijielectric.ph

Sebelum traveling ada baiknya Anda memberi tahu petugas keamanan atau tetangga kiri kanan. Apalagi jika Anda traveling dengan seluruh anggota keluarga untuk beberapa waktu lamanya. Tetangga kiri kanan akan jadi orang pertama yang tanggap jika ada hal-hal yang aneh terjadi pada rumah Anda selama ditinggalkan. Jika Anda tinggal di sebuah komplek di mana hubungan dengan tetangga tidak begitu dekat, maka bisa menghubungi petugas keamanan setempat untuk menitipkan rumah selama ditinggal traveling.

Selain itu, Anda juga bisa menitipkan rumah pada pengurus RT atau RW setempat. Bagi Anda yang tinggal di apartment, ada baiknya pula untuk memberi tahu petugas keamanan bahwa Anda akan traveling beberapa waktu, sehingga kediaman Anda itu dalam keadaan kosong dan tidak berpenghuni. Oh ya jika Anda punya hewan peliharaan, tak ada salahnya untuk menghubungi pet hotel untuk menitipkan mereka sementara waktu selama traveling.

Berhenti berlangganan selama beberapa waktu

Jika biasanya Anda langganan koran harian atau susu segar setiap pagi, maka beritahu mereka bahwa Anda akan traveling sehingga barang tidak perlu diantarkan ke rumah sebagaimana biasanya. Dengan memberi tahu pihak langganan, mereka tak perlu mengantarkan barang-barang sebagaimana biasanya. Selain itu, Anda tentu tak mau kan saat pulang traveling, mendapat sejumlah tagihan dari barang-barang yang ternyata tak terpakai selama traveling?

Datangi bank langganan

Ada dua alasan mengapa Anda perlu datang ke bank langganan sebelum traveling. Pertama jika Anda traveling ke dalam negeri, pastikan ada ATM bank langganan di tempat tujuan Anda ini. Bukan hal yang aneh jika di beberapa daerah di Indonesia, hanya ada satu ATM bank tertentu saja yang bisa digunakan. Sebenarnya saat ini semua ATM bisa digunakan di bank mana saja, asal berlogo Master Card. Tapi pertimbangkan juga potongan setiap kali penarikan terjadi. Karena itulah untuk berjaga-jaga, Anda bisa melakukan penarikan sejumlah uang tunai sebagai bekal selama traveling. Tanyakan pula apakah kartu kredit bisa digunakan di daerah yang Anda tuju ini.

Bagi yang ingin berpergian ke luar negeri, datang ke bank memang sangat diperlukan sebelum traveling. Bagi Anda pengguna kartu kredit, bank wajib tahu Anda akan melakukan transaksi di luar negeri sebab jika tidak maka mereka akan menggap transaksi ini ilegal dan kartu kredit bisa diblock seketika. Selain itu, Anda juga harus mengetahui berapa rate nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara tujuan. Tak hanya itu, Anda juga wajib tahu apakah ATM bisa digunakan di luar negeri dan berapa potongan yang dibebankan jika melakukan penarikan tunai di sana. Karena itulah mendatangi bank langganan jadi satu hal yang wajib dilakukan saat sebelum traveling ini.

Rencanakan apa yang harus dilakukan saat sampai tempat tujuan

Sebelum traveling, ada baiknya Anda merencanakan kegiatan atau aktivitas apa yang akan dilakukan di hari pertama setelah sampai di tempat tujuan. Apakah Anda akan tinggal sementara di hotel untuk memulihkan tenaga atau langsung melakukan aktivitas lain seperti bekerja atau berwisata misalnya. Apalagi jika Anda baru pertama kali traveling ke tempat tersebut, lingkungan sekitar tentu masih terasa asing dan membingungkan. Karena itu rencanakan dengan cermat apa yang akan dilakukan hari pertama ketika sampai di tujuan. Paling tidak Anda akan tahu di mana restoran terdekat atau cafe yang bisa dituju untuk mengatasi jet lag selama perjalanan.

Rencanakan pula hari terakhir sebelum pulang

Hari terakhir sebelum pulang sama pentingnya ketika baru pertama di tempat tujuan. Sebelum berangkat traveling, Anda paling tidak sudah merencanakan berapa banyak bagasi yang akan dibawa atau waktu yang tepat untuk terbang kembali ke tempat tujuan. Jangan sampai ada barang yang tertinggal gara-gara Anda tak merencanakan dengan baik hari terakhir sebelum pulang dari traveling ini.

Packing, packing

Packing merupakan kegiatan sebelum traveling yang tak mungkin untuk dihindari. Anda harus mengepack barang seperti apa yang akan dibawa saat traveling. Mulai dari baju, alas kaki, pakaian dalam, gadget dan bahkan obat-obatan harus Anda persiapkan sebelum berangkat traveling. Kegiatan packing ini akan bertambah dua kali lipat ribetnya, jika Anda telah memiliki buah hati. Selain keperluan pribadi, Anda pun harus melakukan packing dan memkirkan kebutuhan anak-anak. Karena itulah paling tidak luangkan waktu selama sehari penuh sebelum traveling untuk melakukan packing ini. Buatlah daftar dan lakukan ceklist barang apa yang ahrus dibawa atau ditinggalkan saat traveling. Pastikan tak ada barang penting yang tertinggal, apalagi jika Anda akan melakukan traveling dalam waktu yang cukup lama.

Cek kendaraan Anda

Bagi yang ingin melakukan traveling dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka memastikan keamanan alat transportasi yang akan Anda gunakan itu mutlak untuk dilakukan. Cek mesin kendaraan, oli, rem dan segala perlengkapan keamanan lain dalam kendaraan Anda. Bila perlu datanglah ke bengkel langganan untuk melakukan service ringan, untuk memastikan kendaraan Anda aman dan layak untuk digunakan dalam perjalanan.

Siapkan fotocopy surat-surat penting

Bagi Anda yang ingin traveling ke luar negeri, perlu untuk mempersiapkan segala surat-surat penting yang diperlukan. Siapkan paspor, visa, kartu identitas dan dokumen perjalanan (jika dibutuhkan) terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Selain itu perlu pula untuk memiliki salinan atau fotocopy dari surat-surat penting akan anda bawa traveling ini. Sebaiknya Anda memiliki 4 hingga 5 lembar fotocopy, untuk setiap dokumen penting yang Anda bawa. Ini penting sebab dokumen seperti paspor dan visa adalah barang vital ketika Anda traveling ke luar negeri. Dengan memiliki copy, Anda akan punya salinan surat penting seandainya pasopr Anda hilang saat traveling, Oh ya selain itu, persiapkan pula salinan dalam bentuk soft copy yang bisa disimpan dalam flashdisk atau dropbox email. Karena jika salinan atau paspor asli Anda hilang, salinan file ini masih bisa digunakan sebagai cadanganya.

Cek kondisi destinasi traveling Anda

Sebagai contoh jika Anda traveling ke luar negeri mislanya. Cari tahu apakah iklim dan suhu disana cukup bersahabat dengan Anda. Misalnya bila berpergian ke Eropa untuk merayakan libur Natal, pastikan negara tujuan Anda saat traveling ini tidak sedang mengalami badai salju atau cuaca ekstrim lainya. Atau jika Anda datang traveling ke daerah tertentu, pastikan tempat tersebut sedang tidak terjadi atau terancam bencana seprti banjir atau tanah longsor dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk menjamin traveling Anda dan sekeluarga dalam keadaan aman, dan tidak terancam suatu bahaya apapun.

Cek kesehatan bila perlu

Sumber: one1info.com

Meskipun menyenangkan, bukan berarti traveling ini tak akan menguras tenaga Anda ya. Apalagi jika traveling ini membutuhkan waktu yang sangat lama dalam perjalananya. Tak heran jika sebaiknya sebelum traveling, Anda memastikan lebih dulu kondisi tubuh dalam keadaan fit dan prima serta tak kurang suatu apapun juga. Bagi yang ingin traveling ke luar negeri, mintalah vaksin untuk menjaga Anda tak terpapar penyakit menular di negara tujuan. Bagi yang ingin melakukan traveling di daerah dalam waktu yang lama, pastikan kondisi tubuh Anda cukup prima untuk diajak duduk berjam-jam dalam kereta ataupun bus. Untuk yang meyetir sendiri, jangan memaksakan untuk membawa kendaraan jika tubuh lelah dan mengantuk. Selain itu jangan lupa persiapkan obat dan multivitamin yang akan dibawa saat traveling ini.

Tambahan penting:

Tepat sebelum berangkat traveling, ada baiknya Anda melakukan checking sekilas pada beberapa hal. Seperti apakah semua barang sudah dikemas rapi dan dimasukan ke dalam tas. Selain itu periksa sekali lagi tas atau koper yang Anda bawa ini cukup kuat dan tak rusak jika dipakai traveling jauh. Yang kedua, masukan surat penting dan gagdet ke dalam tas yang tak pernah lepas dari tubuh Anda. Dua hal itu dokumen penting, gadget dan mungkin juga uang tunai; sebaiknya dimasukkan dalam tas yang tak mencolok dan bisa dibawa kemana saja. Terakhir sebelum berangkat periksa kompor gas dan air, serta titipkan hewan peliharaan ke tetangga, keluarga atau pet hotel. Dengan demikian, Anda bisa traveling lebih tenang dan tak was-was lagi.

831

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here