Sumber: tripsavvy.com

Mengajak anak apalagi yang masih balita untuk traveling memang bukan hal yang mudah. Apalagi buah hati yang Anda bawa ini masih bayi, di mana mereka masih kerap rewel ketika merasa tak nyaman atau bosan selama dalam perjalanan. Jika Anda traveling menggunakan kendaraan pribadi, bus atau kereta di mana Anda bisa menenangkan bayi yang rewel dengan relatif mudah meski butuh kesabaran yang lebih untuk mencegah buah hati jadi rewel.

Namun bagaimana jika Anda mengajak buah hati yang masih bayi ini untuk melakukan travelling ke luar negeri dengan menggunakan pesawat? Orang dewasa saja bisa mengalami kelelahan ketika traveling menggunakan pesawat, dalam waktu yang lama seperti ketika keluar negeri misalnya. Apalagi seorang bayi yang cepat bosan dan merasa tidak nyaman. Bayi yang rewel dalam pesawat bukan hanya akan membuat Anda sebagai orang tua menjadi panik, namun penumpang lain juga akan merasa terganggu dengan tangisan sang buah hati.

Karena itulah jika tidak terpaksa sama sekali, banyak orang tua yang enggan untuk mengajak buah hati mereka yang masih bayi untuk traveling ke luar negeri menggunakan pesawat terbang. Meskipun begtu, tentu ada masa di mana buah hati tak bisa ditinggal dan tetap harus diajak untuk melakukan traveling.Tak jarang orang tua mulai panik duluan lantaran memikirkan bagaimana jika anak mereka nantinya rewel dan menggangu penumpang lain di pesawat.

Bahkan bukan tak mungkin keika Anda masuk kabin sambil membawa buah hati, Anda akan mendapat tatapan kurang suka dari penumpang lain yang berharap Anda dan sang bayi tidak duduk di sebelah mereka. Meskipun begitu, bukanya tak mungkin untuk tetap membuat anak bayi tetap tenang serta tidak menangis ketika diajak traveling menggunakan pesawat terbang. Ada sejumlah trik yang mungkin bisa dicoba untuk membuat buah hati Anda tetap tenang, tidak rewel, dan menikmati perjalanan mereka selama dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Bawa bayi ke dokter sebelum traveling

Sumber: babycity.co.uk

Selama ini mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bayi menjadi rewel saat terbang menggunakan pesawat terbang. Selain mungkin karena tidak nyaman seperti popok yang penuh, lapar atau haus; buah hati juga menjadi rewel karena telinga bayi belum bisa menetralisir perbedaan tekanan udara antara di luar dan di dalam kabin pesawat. Selain itu mungkin saja kondisi bayi Anda sedang kurang baik seperti sedang pilek misalnya yang membuat mereka semakin rewel dalam perjalanan pesawat terbang. Karena itulah ada baiknya sebelum mengajak bayi traveling ke dokter terlebih dahulu.

Selain untuk memastikan kondisi Anda dan bayi layak untuk terbang, orang tua juga akan mendapat tips untuk menjaga bayi dalam keadaan tenang, sehat, dan nyaman selama dalam perjalanan. Jika Anda akan melakukan perjalanan yang panjang selama berjam-jam menggunakan pesawat, mungkin bisa meminta obat yang mmebuat buah hati tertidur selama dalam perjalanan. Obat yang sesuai dengan rekomendasi dokter ini tentu lebih aman, tapi Anda wajib untuk mematuhi petunjuk dan dosis yang disarankan.

Susui bayi Anda sebelum take off dan ketika akan landing

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bayi kadang rewel di pesawat sebab telinga mereka belum bisa menetralisir tekanan udara di luar dan di dalam kabin pesawat. Untuk mengatasi hal ini Claire McCarthy, M.D seorang dokter anak dari Boston Children’s Hospital, menyarankan untuk ibu menyusui buah hatinya ketika take off atau pesawat hendak landing.

Aktivitas bayi yang menyedot air susu ibu, sangat efektif untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi ketika mereka berada dalam pesawat. Jika Anda merasa menyusui bayi merepotkan ketika take off atau landing, Anda bisa memberikan mereka dot, empeng, atau mainan kunyah lainnya yang membuat bayi akan menyedot dan mengunyah selayaknya ketika mereka sedang menyusu pada ibunya.

Berikan bayi mainan kesukaan mereka

Saat packing sebelum traveling, pastikan Anda juga telah mengemas mainan bayi dalam barang bawaan. Sebaiknya siapkan juga mainan favorit bayi yang dimasukkan dalam tas dan dibawa masuk ke dalam pesawat. Selain mainan yang dipacking dalam koper, Anda juga bisa membawa mainan favorit sang buah hati ke dalam tas yang bisa dimainkan mereka ketika sedang berada dalam pesawat.

Mainan ini akan mengalihkan perhatian bayi dan membuat mereka merasa tenang saat sedang berada dalam pesawat. Ini karena bayi mengasosiasikan rasa tenang dan nyaman dengan gerakan yang konstan seperti ketika mereka ditimang, diayun, atau diajak orang tuanya berjalan-jalan. Alih-alih menimang buah hati yang pastinya merepotkan, bawa saja mainan favorit mereka untuk mengalihkan perhatian bayi Anda.  Namun sebaiknya Anda memilihkan mainan yang tidak berisik, agar tak mengganggu para penumpang lain.

Pilih tempat duduk dekat sayap pesawat

Saat reservasi tiket, jika memungkinkan pilihlah tempat duduk dekat sayap pesawat. Hal ini mungkin sedikit terdengar aneh, pasalnya mesin biasanya akan terdengar dari bagian tempat duduk dekat sayap pesawat ini. Untuk orang dewasa, mungkin akan merasa terganggu karena suara mesin ini meskipun tidak menderu seperti kereta atau bus. Karena itulah orang dewasa akan menyumpal telinga mereka dengan earphone atau headset, untuk mengurangi suara mesin pesawat ini ketika duduk di bagian dekat sayap.

Namun tahukah Anda beberapa bayi menganggap bunyi mesin pesawat yang konstan ini sebagai suara yang menenangkan? Beberapa ibu berbagi pengalaman mereka ketika sang anak menjadi lebih tenang dan gampang tertidur, ketika duduk dekat bagian sayap pesawat di mana suara mesin terdengar cukup jelas itu. Karena itulah saat reservasi tiket, tanyakan apakah mungkin Anda bisa duduk dekat bagian sayap lantaran membawa buah hati selama traveling.

Pilih waktu terbang saat siang hari

Bagi Anda yang traveling menggunakan pesawat bersama dengan buah hati, tak ada salahnya untuk memilih waktu terbang siang hari. Biasanya mungkin Anda akan memilih waktu traveling menggunakan pesawat terbang di malam hari, terutama jika ingin mengatasi jet lag ketika melakukan penerbangan ke luar negeri. Namun ketika membawa bayi, maka rutinitas ini akan sedikit berganti. Jika memungkinkan, cobalah terbang di siang hari atau waktu ketika bayi sedang tidur siang.

Anda bisa memesan tiket untuk penerbangan siang hari dan bayi akan mudah jatuh tertidur ketika memasuki kabin pesawat. Beda dengan orang dewasa, tubuh bayi masih patuh dengan jadwal tidur mereka. Karena itulah Anda bisa memanfaatkan jadwal tidur bayi ini untuk membawa mereka traveling mengguakan pesawat terbang. Selain itu mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan tarveling di pertengahan minggu, di mana penumpang tidak terlalu padat sehingga bayi tak terganggu dengan suara ribut penumpang lain baik sebelum masuk atau ketika sudah berada dalam kabin pesawat.

Ajak bayi berjalan dalam pesawat

Jika bayi Anda semakin rewel dan sulit ditenangkan, mau tak mau Anda bisa menimang buah hati dengan membawanya berjalan-jalan di dalam kabin pesawat. Seperti disebutkan di atas bayi menganggap gerakan yang konstan sebagai sesuatu yang menenangkan mereka. Karena itulah Anda bisa membawa buah hati berjalan-jalan dalam pesawat untuk menenangkan mereka. Namun pastikan kondisi pesawat stabil dan memperbolehkan Anda untuk berdiri dan menimang bayi.

Berikan snack kegemaran mereka

Maskapai penerbangan memiliki kebijakan khusus bagi orang tua yang membawa balita mereka ke dalam kabin pesawat. Salah satunya memperbolehkan mereka untuk membawa makanan bayi atau snack untuk balita. Karena itulah ketika packing, persiapkan snack kesukaan buah hati dalam tas Anda. Biskuit atau buah yang dipotong kecil-kecil, bisa jadi snack yang bisa dibawa untuk membuat bayi merasa lebih tenang ketika dalam pesawat.

Selain itu, Anda bisa mepersiapkan makanan bayi dalam wadah kecil yang langsung siap jika dipanaskan. Anda bisa meminta bantuan pramugara dan pramugari untuk memansakan makanan bayi Anda ini. Atau jika tidak, bawalah botol air panas kecil yang bisa digunakan untuk membuat makanan bayi. Oh ya pertimbangkan untuk membawa snack yang tidak menimbulkan banyak sampah atau bau menyengat yang bisa dikonsumsi oleh buah hati Anda.

Periksa popok bayi Anda

Rasa tidak nyaman kerap membuat bayi menjadi rewel dan akhirnya menangis. Selain kepanasan, popok yang terlalu penuh juga membuat buah hati merasa tidak nyaman. Karena itulah sebagai orang tua, Anda harus sering-sering memeriksa popok buah hati apakah sudah penuh dan perlu untuk diganti.

Popok bayi masa kini memang dirancang khusus untuk menampung cairan pipis selama beberapa kali. Meskipun begitu Anda wajib untuk memeriksa apakah popok mereka sudah terlalu penuh atau bahkan mungkin bayi Anda buang air besar. Jika popok bayi sudah penuh atau mereka buang air besar, segeralah pergi ke toilet untuk mengganti popok yang lebih kering dan membuat bayi nyaman kembali.

Pakaikan bayi Anda baju yang nyaman

Sema seperti orang dewasa, berpakaian dengan nyaman menjadi salah satu cara untuk membuat bayi merasa nyaman selama dalam perjalanan. Untuk mengatasi rasa dingin dalam pesawat, pakaikanlah bayi Anda jaket, sweater atau bawalah selimut kesayangan mereka. Selain itu jangan lupa pakaikan kaus kaki untuk bayi Anda agar mereka semakin hangat dan nyaman dalam perjalanan menggunakan pesawat ini.

Bermainlah dengan buah hati Anda

Tak perlu malu untuk bermain dengan buah hati dalam pesawat, asalkan itu tidak berisik dan menganggu penumpang lain. Anda bisa mengajak bayi Anda bercanda atau menyanyikan lagu kesukaan mereka. Tentu saja Anda tak bisa keras-keras dalam bernyanyi sebab pastinya akan menganggu penumpang lain. Selain itu jika Anda duduk dekat jendela, biarkan buah hati melihat keluar dan menikmati perjalanannya.

Pergi ke kamar mandi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menenangkan bayi yang rewel adalah dengan membawa mereka masuk ke kamar mandi. Suasana yang mungkin lebih senyap ketika dalam kamar mandi, bukan tak mungkin akan menenangkan buah hati. Cara ini bisa jadi alternatif untuk membuat Anda setidaknya menengkan diri dan buah hati yang tak kunjung berhenti menangis. Apalagi mungkin Anda juga akan mendapat tatapan sinis dan tidak suka dari penumpang lain yang merasa terganggu dengan suara berisik dari buah hati yang rewel. Karena itulah mau tak mau, kamar mandi jadi tempat persembunyian sementara bagi Anda untuk menenangkan diri dan juga buah hati.

474

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here