Sumber: noxeo.com

Traveling akan berjalan dengan lancar jika Anda merasa nyaman dalam menjalaninya. Salah satu hal yang membuat Anda nyaman saat traveling adalah pakaian yang dikenakan. Pakaian yang nyaman dipakai saat traveling akan mmebuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan dan pastinya tak terlalu menghambat aktivitas. Meskipun begitu, masih banyak orang yang menganggap remeh urusan berpakaian saat traveling ini.

Traveler lebih mementingkan bagaimana mengepak barang yang dibutuhkan selama traveling, dokumen perjalanan yang perlu disiapkan dan lain sebagainya. Padahal tata cara berpakaian selama traveling terutama yang nyaman dan menganggu aktivitas para traveler adalah salah satu aspek penting untuk membuat Anda merasa nyaman selama dalam perjalanan. Bukan hanya akan membuat Anda terlihat tetap stylish dan modis saat traveling, pakaian yang nyaman juga tanpa disadari akan membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Beberapa traveler beranggapan bahwa tak perlu berdandan modis sebelum melakukan perjalanan. Tapi yang perlu diingat modis berbeda dengan nyaman. Sepatu hak tinggi tentu terlihat modis digunakan oleh wanita. Namun pastinya tidak terasa nyaman digunakan ketika traveling, meskipun banyak kaum hawa yang memaksakan diri untuk menggunakan higheels lantaran berpergian dengan menggunakan pesawat terbang.

Karena itulah traveler perlu memahami bahwa yang dimaksud berpakaian nyaman selama traveling itu tak harus modis dan juga trendy. Rasa nyaman dari pakaian yang mereka kenakan jauh lebih penting untuk membuat traveling menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, Anda tentu tak mau dicap salah kostum ketika traveling atau mendapat tatapan kesal dan sinis dari penumpang lain lantaran pakaian yang Anda kenakan itu sangat ribet dan membutuhkan waktu lama untuk diperiksa oleh petugas.

Karena itulah untuk membuat traveling lebih efektif, menyenangkan dan juga nyaman; memilih pakaian yang sesuai terutama ketika dipakai dalam perjalanan sangat dianjurkan untuk dikenakan. Bagi Anda yang ingin melakukan traveling baik menggunakan moda transportasi apapun, berikut ini ada tips berpakaian nyaman yang bisa membuat perjalanan Anda semakin terasa menyenangkan. Apa saja itu?

Kenakan pakaian untuk menghadapi udara dingin dalam kendaraan

Baik ketika traveling menggunakan bus atau pesawat terbang, sebaiknya Anda mempertimbangkan baju yang cukup tebal atau membawa jaket untuk mencegah udara dingin dalam kendaraan. Bahkan jika Anda traveling dengan menggunakan pesawat terbang, ada baiknya jaket atau sweater dan baju tebal dipakai untuk mengatasi dinginnya udara airport. Di beberapa negara yang sedang mengalami musim dingin, airport di sana memiliki suhu yang cukup rendah yang bisa membuat Anda kedinginan.

Karena itulah Anda bisa memilih untuk menggunakan pakaian yang tebal atau jaket. Saat berada dalam kendaraan, jacket tersebut boleh Anda buka atau kenakan lagi mengingat kadang suhu dalam kabin pesawat dan bis itu lumayan dingin. Selain jaket atau sweater, cardigan juga bisa jadi alternatif pakaian yang bisa Anda kenakan mengingat selain bisa mengurangi udara dingin, pakaian jenis ini juga simple serta mudah dilepas atau dipakai kembali jika diperlukan.

Untuk yang traveling dengan pesawat, sebaiknya tidak menggunakan ikat pinggang

Sumber: thesuperbelt.com

Berbeda dengan moda transportasi lainnya, traveling menggunakan pesawat terbang berarti Anda harus siap menerima pemeriksaan berlapis dan juga menyeluruh. Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah melepas jaket, sepatu dan bahkan ikat pinggang ketika melewati pemeriksaan petugas keamanan di bandara. Karena itulah ada baiknya Anda tidak mengenakan ikat pinggang, sebab akan merepotkan diri Anda sndiri saat membuka sebelum pemeriksaan dan mengenakannya kembali setelah pemeriksaan selesai.

Apalagi bagi kauam hawa yang memiliki ikat pinggang dari designer tertentu dengan banyak logam dan model yang rumit, sebaiknya benda ini tidak Anda kenakan ketika hendak bepergian dengan pesawat. Selaian terkesan berlebihan, ikat pinggang jenis ini juga terlihat ribet serta membuat waktu pemeriksaan Anda di bandara jadi lebih panjang dan lama.

Jangan kenakan pakaian terlalu ketat dan terlalu longgar

Salah satu penyebab mabuk kendaraan yang kurang disadari oleh banyak orang ketika traveling adalah baju atau celana ketat yang membuat mereka engap atau susah bernafas. Tak hanya itu, celana yang kelewat ketat juga akan menekan bagian perut dan membuat perjalanan yang membutuhkan waktu duduk selama berjam-jam jadi semakin tidak nyaman.

Karena itulah ada baiknya Anda menghindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat saat traveling ini. Gunakan pakaian yang longgar namun tak terlalu besar, pasalnya bagi Anda yang melakukan penerbangan pakaian yang terlalu longgar juga dicurigai menyembunyikan bahan peledak atau benda ilegal dan berbahaya lainnya. Bagi muslimah hindari jenis abaya atau gamis yang terlalu besar, kecuali jika Anda akan melakukan perjalanan ke negara dan kota-kota di kawasan Timur Tengah.

Pilih sepatu yang simple dan tidak bertali banyak

Masalah ini umumnya dialami oleh kaum Hawa yang traveling. Ada baiknya Anda tidak mengenakan sepatu dengan tali banyak seperti model gladiator atau yang menggunakan hak tinggi. Wedges masih bisa digunakan ketika Anda menumpang kereta atau pesawat, namun tidak disarankan saat traveling dengan bis karena akan menyusahkan dan cenderung berbahaya jika dipakai untuk naik turun kendaraan.

Untuk yang naik pesawat terbang, hindari speatu jenis gladiator yang memiliki banyak tali dan akan memperlambat proses pemeriksaan Anda saat di bandara. Selain itu untuk pria disarankan memakai pantofel atau sepatu kets yang mudah dikenakan. Selain itu sebisa mungkin jangan menggunakan sandal sebab transportasi umum jenis apapun beresiko memiliki kuman dan bakteri di dalamnya yang mungkin bisa berbahaya untuk Anda. Lengkapi pula dengan kaus kaki yang selain membuat Anda hangat dan nyaman, kaus kaki juga melindungi kaki Anda dari kuman atau bakteri jika terpaksa harus melepas alas kaki di tempat umum

Meskipun keren dan nyaman, kaus bergambar simbol tertentu sebaiknya tidak dikenakan

Tak ada yang lebih nyaman untuk dikenakan selain kaus, yang memang membuat traveling Anda menjadi terlihat casual namun tetap modis dan trendy. Kaus cocok dipakai dalam segala jenis kendaraan yang Anda pakai ketika travelling. Baik bus, kereta atau pesawat, kaus masih terlihat keren dan juga nyaman dipakai oleh traveler. Meskipun begitu, pilihlah kaus dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat.

Selain itu sangat tidak disarankan untuk mengenakan kaus dengan simbol atau lambang tertentu apalagi yang bersifat politis, keagamaan dan juga provokatif. Ketika Anda traveling ke luar negeri misalnya, kaus-kaus semacam ini bisa dianggap sebagai simbol pemberontakan dan perlawanan pada pemerintah yang sah sehingga bukan tak mungkin Anda akan berurusan dengan pihak yang berwajib gara-gara kaus yang Anda kenakan. Karena itulah pilih menggunakan kaus yang polos saja atau jikapun memiliki motif pilih yang tidak provokatif dan membuat pihak lain menjadi tersinggung.

Jangan pakai perhiasan berlebihan

Berpakaian nyaman tak harus selalu terlihat mewah dan juga membuat mata orang selalu melihat ke arah Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan perhiasaan dalam jumlah banyak dan juga berlebihan. Perhiasaan memang merupakan bagian dari fashion yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari terutama kaum wanita. Tapi para wanita yang hendak traveling dengan kendaraan jenis apapun itu sangat tidak disarankan untuk menggunakan perhiasaan dalam jumlah banyak dan mencolok.

Selain akan membuat Anda lama diperiksa ketika traveling dengan pesawat, perhiasaan yang mencolok akan membuat Anda jadi sasaran orang jahat. Jam tangan sepertinya sudah cukup jadi perhiasaan yang Anda pakai ketika traveling. Meskipun begitu bagi Anda yang berpergian dengan pesawat terbang, maka tetap saja jam tangan tersebut harus dilepas dan diperiksa oleh petugas di bandara. Dengan mengurangi perhiasaan yang dikenakan, traveling Anda juga akan terasa nyaman, aman, dan menyenangkan tanpa khawatir ada orang yang berbuat jahat lantaran tertarik dengan barang mewah yang Anda kenakan itu.

Kenakan pakaian yang sopan

Selain nyaman, pakain juga harus sopan dan tidak terlalu terbuka. Mau traveling kemanpun itu, ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang tertutup terutama untuk kaum Hawa. Selain itu hindari menggunakan shorts bagi pria dan wanita, meskipun Anda hendak traveling ke negara tropis sekalipun. Pakaian seperti itu selain tidak nyaman, juga terlihat kurang sopan apalagi jika Anda traveling menggunakan transportasi publik. Khusus untuk Anda yang akan traveling ke negara-negara dan kota di kawasan Timur Tengah, sangat disarankan untuk berpakaian sopan dan juga tertutup.

Ini karena negara-negara atau kota di Timur Tengah menerapkan hukum Islam atau syariah yang ketat, termasuk diantaranya melarang pria dan wanita berpakaian kurang pantas dan terlalu terbuka terutama jika sedang berada di tempat umum. Untuk wanita hindari baju dengan potongan dada yang terlalu rendah, celana terlalu pendek atau transparan. Untuk pria hindari menggunakan celana pendek atau kaus singlet saja, karena kedua hal tersebut akan membuat Anda terlihat sebagai orang kurang beradab dan memperhatikan norma kesopanan di negara atau kota-kota Timur Tengah itu.

Jangan menggunakan pakaian yang terlalu mencolok

Ada baiknya ketika traveling, Anda menggunakan pakaian dengan warna monokrom dan netral saja seperti hitam, coklat, putih, navy dan sebagainya. Sebisa mungkin hindari menggunakan pakaian dengan warna yang terlalu mencolok misalnya kuning terang atau orange. Pasalnya mau tak mau Anda akan jadi pusat perhatian orang, dan bukan tak mungkin para kriminal pun akan melihat Anda sebagai sasaran yang mudah dikenali. Karenanya jika Anda mengenakan kaus atau baju, pilihlah yang warnanya tidak terlalu mencolok untuk memudahkan Anda berbaur dengan orang sekitar.

Pertimbangkan untuk membawa scarf atau pashmina

Sumber: paykocimports.com

Ketika hendak traveling, perempuan memang paling ribet saat melakukan packing barang mereka atau ketika berdandan sebelum memulai perjalanan. Untuk mengatasi itu semua terutama jika Anda malas membawa jaket tebal, bisa mempertimbangkan untuk membawa scarf dan pashmina saja. Scarf dan pashmina selain akan membuat Anda terlihat modis dan stylish, kedua barang ini akan melindungi tubuh dari udara dingin baik di dalam kabin pesawat atau juga bus yang Anda tumpangi. Selain nyaman dan juga akan membuat Anda merasa hangat, scarf dan pashmina juga lebih simple dan mudah untuk dibawa ketimbang jaket atau sweater tebal yang mungkin merepotkan Anda selama traveling.

1083

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here