Sumber: cloudfront.net

Traveling dengan menggunakan pesawat memang terbilang lebih efektif jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Bayangkan saja bahkan untuk melakukan perjalanan lintas benua, hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja dengan menggunakan pesawat. Pesawat juga jadi mode transportasi yang disukai oleh traveler, terutama saat mereka melakukan perjalanan ke luar negeri.

Memang harga tiket pesawat itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan angkutan lainnya seperti bus, kereta, atau pun mobil. Namun, mengingat efektivitasnya yang dalam waktu singkat bisa menuju tempat tertentu, pesawat sangat diandalkan oleh para traveler ini. Meskipun begitu, pesawat juga memiliki sistem pemeriksaan keamanan yang jauh lebih ketat dibandingkan dengan alat tranpotasi lain pada umumnya. Bahkan pemeriksaan ketat itu sudah kita rasakan ketika memasuki bandara.

Pesawat memang jadi salah satu saran transportasi yang kerap dimanfaatkan teroris untuk melakukan tindak kejahatan. Belum lagi aksi kriminal lain seperti pembajakan yang sangat berbahaya jika dilakukan di udara. Karena itulah pemeriksaan saat di bandara sebelum penumpang boarding akan sangat ketat sekali. Beda dengan bus atau kereta di mana Anda bisa membawa masuk barang begitu saja tanpa pemeriksaan yang berarti, hal yang berbeda akan Anda rasakan saat sedang berada di bandara.

Pemeriksaan berlapis super ketat dengan penggunaan teknologi tinggi, akan dirasakan oleh penumpang sebelum mereka naik ke dalam pesawat. Tak hanya itu ada pula banyak barang yang dianggap berbahaya sehingga terlarang untuk dibawa masuk kedalam pesawat. Karena itulah ada baiknya sebelum Anda traveling, cari tahu dulu jenis barang seperti apa yang terlarang untuk dibawa ke dalam pesawat dan dipastikan tidak akan lolos pemeriksaan petugas keamanan. Jangan sampai Anda sudah packing rapi dan ribet, namun ternyata ada barang yang terpaksa dikeluarkan karena tak boleh masuk ke dalam pesawat.

Selain itu ada beberapa hal atau aktivitas lain yang dilarang atau tidak perlu untuk Anda lakukan ketika melewati pemeriksaan di bandara, sebelum traveling dengan mengunakan pesawat terbang ini. Berikut ini ada beberapa hal yang tak boleh untuk Anda lakukan ketika melewati pemeriksaan keamanan di bandara, sebelum bertolak ke destinasi tujuan Anda. Apa saja itu?

Jangan membawa cairan dalam bentuk apapun lebih dari 100 ml

Sumber: dailymail.com

Membawa cairan atau barang air dalam pesawat memang sangat dilarang. Dipastikan Anda tak akan lolos pemeriksaan di airpot, ketika ketahuan membawa barang cair dalam barang yang Anda packing. Peraturan jenis ini yakni dilarang membawa cairan lebih dari 100 mililiter ini sifatnya universal dan berlaku di bandara mana saja di dunia ini. Sayangnya meskipun aturan ini sudah jelas, banyak traveler yang mengabaikan hal tersebut. Mereka mengira yang namanya cairan itu hanya berbentuk air saja seperti jenis air mineral.

Padahal barang-barang seperti sabun cair, shampoo, dan juga parfume berukuran besar dilarang untuk dibawa masuk ke dalam pesawat. Anda masih bisa membawa itu semua namun sebaiknya berukuran kecil saja atau dimasukkan kedalam bagasi check in. Selain itu pastikan parfum atau body spray yang Anda bawa itu tidak dikemas dalam tabung erosol, karena tekanan dalam pesawat dikhawatirkan akan membuat tabung meledak. Meskipun begitu ada pengecualian untuk aturan ini.

Makanan bayi, air susu ibu perah atau ASIP, obat-obatan cair tertentu dan makanan untuk orang berkebutuhan khusus seperti pendeita diabetes boleh dibawa masuk ke dalam pesawat dan diizinkan melewati pemeriksaan di bandara ini.

Jangan mencoba untuk menyembunyikan benda cair atau gel apa pun

Jangan pikir dengan meletakkan barang cair jauh di bagian dasar tas ransel, Anda akan lolos dari pemeriksaan keamanan di bandara ini. Meskipun barang cair tersebut berada di dasar ransel raksasa atau koper Anda, petugas tak akan segan membongkar barang bawaan ketika terdeteksi adanya barang terlarang itu. Hal ini tentu akan menghambat perjalanan Anda, karena pemeriksaan di airport berlangsung sangat lama.

Tak hanya itu siap-siap saja mendapatkan tatapan sebal atau marah dari penumpang lainnya lantaran gara-gara membongkar barang bawaan Anda, antrian pemeriksaan keamanan jadi lama dan juga terhambat. Belum lagi kemudian Anda harus repot, karena merapikan kembali barang bawaan tersebut. Karena itulah jika Anda tak ingin repot atau bahkan malu, sebaiknya hindari membawa barang cair apa saja bahkan jangan mencoba untuk menyembunyikanya jauh di dalam tas atau koper Anda.

Pastikan tiket, paspor, dan visa di tangan

Sebagai dokumen yang sangat penting dan vital, traveler akan menjaga visa dan paspor mereka di tempat aman. Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit, untuk membeli sejenis tas tertentu untuk tempat paspor dan dokumen penting lainnya agar selalu aman. Meskipun begitu ketika Anda telah sampai di bandara dan mendekati pemeriksaan keamanan, maka pastikan bahwa boarding pass, tiket, paspor, dan visa siap tersedia di tangan Anda.

Meskipun semua dokumen tersbeut sangat penting adanya, namun ketika mendekati petugas pemeriksaan maka seluruh boarding pass plus kartu identitas sudah harus ditangan Anda. Jangan sampai ketika akan diperiksa, Anda baru sibuk membongkar-bongkar tas dan dompet untuk menemukan dokumen penting itu. Selain Anda bisa melewati pemeriksaan dengan cepat, Anda pun tak akan menerima pandangan sinis baik dari penumpang atau petugas yang merasa pekerjaan mereka terhambat.

Jangan menunggu disuruh untuk melepas jaket, ikat pinggang, jam, dan sepatu

Seperti disinggung di atas, pemeriksaan di bandara memang sangat ketat dan juga berlapis. Salah satunya yang wajib untuk Anda lakukan adalah melepas jaket, ikat pinggang, jam tangan, dan juga sepatu karena semua itu akan diperiksa melalui sinar X. Untuk lebih praktis dan mempercepat pemeriksaan, jangan menunggu petugas menyuruh Anda melepaskan semua barang-barang itu.

Begitu giliran Anda akan tiba, segera letakkan jaket, jam tangan, ikat pinggang, dan juga sepatu di nampan untuk diperiksa mengunakan sinar X. Karena itulah ada baiknya Anda mengenakan sepatu yang mudah untuk dibuka, jaket yang tidak ribet dan ikat pingang yang praktis untuk mempercepat proses pemeriksaan ini. Atau untuk lebih mudahnya lagi, lebih baik tidak memakai ikat pinggang atau perhiasan dan jam tangan berbahan metal agar pemeriksaan tidak berlangsung lama. Tak hanya itu ada baiknya Anda menggunakan baju yang tak terlalu longgar. Pasalnya di beberapa negara ada petugas yang mencurigai orang menggunakan baju terlalu longgar, karena diduga menyembunyikan bahan berhaya atau senjata dibaliknya.

Pemeriksaan gadget dan barang elektronik

Ada beberapa peraturan berbeda tentang membawa gadget atau barang elektronik ke dalam pesawat. Ada yang menyebut semuanya wajib diperiksa dan melewati sinar X, namun ada juga yang menyebutkan hanya barang elektronik berukuran besar seperti laptop, video kamera dan, XBOX yang harus melewati pemeriksaan sinar X ini. Untuk tablet, handphone, dan kamera saku tidak wajib untuk diperiksa oleh petugas.

Usahakan jangan memakai sandal

Sandal memang praktis untuk digunakan serta terasa lebih ringan dibandingkan dengan sepatu dan alas kaki lainnya. Selain itu, memakai sandal juga artinya Anda tak harus melepaskan sepatu ketika melewati pemeriksaan. Namun apakah Anda yakin akan menggunakan sandal saja di lantai bandara yang kurang terjamin kebersihannya?

Apalagi bandara internasional di mana orang datang dari segela penjuru dunia dan kita tidak tahu penyakit apa yang mereka bawa sepulang traveling. Selain itu jika Anda traveling untuk urusan bisnis dan pendidikan, menggunakan sandal juga kesannya kurang profesional. Karena itulah meskipun praktis, sebaiknya hindari menggunakan sandal kecuali Anda mengalami cidera pada kaki. Karena itulah lebih baik Anda menggunakan sepatu yang praktis dan mudah dipakai, agar pemeriksaan tidak berlangsun lama dan Anda pun tak harus repot memakainya kembali.

Jangan bercanda soal bom

“Mulutmu harimaumu”, ungkapan ini wajib untuk Anda pegang baik-baik ketika melewati pemeriksaan keamanan di bandara. Anda mungkin tipe orang humoris yang biasa bercanda dan membuat semua orang tertawa. Namun hal tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan ketika melewati pemeriksaan di bandara. Apalagi bercanda tentang bom dan alat peledak.

Meskipun bermaksud bercanda, namun tetap saja Anda akan diperiksa secara intensif atau bahkan mungkin bisa berurusan dengan hukum ketika bercanda mengenai bom ini.

Mungkin Anda bermaksud mencairkan suasana dengan rekan traveling ketika sedang mengantri dan bercanda mengenai bom dan sebagainya. Siap-siap saja Anda akan digelandang oleh petugas. Meskipun hanya bercanda dan faktanya Anda tak membawa bahan peledak, namun pembicaraan mengenai bom dan bahan peledak sangat tabu untuk jadi topik obrolan. Meskipun bermaksud bercanda, namun tetap saja Anda akan diperiksa secara intensif atau bahkan mungkin bisa berurusan dengan hukum ketika bercanda mengenai bom ini.

Jangan menyentuh barang penumpang lain

Ketika di bandara internasional, sebaiknya Anda tak menyentuh barang penumpang lain yang kebetulan sedang mengantri di pemeriksaan keamanan. Meskipun tidak melanggar hukum, namun petugas bisa mencurigai tindakan Anda itu. Mungkin Anda bermaksud bertindak sopan dengan memberikan barang yang telah diperiksa pada penumpang lain. Namun sebaiknya Anda tak melakukan hal tersebut karena bukan tak mungkin, tindakan baik Anda ini malah ditangapi lain.

Barang yang melewati sinar X memang hanya boleh diperiksa oleh petugas saja dan biarkan pemiliknya untuk mengambil semua barang itu sendiri. Kecuali jika itu adalah saudara, anak Anda atau pasangan, biarkan saja barang yang melewati pemeriksaan diambil dan diurusi sendiri oleh pemiliknya. Jika Anda melihat penumpang lain ketinggalan barang seperti perhiasaan dan sebagainya, alih-alih mengambilnya dan memberikannya langsung lebih baik beritahu petugas tentang bawaan yang tertinggal itu.

Jangan bersikap kasar pada petugas bandara

Sumber: fortune.com

Sikap ramah memang mutlak diperlukan di mana saja, bahkan ketika Anda sedang mengantri pemeriksaan di bandara ini. Apalagi pada petugas yang sedang memeriksa. Dalam sehari, mereka bisa memeriksa ribuan orang yang akan menaiki pesawat. Tentu saja sebagai manusia, rasa lelah dialami oleh para petugas ini. Karena itulah sangat dianjurkan bagi Anda untuk bersikap ramah pada mereka. Ucapkan terimakasih dan tersenyumlah saat memasuki pemeriksaan, meski mungkin Anda sedang terburu-buru dan tak mendapat respon dari petugas. Jangan membuat onar walau mungkin Anda kesal karena mendapat pemeriksaan ekstra, lantaran ada barang mencurigakan yang mungkin Anda bawa saat traveling ini.

347

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here