Tips Merencanakan Liburan Mendadak
Tips Merencanakan Liburan Mendadak

Liburan mendadak menjadi salah satu hal krusial generasi saat ini. Entah karena tiket promo, ajakan keluarga atau teman, atau karena hal lain yang membuat kamu harus berlibur tanpa persiapan jauh-jauh hari. Bagi kamu yang suka merencanakan liburan secara mendadak, simak beberapa tips merencanakan liburan mendadak agar bisa berjalan dengan lancar!

  1. Merencanakan hari terbaik memesan tiket pesawat

Mengetahui hari terbaik untuk memesan tiket pesawat
Memesan tiket pesawat

(Sumber: CNN Money)

Saat kamu sudah tidak memiliki waktu untuk menentukan harga tiket pesawat mana yang paling murah, lupakan aneka diskon dan promo yang tidak kunjung datang. Pesan tiket pesawat pada hari Selasa dan Minggu. Biasanya sejumlah maskapai penerbangan selalu memberikan harga tiket yang lebih rendah dari harga normal. Kalau mau lebih nekat lagi, coba mencari penerbangan pada malam Minggu di menit-menit terakhir dan bersiaplah untuk segera berangkat.

  1. Menghindari membeli tiket pulang-pergi sekaligus

Tahukah kamu kalau membeli tiket pesawat untuk pulang dan pergi sekaligus memang lebih ringkas, namun akan membuat biaya liburan membengkak? Biasakan membeli tiket pesawat untuk pulang dan pergi secara terpisah agar lebih murah harganya.

Usahakan untuk membeli kedua tiket pesawat ini selagi berada di dalam negeri karena beberapa negara tujuan akan meminta bukti pembelian tiket pesawat pulang di loket imigrasi. Jangan sampai kamu ditolak masuk ke negara mereka karena belum memiliki tiket pesawat untuk pulang ya.

  1. Memasang notifikasi harga tiket pesawat

Saat ini sudah banyak aplikasi pemesanan tiket pesawat online di smartphone. Mereka memiliki fitur notifikasi harga tiket pesawat murah. Kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Ketika ada harga tiket pesawat murah dan sesuai budget, kamu akan mendapatkan notifikasi kemudian segera memesannya. Tanggal keberangkatan biasanya akan berjarak cukup dekat atau bahkan pada hari itu juga.

  1. Menyimak saran dari travel blogger

Dalam waktu yang cukup mepet, kamu tidak akan sempat memilih tempat wisata satu per satu. Kamu bisa melihat itinerary dari travel blogger yang sudah berpengalaman. Mungkin akan kamu modifikasi sesuai dengan gaya liburanmu. Tapi setidaknya, itinerary ini bisa mempermudah kamu menyusun jadwal. Kamu juga bisa menghitung kira-kira berapa budget yang dibutuhkan.

  1. Menghindari gengsi naik kereta api

Di kalangan wisatawan Indonesia, liburan identik dengan pesawat dan kemewahan. Kalau sudah kepepet, jangan gengsi untuk naik kereta api jika kamu ingin berlibur di Pulau Jawa. Liburan menggunakan kereta api juga memiliki berbagai keuntungan seperti harga tiket yang lebih murah dibandingkan dengan tiket pesawat, tidak ada aturan ketat terkait bagasi yang dibawa, ruang gerak lebih luas, pemandangan menarik di sepanjang perjalanan, dan masih banyak lagi.

Agar bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan di kereta api, sebaiknya pilihlah kereta api malam dan bawalah perlengkapan tidur seperti bantal leher dan penutup mata.

  1. Menghindari liburan saat high season

Hindari liburan saat high season
Hindari liburan saat high season

(Sumber: Travels and Living)

Seberapa mendadaknya kamu dalam merencanakan liburan, sebaiknya hindari pergi saat high season. Kamu hanya akan mendapat biaya penginapan yang mahal dan langka, tiket pesawat mahal, kemacetan di jalan, serta keramaian di sejumlah tempat wisata.

Akan lebih baik jika kamu pergi liburan mendadak di hari biasa dan mengorbankan jatah cuti daripada harus pergi saat high season. Dengan cara ini, kamu bisa benar-benar menikmati momen liburan untuk bersantai dan refreshing.

  1. Menyalakan newsletter maskapai penerbangan

Beberapa maskapai penerbangan sering menawarkan beragam promosi menarik bagi para pelanggan newsletter-nya. Akan lebih baik jika kamu berlangganan juga supaya mendapatkan info lebih dulu dibandingkan yang lainnya. Newsletter ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Jika kamu merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi newsletter atau takut tercampur e-mail pribadi, buatlah e-mail khusus newsletter.

  1. Membuat rencana cadangan

Di saat kamu pergi mendadak, pastikan selalu mempersiapkan rencana cadangan dan bersikap fleksibel. Kamu bisa saja menghadapi sejumlah masalah seperti ketinggalan pesawat, kehabisan kamar hotel, atau datang ke tempat wisata yang sedang tutup.

Coba untuk tidak terlalu terpaku pada rencana awal dan sikapi semua dengan kepala dingin untuk mencari solusi. Jika kehabisan kamar hotel, kamu bisa beralih ke guesthouse atau menumpang di rest area. Jika tempat wisata yang dikunjungi ternyata tutup, carilah tempat wisata lain dan kembali lagi ke sana keesokan harinya.

Inilah tips merencanakan liburan mendadak! Selamat berlibur!

73

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here