Sumber: arumsilviani.com

Packing terkadang menjadi aktivitas yang menyebalkan saat hendak melakukan traveling. Ada kalanya kita bingung benda apa saja yang harus kita bawa atau tinggalkan saat traveling. Bahkan tak jarang kita berpikir bahwa semua barang penting untuk dibawa, sehingga membuat koper menjadi penuh sesak dan bahkan tidak bisa ditutup lagi.

Memang tak bisa dipungkiri bagi kamu yang ingin traveling, semua barang dirasa penting dan akan digunakan di tempat tujuan. Apalagi buat kamu yang baru traveling pertama kali di tempat yang baru dijelajahi pula, kamu jadi bingung apa saja yang harus dimasukkan ke dalam koper kamu. Sebagai akibatnya, kamu kadang membawa barang secara berlebihan yang membuat ongkos cargo menjadi bertambah. Celakanya bahkan ketika kamu sudah mengepak banyak, ternyata barang yang penting dan harus digunakan di tempat tujuan justru luput tak terbawa saat traveling ini.

Karena itulah perencanaan untuk packing perlu untuk dilakukan. Kamu harus bisa memilah dan memilih barang apa saja yang harus dibawa atau ditinggalkan. Pikirkan pula mengenai ongkos cargo, untuk barang yang kamu bawa nantinya. Semakin banyak yang kamu bawa, maka semakin besar pula bea untuk membayar bagasi. Tak hanya itu membawa barang atau koper yang banyak, akan merepotkan kamu sendiri saat traveling nanti. Kamu ga mau kan sibuk menyeret-nyeret koper super berat saat mencari hotel atau taksi di bandara? Karena itulah menjadi hal yang penting bagi kamu untuk melakukan packing secara bijak, agar hal-hal merepotkan tersebut tidak terjadi dan menganggu traveling kamu.

Masalah packing juga jadi hal yang ribet untuk perempuan. Kaum hawa memang memiliki lebih banyak kebutuhan dibandingkan dengan pria. Banyak printilan-printilan kecil yang merasa mereka harus bawa, untuk membuat traveling jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Namun bukan berarti female traveller pun tak bisa membuat proses packing inipun menjadi lebih simple. Ada banyak tips yang bisa membuat packing kamu menajdi lebih simple dan jug praktis. Apa saja itu?

Perhatikan koper yang kamu bawa

Sumber: coolmenstyle.com

Selain backpack atau ransel, koper memang menjadi pilihan favorit banyak orang untuk traveling. Selain ringkas dan tak harus digendong keman-mana, koper juga bisa muat banyak dan baju-baju pun masih dalam kondisi rapi saat dimasukkan ke dalam koper. Karena itulah benda yang satu ini menjadi elemen penting saat kamu traveling. Pilihlah koper yang terbuat dari bahan kuat, tidak gampang sobek atau rusak. Selain itu, koper yang waterproof atau anti air sangat disarankan untuk dipilih.

Oh ya jika kamu selama ini sering berpergian dengan koper kamu yang berusia lebih dari 8 tahun, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli koper baru sebagai gantinya. Koper model lama umumnya memiliki desain yang berat dan besar. Saat ini, ada lebih banyak koper dengan desain yang lebih simple, lebih ringan namun tetap kuat dan tak mudah rusak. Periksa pula roda di bagian koper dan juga handlenya, apakah masih lancar digunakan atau tidak. Kamu tak harus membeli koper yang trendy dan mahal untuk traveling. Yang penting harus serbaguna, ringan, namun tetap kuat dan melindungi semua baran bawaan kamu.

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu

Buat kamu yang berencana melakukan traveling selama 2 atau 3 hari saja, sebaiknya tidak perlu membawa koper atau tas dengan ukuran yang besar. Alih-alih membawa koper, ada baiknya kamu membawa backpack atau tas punggung saja. Tas punggung adalah pilihan tepat jika kamu traveling dalam waktu kurang dari seminggu saja. Dengan menggunakan tas punggung, maka kamu tak perlu repot membawa koper jika hanya bepergian dalam waktu dua atau tiga hari saja.

Tas punggung dengan ukuran yang cukup besar sendiri sebenarnya cocok untuk traveling dalam waktu yang lama. Karena itulah sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu pergi ke tempat yang sulit dituju seperti pegunungan, tentu ransel adalah pilihan tepat. Namun jika kamu traveling untuk business trip atau perjalanan bisnis, sebaiknya gunakan koper untuk membuat baju-bajumu tetap tertata rapi.

Pilih baju yang tepat

Perhatikan tempat tujuan kamu untuk mengepak baju yang pas dan sesuai. Jika kamu pergi ke Eropa saat akhir tahun tiba, maka koper yang sedikit lebih besar dibutuhkan untuk menampung jacket dan mantel karena disana bertepatan dengan musim dingin. Namun jika kamu berpergian ke negara tropis atau daerah yang panas, tas atau koper berukuran kecil lebih nyaman digunakan karena baju-baju yang kamu bawa pun labih simple dan juga ringan. Untuk perempuan, hindari membawa baju yang ribet dan susah untuk ditata didalam koper atau tas kamu.

Sebagai tips agar kopermu muat banyak, kamu bisa menggulung baju alih-alih melipatnya seperti biasa. Namun jika kamu takut bajumu bakal kusut, kamu masih boleh melipatnya seperti biasa. Selain itu, gunakan space yang masih tersisa di tas atau kopermu untuk memasukan keperluan lain seperti kaus kaki atau scarf yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu gunakan saat traveling.  Bagi yang muslim, peralatan sholat bisa dibawa jika dibutuhkan seperti ketika kamu akan naik gunung atau hiking. Pilih mukena bermodel tipis yang bisa dilipat dalam bentuk super kecil itu. Namun jika kamu traveling ke kota besar atau daerah yang ramai, peralatan sholat bisa dibawa atau tidak sebab kamu bisa menggunakan yang tersedia di masjid atau mushola terdekat.

Menata pakaian dalam

Untuk perempuan, pilih jenis pakaian dalam yang biasa dikenakan plus jika kamu punya rencana traveling ke daerah pantai; tambahkan beberapa potong bikini yang bisa kamu pakai nantinya. Sebaiknya bawalah underwear atau pakaian dalam yang cukup digunakan untuk seminggu. Kamu bisa mencucinya sendiri atau dilaundry, agar persedian underwear bersih selalu tersedia. Underwear pria mungkin lebih simple dan mudah dibawa dibandingkan wanita, namun kamu tetap harus memperhatikan kebersihan pakaian dalam yang kamu kenakan saat traveling ya. Oh ya jika traveling ke Eropa, biasanya ada gerai pakaian yang menjual underwear sekali pakai. Artinya kamu bisa langsung membuang underwear yang sudah kotor itu ke tempat sampah. Meskipun begitu, harganya lumayan mahal dan tidak ramah lingkungan, karena bisa menimbun sampah dimana-mana.

Sepatu dan sandal

Sama seperti baju, sesuaikan sepatu atau alasan kaki lain dengan destinasi traveling kamu. Namun sneakers menjadi pilihan tepat yang bisa digunakan dengan nyaman di berbagai tempat. Sneakers pun masih tetap terlihat stylish, jika kamu gunakan untuk jalan-jalan di daerah perkotaan hingga  daerah pantai dan pegunungan. Sandal bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa, apalagi jika kamu ingin traveling ke daerah pantai. Untuk kamu yang ingin traveling ke daerah ekstrim seperti pegunungan, maka pilihlah sepatu yang sesuai dengan desain yang kuat, namun ringan dan tetap nyaman untuk digunakan. Kamu bisa memasukan alas kaki ini ke dalam plastik terpisah untuk membuatnya tetap bersih, dan tak tercampur dengan barang-barang lain di dalam tas dan koper kamu.

Keperluan mandi

Sumber: travelfashiongirl.com

Sangat tidak dianjurkan untuk membawa shampoo atau sabun dalam botol kaca yang mudah pecah dan berat. Kamu bisa membawa peralatan mandi ukuran kecil atau dalam bentuk scahet, yang mudah dibawa dan diselipkan ke dalam tas atau koper kamu. Selain itu, pertimbangkan pula apakah nanti kamu bisa membeli peralatan mandi ini secara mudah dan murah di destinasi tujuan kamu atau tidak. Jika kamu memiliki alergi dan hanya cocok menggunakan satu sabun atau shampoo saja, gunakan travel bottle ukuran kecil untuk memasukan peralatan mandi kamu itu. Untuk make up bagi wanita, lipbalm, sunblock, body lotion dan deodorant sebaiknya kamu bawa saat traveling ini. Kamu masih bisa membawa parfume ukuran kecil atau bedak dan peralatan make up lain, namun usahakan tidak terlalu berlebihan supaya masih bisa muat untuk dimasukkan ke dalam tas untuk traveling ini.

Peralatan untuk gadget

Barang-barang berharga berjenis gadget seperti smartphone, laptop atau kamera; sebaiknya masukan dalam tas khusus yang bisa kamu bawa kemana saja. Jangan masukan barang berharga tersebut ke dalam koper yang akan masuk ke bagasi. Selain mungkin saja hancur atau rusak, gadget kamu juga rawan hilang atau dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mempermudah, kamu bisa memasukan charger ke dalam koper agar tak untuk gadget kamu ini tidak terlalu berat. Bagi perempuan, sebaiknya kamu tidak memebawa barang yang kurang penting seperti hairdryer atau catokan. Selain tidak begitu penting, kamu tentu akan kerepotan saat membawa barang-barang seperti itu.

Perlu packing makanan atau tidak?

Semua itu tergantung dari keputusan kamu sendiri. Jika misalnya kamu ingin traveling ke Amerika dan takut tidak bisa berdaptasi dengan makanan disana, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa makanan kering seperti rendang atau sambal goreng di dalam koper kamu. Makanan kering dan instan, bisa kamu bawa juga saat kamu punya rencana untuk hiking atau mendaki gunung. Oh ya jika travelingmu ini membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama, pertimbangkan untuk membawa snack dan minuman ringan dalam tas yang kamu bawa. Kamu bisa mengudap snack ini agar perjalananmu tidak terlalu membosankan. Selain itu, snack ini bisa jadi pertolongan pertama saat kamu kelaparan namun jam makan masih lama saat dalam perjalanan.

Berpakaian yang nyaman saat traveling

Setelah packing selesai dilakukan, yang perlu kamu perhatikan sekarang adalah pakaian yang akan kamu kenakan selama dalam perjalanan ini. Prinsip dasar yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan pakaian yang nyaman dan juga simple. Celana jeans, sneakers, kaus atau kemeja dan jaket bisa kamu pakai saat travelling ini. Bagi wanita jika memang akan naik turun kendaraan, sebaiknya hindari memakai gaun panjang yang menjuntai atau rok. Hindari juga menggunakan hak tinggi karena selain tak nyaman, akan sangat berbahaya jika rute traveling kamu ternyata berganti-ganti kendaraan. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membawa jaket dan sweater tambahan guna mengatasi udara yang mungkin terlalu dingin saat didalam kendaraan. Kamu juga bisa memakai sandal jepit kok saat berangkat traveling ini. Tak perlu malu atau gengsi, sebab sandal jepit sendiri selain simple juga nyaman untuk digunakan dan mudah dibawa kok.

921

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here