Sumber: currencykart.com

Traveling apalagi hingga keliling dunia, memang menjadi suatu aktivitas yang sangat menyenangkan. Bisa melihat tempat-tempat yang baru dalam perjalanan, merupakan impian banyak orang. Meskipun begitu, perjalanan dengan rute yang terbilang jauh juga memiliki resiko yang cukup besar. Karena itulah kini banyak orang yang semakin sadar akan pentingnya asuransi perjalanan atau travel insurance, untuk melindungi mereka atau ahli warisnya.

Apalagi saat ini, banyak hal tak terduga yang bisa terjadi saat Anda melakukan tarveling. Mulai dari kecelakaan, bencana alam, terjebak di derah konflik atau Anda sakit secara mendadak saat melakukan traveling; maka asuransi perjalanan ini bisa membantu atau setidaknya meringankan beban Anda. Karena itulah kini banyak lembaga keuangan yang menawarkan asuransi perjalanan atau travel insurance, pada mereka yang sering melakukan traveling dalam jarak yang cukup jauh. Namun sebenarnya, asuransi perjalanan ini penting atau enggak sih untuk dimiliki oleh kita?

Banyak orang yang berbeda pendapat mengenai asuransi perjalanan atau travel insurance ini. Ada yang menganggapnya kurang penting, sebab mereka merasa telah memiliki asuransi kesehatan yang telah mencakup segalanya. Mereka yang jarang bepergian ke tempat jauh, mungkin saja menganggap asuransi jenis ini kurang penting dan tak terlalu dibutuhkan. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, karena jarak dan frekwensi berpergian menjadi dua hal yang memang harus dipertimbangkan sebelum membeli ausransi perjalanan ini.

Meskipun begitu tak sedikit pula yang menyebut travel indurance ini cukup penting, apalagi jika seseorang itu kerap melakukan perjalanan yang jauh. Terlepas dari dua pendapat ini, tak ada salahnya kok bagi kita untuk memiliki asuransi perjalanan ini. Tentu saja kita tak pernah berharap ada musibah menimpa, saat kita sedang traveling atau liburan. Namun tentu tak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatu, jika hal paling buruk terjadi pada kita sat liburan.

Apakah Asuransi Perjalanan Itu?

Pada dasarnya, asuransi perjalanan itu dibuat untuk menutupi suatu biaya tak terduga dalam perjalanan Anda. Yang namanya perjalanan baik itu darat, laut ataupun udara, memang memiliki resiko yang tak pernah kita duga. Bahkan saat liburan pun, bisa saja terjadi musibah pada kita ataupuan sanak keluarga. Bisa saja selama traveling Anda mengalami kecelakaan, barang bawaan yang hilang, sakit secara mendadak, jadi korban bencana atau konflik, atau bahkan yang terburuk hingga meninggal dunia. Nah asuransi kesehatan ini akan meng-cover semua biaya tersebut, tanpa Anda atau ahli waris lainnya harus repot mengeluarkan uang dari dompet sendiri untuk membayar biaya-biaya tak terduga tersebut.

Di Indonesia sendiri, kini banyak lembaga keuangan yang menawarkan asuransi jenis ini pada masyarakat luas. Bahkan jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan atau pendidikan, biaya asuransi perjalanan ini terbilang lebih murah dan juga terjangkau. Karena itulah bagi Anda yang sering traveling, sama sekali tak ada salahnya untuk memiliki asuransi perjalanan ini. Meskipun begitu, membeli asuransi perjalanan itu tak bisa sembarangan. Walau terbilang murah dan juga mudah didapat, ada banyak hal yang musti Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi perjalanan yang tepat. Dikutip berbagai sumber, inilah 10 hal yang wajib untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi perjalanan. Apa saja itu?

Pilih asuransi dari lembaga keuangan berkredibilitas

Seperti disinggung diatas, banyak sekali lembaga keuangan yang dewasa ini menawarkan asuransi perjalanan dengan segala keuntungan dan kemuduhan pada masyarakat luas. Namun tentu saja demi kenyamanan Anda sendiri, sebaiknya pilihlah asuransi dari lembaga keuangan yang terpercaya dan juga jelas kredibilitasnya. Salah satu yang bisa Anda percayai adalah asuransi yang ditawarkan oleh bank langganan Anda.

Bank biasanya memiliki beragam asuransi yang bisa dipilih oleh nasabahnya. Tanyakan apakah mereka juga menyediakan asuransi perjalanan atau tidak. Memilih lembaga keuangan yang kredible,  akan mempermudah Anda atau ahli waris untuk mengurus klaim jika sesuatu yang buruk terjadi saat perjalanan. Memilih perusahaan asuransi perjalanan yang tepat akan memberikan keuntungan pada diri Anda sendiri nantinya. Misalanya pencairan dana yang cepat, atau pengajuan klaim yang tak harus melibatkan birokrasi yang ruwet dan menyita waktu.

Biaya apa saja yang bisa dicover oleh asuransi perjalanan ini?

Salah satu yang perlu untuk Anda pertimbangkan adalah, mengenai sejauh mana asuransi perjalanan akan mengcover biaya-biaya jika terjadi sesuatu pada Anda. Misalnya, apakah asuransi hanya akan menanggung biaya pengobatan selama di tempat tujuan Anda, ataukah jika telah kembali ke negara asal biaya pengebotan ini masih ditanggung oleh pihak mereka. Atau jika terjadi kecelakaan atau bencana hingga mengakibatkan meninggal dunia, apakah asuransi ini akan menanggung biaya pemulangan jenazah ke tempat asal atau tidak.

Pilih travel insurance yang bisa digunakan di segala tempat

Sumber: saga.co.uk

Tanyakanlah apakah asuransi tersebut bisa digunakan jika Anda berpergian ke beberapa tempat atau negara sekaligus. Misalnya jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis ke berbagai tempat, pastikan asuransi yang Anda pilih bisa digunakan di semua daerah tujuan Anda tersebut. Jangan sampai ternyata polis asuransi hanya berlaku di suatu daerah atau negara, yang ternyata tak pernah Anda kunjungi sama sekali. Meskipun begitu, setiap negara memang punya kebijakan tersendiri terhadap klaim asuransi ini. Karena itulah cari info mendetail mengenai polis yang Anda beli ini, termasuk di antaranya yang berhubungan dengan kebijkan dari negara yang Anda tuju nantinya.

Pilih asuransi perjalanan yang bisa menjamin barang bawaan Anda juga

Asuransi perjalanan tak hanya menanggung biaya kesehatan atau perawatan selama Anda traveling. Sebaiknya pilihlah polis asuransi yang juga menjamin barang bawaan Anda selama traveling. Masalah kehilangan koper atau barang bawaan bisa terjadi pada siapa saja selama perjalanan. Cari tahu apakah perusahaan asuransi juga akan menanggung, jika koper atau bawaan Anda ini hilang selama perjalanan. Belilah polis asuransi yang akan mengganti kerugiaan setara dengan harga barang yang hilang salama perjalanan. Tentu saja polis jenis ini harganya sedikit lebih mahal, tapi jika koper atau bawaan Anda raib ganti rugi yang diterima pun juga akan sepadan.

Bagaimana jika kecelakaan terjadi akibat aktivitas selama liburan?

Beberapa orang melakukan traveling tak hanya untuk bersenang-senang atau liburan saja. Ada juga orang yang melakukan tarveling karena tertantang untuk melakukan hal-hal yang ekstrim seperti mendaki gunung, rafting, atau diving. Dan tentu saja beberapa kegiatan ekstrim tersebut cukup beresiko untuk Anda. Karena itulah  cari tahu apakah asuransi akan menjamin, jika musibah atau kecelakaan terjadi karena aktivitas yang kita lakukan sendiri. Untuk masalah ini, pihak suransi biasanya punya kebijakan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Misalnya mereka hanya akan menjamin jika Anda melakukan diving pada kedalaman tertentu saja.

Apakah uang akan kembali jika membatalkan perjalanan secara mendadak?

Kadangkala suatu rencana perjalanan harus dibatalkan secara mendadak dan tiba-tiba. Sebagai contoh, mendadak ada anggota keluarga yang sakit parah atau meninggal sehingga mau tak mau Anda harus membatalkan perjalanan. Padahal tiket sudah kadung dipesan, dan pembatalan terjadi hanya beberap jam sebelum keberangkatan. Untuk hal ini biasanya asuransi punya kebijakan sendiri-sendiri. Anda bisa menerima penuh atau hanya separuh saja uang pembatalan keberangkatan, tergantung dari kebijakan polis yang ada beli dan tanda tangani. Karena itulah baca secara seksama polis asuransi perjalanan yang hendak Anda beli ini.

Pertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan tahunan jika Anda sering bepergian

Asuransi perjalanan memang bisa dibeli mendadak atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Bahkan berbagai sarana transportasi yang kita gunakan pun, telah mencakup asuransi jika terjadi kecelakaan selama perjalanan. Namun bagi Anda yang dalam setahun sering bepergian ke tempat yang jauh, maka pertimbangkan untuk membeli polis asuransi tahunan. Dengan cara ini biaya yang dikeluarkan untuk mebayar polis pun akan lebih murah dan terjangkau, jika dibandingkan Anda membeli asuransi setiap akan berpergian saja.

Perhatikan batasan usia pada polis asuransi yang Anda beli

Tak bisa dipungkiri bahwa orang dengan usia lanjut lebih rentan dan beresiko, jika melakukan perjalanan jauh. Kebanyakan polis asuransi tak mau menanggung biaya dari klien dengan usia lebih dari 65 tahun yang melakukan traveling. Karena itulah perhatikan batasan usia dalam polis asuransi yang ingin Anda beli ini. Pastikan Anda tak melewati batasan usia tersebut agar polis yang dibeli tak sia-sia nantinya.

Anda punya penyakit bawaan atau tidak?

Jika Anda memiliki penyakit bawaan yang bisa berakibat fatal, maka tanyakan apakah asuransi akan menjamin jika penyakit tersebut kambuh saat Anda melakukan traveling. Katakan sebenar-benarnya pada pihak asuransi mengenai penyakit yang Anda derita. Cari tahu apakah mereka akan menjamin jika penyakit Anda ini kambuh sewaktu-waktu di tempat tujuan. Biasanya pihak suransi punya sejumlah kebijakan sendiri pada klien yang memiliki penyakit bawaan, saat membeli asuansi perjalanan ini.

Bagaiman jika melakukan perjalanan bersama keluarga?

Sumber: moneycrashers.com

Terkadang kita tak hanya traveling seorang diri. Ada saatnya kita mengajak anggota keluarga untuk melakukan traveling bersama-sama. Lalu bagaiman memilih asuransi yang tepat untuk hal semacam ini? Pertama cari tahu apakah yang dimaksud keluarga dalam polis yang Anda beli. Apakah keluarga yang dimaksud itu mencakup keluarga inti saja (ayah, ibu dan anak), atau termasuk anggota keluarga lain? Kedua batasan usia berapa anggota keluarga berhak mendapat asuransi jika terjadi suatu musibah. Sebenarnya ada dua bagian dalam asuransi perjalanan, yakni asuransi untuk individu; dan asuransi untuk keluarga atau family insurance. Jika Anda sering berpergian bersama dengan sanak keluarga, maka opsi family insurance sangat dianjurkan untuk dipilih. Hal ini bermanfaat jika mendadak anak Anda sakit dan harus dirawat saat traveling, asuransi bisa memberikan jaminan pada orang tua yang memang harus mendampingi buah hati mereka.

Selain beberapa hal tersebut diatas, asuransi biasanya menolak untuk menjamin jika Anda berpergian ke daerah konflik. Biasanya, asuransi juga enggan untuk memberikan jaminan jika Anda adalah penggemar olahraga atau kegiatan esktrim lainnya. Selain itu perhatikan pula jarak tempuh saat traveling ini. Apakah Anda merasa perjalanan Jakarta-Makassar perlu diasuransikan? Atau Anda hanya akan membeli polis asuransi untuk perjalana ke luar negri saja.  Yang perlu diingat, asuransi perjalanan atau travel insurance memang punya banyak manfaat bagi mereka yang menggunakanya. Apalagi jika Anda memang termasuk orang yang kerap bepergian, baik seorang diri atupun bersama dengan anggota keluarga lainnya.

299

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here