Sumber: gardensbythebay.com.sg

Meskipun kecil, Singpura tak pernah gagal untuk menarik minat traveler dari seluruh dunia untuk datang dan berkunjung ke negara ini. Negara dengan luas 719.1 kilometer persegi ini disebut sebagai salah satu yang terkaya dan maju di kawasan Asia. Tak heran jika banyak traveler memasukan Singapura dalam daftar negara yang wajib untuk mereka kunjungi. Hal ini cukup beralasan sebab karena terbilang kecil, menjelajah Singapura pun tak mebutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Singapura juga memiliki sistem transportasi publik yang sangat maju dan juga memadai. Hal ini membuat traveler atau wistawan yang datang ke negeri ini merasa mudah dan termanjakan, untuk mengunjungi atraksi wisata di negara yang dipimpin oleh presiden Tony Tan ini.

Kemegahan Singapura sebagai negara maju memang tak perlu untuk dipertanyakan lagi. Tak heran bahkan traveller dan wisatawan dari Indonesia pun, kerap memilih Singapura sebagai tujuan perjalanan mereka. Selain karena ingin mengeksplorasi negara kecil nan cantik ini, jarak yang terbilang dekat dengan Indonesia membuat Singapura selalu menjadi pilihan tempat untuk traveling. Di Singapura ada banyak atraksi dan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Perpaduan antara teknologi tinggi yang diaplikasikan pada tempat-tempat wisata ini, membuat Singapura punya banyak spot yang wajib untuk dikunjungi. Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa tempat yang wajib dituju jika Anda traveling ke Singapura.

Gardens By The Bay

Lokasi: 18 Marina Gardens Dr, Singapore

Bagi Anda yang berkunjung ke Singapura, jangan sampai melewatkan atraksi pohon menyala yang ada di Gardens By The Bay ini. Supertree Grove Light Show adalah nama atraksi yang bisa kamu lihat di Gardens By The Bay ini. Atraksi ini menyuguhkan sebuah banguanan yang menyerupai pohon atau jamur dan dibuat dengan desain semirip mungkin. Yang membuat semakin mempesona, bangunan menyerupai pohon atau jamur tersebut juga dhiasi dengan aneka lampu hias warna-warni yang menyala dengan indahnya.

Ada ratusan lampu yang digunakan untuk menghiasi bangunan-bangunan tersebut. Cahaya warna-warni dari lampu, membuat atraksi Supertree Grove Light Show ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Begitu melihat atraksi ini, Anda akan merasa seolah-olah sedang berada di luar angaksa, dengan pohon dan jamur raksasa yang menyala dengan indahnya. Atraksi Supertree Grove Light Show ini dilangsungkan 2 kali dalam sehari yakni antara pukul 7:45-8:45 malam waktu setempat. Untuk bisa menikmati atraksi Supertree Grove Light Show ini, sebaiknya Anda datang 15 menit sebelum acara dimulai untuk bisa mendapat tempat yang tepat untuk melihat kerlap-kerlip indah Supertree Grove Light Show ini.

Wonder Full Light and Water Show

Lokasi: 2 Bayfront Avenue, Event Plaza, Singapore

Satu lagi tempat di mana Anda bisa melihat atraksi cahaya yang menakjubkan terletak di 2 Bayfront Avenue, Event Plaza, Singapore. Di tempat ini, ada atraksi cahaya yang tak kalah dengan Supertree Grove Light Show di atas. Di Wonder Full Light and Water Show inilah, Anda bisa melihat perpaduan even antara atraksi cahaya, pancaran air mancur dan juga musikal. Wow, lengkap sekali bukan? Di Wonder Full Light and Water Show ini Anda akan melihat atraksi air mancur yang berpadu dengan kelap kelip cahaya lampu, dan bergerak selaras dengan suara musik yang menjadi latar belakangnya. Anda juga akan melihat gelembung-gelembung air raksasa dengan bentuk yang indah dan tak biasa. Ditambah dengan background pemandangan kota Singapura yang berkilau di malam hari, acara Wonder Full Light and Water Show ini akan semakin spesial dan juga berkesan. Atraksi Wonder Full Light and Water Show ini dilangsungkan setiap hari Senin sampai dengan Rabu pukul  8:00 dan 9:30  malam, dan Setiap hari Jumat hingga Sabtu pukul 8:00. 9:30 dan 11:00 malam waktu setempat.

Cloud Forest

Sumber: tripadvisor.com

Lokasi: 18 Marina Gardens Dr, Singapore

Ingin melihat hutan di dalam ruangan? Datang saja ke Cloud Forest yang berada satu lokasi dengan Gardens By The Bay di 18 Marina Gardens Dr, Singapore. Sesuai dengan namanya Cloud Forest, ini adalah hutan raksasa buatan yang tumbuh dan dibuat di dalam bangunan beton yang tak kalah besar.

Meskipun begitu indoor forest ini tetap menampilkan keindahan, selayaknya hutan alami pada umumnya. Begitu masuk ke tempat ini, Anda akan dibuat lupa saat ini tengah berada di tengah-tengah kota Singapura. Jangan dibayangkan kalau Anda melihat pohon buatan atau benda benda yang terbuat dari plastik. Yang ada di Cloud Forest ini benar-benar menggunakan pohon dan batuan asli, yang ditata sedemikian rupa menyerupai hutan belantara sesungguhnya. Bahkan ada air terjun buatan, yang menambah asri suasana di Cloud Forest ini.

Tak hanya itu, ada juga spesies tanaman langka yang tumbuh di tempat ini. Masuk ke Cloud Forest, Anda akan benar-benar dibawa menikmati keindahan hutan tropis yang sesungguhnya. Untuk lebih nyaman menikmati Cloud Forest ini, luangkan waktu sekitar 1,5 jam untuk menjelajah. a lupa pula untuk mengenakan karena suhu dalam Cloud Forest ini bisa sangat dingin, selayaknya ketika Anda bertualang di hutan yang sebenarnya.

Singapore Botanic Gardens

Lokasi: 1 Cluny Rd, Singapore

Jika Cloud Forest tadi adalah hutan yang tumbuh dan ditanam di dalam ruangan, maka Singapore Botanic Gardens ini adalah taman yang sesungguhnya. Singapore Botanic Gardens menjadi salah satu taman botani terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, dengan spesies tanaman yang lumayan lengkap pula. Anda bisa benar-benar lupa waktu begitu mengunjungi Singapore Botanic Gardens.

Kebun ini dibuat dengan desain sealami mungkin, dengan rumput hijau yang tebal dan kolam yang menambah asri pemandangan di tempat ini. Ditambah dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitarnya membuat Singapore Botanic Gardens ini sayang untuk dilewatkan. Yang semakin membuat tempat ini patut dikunjungi, Singapore Botanic Gardens ini menggratiskan tiket masuk pada pengunjungnya. Artinya menikmati semua keindahan di taman seluas 74 heaktar ini, Anda tak dipungut biaya sama sekali. Oh ya selain Singapore Botanic Gardens, pengemar bunga anggrek bisa juga mengunjungi National Orchid Garden yang berada satu lokasi di 1 Cluny Rd, Singapore. Bedanya untuk masuk ke National Orchid Garden, Anda akan dikenakan bea masuk 5 Dollar Singapura atau sekitar Rp 47.500 saja.

Singapore Zoo

Lokasi: 80 Mandai Lake Rd, Singapore

Jika Anda travelling ke Singapura bersama dengan anak-anak, maka wajib untuk mengunjungi Singapore Zoo, atau Kebun Binatang Singapura ini. Sama seperti kebun bintang lain pada umumnya, Anda sekeluarga akan melihat aneka hewan langka di Singapore Zoo ini. Tapi sebagai opsi, Singapore Zoo ini juga menyediakan 4 area yang bisa dituju oleh Anda dan keluarga. Kempat tempat tersebut adalah:

  • Singapore Zoo. Di kebun binatang pusat ini Anda bisa melihat aneka hewan langka yang hampir punah. Ada 2800 binatang dari sekitar 300 spesies berbeda mulai dari burung, reptil dan mamalia ada disini.
  • Jurong Birds Park. Di tempat ini Anda bisa dengan bebas melihat sekitar 5000 jenis burung dari sekitar 400 spesies yang berbeda. Jurong Birds Park disebut sebagai taman burung terbesar di dunia saat ini.
  • Night Safari. Bagi Anda yang penasaran bagaimana hewan malam itu hidup dan berburu, maka Night Safari ini sangat layak untuk dikunjungi. Ada sekitar 1000 hewan malam, yang dibiarkan hidup secara alami di
  • River Safari. Seperti namanya, Anda bisa melihat aneka hewan air tawar di tempat ini. River Safari memiliki koleksi 6000 hewan spesies air tawar, di mana 40 lainnya sudah mulai langka dan jarang ditemukan di habitat aslinya.

Anda bisa mengunjungi seluruh kebun binatang tersebut jika memiliki waktu yang cukup. Dan pastinya, Anda bersama keluarga tidak akan menyesal telah menyempatkan diri berkunjung ke kebun binatang terbesar di Singapura ini. Jika mengajak anak-anak, Anda bisa memilih berkeliling dengan menggunakan kereta. Meksipun begitu, Anda harus sabar sebab antrian keretanya cukup panjang, plus tiketnya pun harganya tidak bisa dibilang murah.

Haw Par Villa

Lokasi: 262 Pasir Panjang Road, Singapore

Salah satu taman hiburan yang unik dan tak biasa yang wajib untuk dikujungi jika traveling ke Singapura adalah Haw Par Villa ini. Kenapa spesial? Sebab Anda akan melihat ratusan patung dan dorama, yang mengambarkan tentang cerita rakyat Tiongkok di tempat ini. Haw Par Villa memiliki sekitar 1.000 buah patung dan 150 dorama, dengan bentuk yang unik dan tak biasa. Banyak wisatawan yang berfoto dan mengabadikan momen mereka di Haw Par Villa ini. Selain patung-patung unik itu, Haw Par Villa ini juga memiliki pemandangan yang cukup indah dengan kolam-kolam yang menambah kunikan tempat ini.

Sentosa Island

Sumber: singapore-guide.com

Traveling ke Singapura, belum lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Sentosa Island ini. Sentosa Island adalah sebuah pulau dengan segala pusat hiburan dan rekresai berkumpul semua di tempat ini. Dibuka sejak tahun 1975, Sentosa Island disebut sebagai tepat yang paling sering dikunjungi di Singapura. Bayangkan saja setiap tahunya, Sentosa Island dikunjungi hampir 20 juta orang! Hal ini cukup beralasan sebab segala pusat hiburan dan rekresasi bisa ditemukan di Sentosa Island ini. Mulai dari resort, 2 lapangan golf, 14 hotel berbintang dan jangan lupa dengan Universal Studios Singapore yang berlokasi di Sentosa Island ini.

Ada 3 cara yang bisa Anda coba untuk mencapai Sentosa Island ini. Pertama dengan jalan kaki, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk ke dalam tempat ini. Kedua dengan naik kereta yang bisa digunakan mulai pukul 7 pagi hingga tengah malam. Jika ingin naik kereta, maka Anda harus membayar tiket seharga 4 Dolar Singapura atau setara dengan 38 ribu Rupiah. Terakhir dengan naik kereta gantung yang mulai beroperasi mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam. Nah jika Anda memilih menggunakan kereta gantung ini, Anda musti membayar tiket seharga 29 Dolar Singapura atau sama dengan 275 ribu Rupiah. Yang mana pilihan Anda? Tergantung, karena semua ada kurang dan lebihnya. Namun yang pasti Sentosa Island adalah tempat yang wajib dikunungi, jika Anda traveling ke Singapura ini.

329

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here