Sumber: liveandletsfly.boardingarea.com

Disebut sebagai salah satu moda transportasi teraman, pesawat terbang masih jadi salah satu angkutan yang difavoritkan oleh banyak orang. Meskipun untuk sebagian orang harga tiket pesawat itu lebih mahal dibandingkan jenis angkutan yang lain, waktu tempuh yang singkat membuat pesawat masih jadi salah satu angkutan yang sangat disarankan jika melakukan perjalanan yang jauh dan sulit dijangkau oleh kendaraan darat. Selain itu, pesawat juga satu-satunya moda transportasi yang bisa kamu gunakan jika melakukan perjalanan ke luar negri atau lintas benua. Apalagi kini di era modern seperti saat ini, semakin banyak maskapai yang membuka penerbangan ke berbagai tempat di belahan dunia sehingga pesawat masih menjadi satu-satunya andalan jika melakukan perjalanan jauh ke luar negeri.

Harga tiket pesawat memang tidak semurah jika kamu memilih bus atau kereta sebagai alat transportasi untuk melakukan traveling. Meskipun begitu animo masyarakat untuk menggunakan pesawat sebagai alat transportasi tetaplah besar. Lihat saja bagaimana setiap musim liburan atau menjelang hari raya tiba, tiket pesawat dari berbagai maskapai pasti sudah habis ludes terjual. Ini menunjukkan meskipun harga tiket pesawat lumayan mahal, namun daya beli masyarakat pun meningkat.

Tak heran kini jika kamu hendak melakukan traveling ke suatu tempat yang jauh, maka sudah berhari-hari sebelum keberangkatan kamu sudah harus melakukan booking tiket pesawat. Selain itu, saat ini kamu pun bisa memilih maskapai mana yang akan digunakan untuk berangkat traveling. Ada yang murah dengan harga tiket yang lumayan terjangkau, namun ada juga maskapai penerbangan yang mematok harga tiket lumayan mahal mengingat berkualitasnya pelayanan yang mereka berikan. Selain itu untuk yang biasa traveling ke luar negri, harga tiket pesawat tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan penerbangan domestik.

Pesawat juga termasuk jenis transporatsi yang nyaman untuk digunakan. Meskipun begitu, tetap ada etika-etika yang harus kamu patuhi ketika menaiki pesawat ini. Untuk kenyaman kamu sendiri dan juga penumpang lain, ada beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan saat menaiki pesawat untuk melakukan traveling. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa hal yang pantang atau tidak boleh sama sekali kamu lakukan saat traveling menggunakan pesawat terbang.

Jangan minum obat-obatan tertentu sebelum naik pesawat

Sebelum traveling, pastikan kamu dalam kondisi yang sehat dan juga fit. Ini karena sebelum naik pesawat, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi suatu obat tertentu yang belum pernah kamu minum sebelumnya. Beberapa obat menimbulkan efek yang buruk saat dikonsumsi oleh mereka, yang melakukan traveling dengan menggunakan pesawat. Seperti obat ambien tertentu, terkadang bisa menciptakan efek halusinasi bagi mereka yang mengkonsumsinya. Atau ternyata obat sakit kepala yang kamu minum sebelum terbang ternyata bisa menyebabkan mual dan juga jantung berdebar hebat. Karena itulah sebaiknya sebelum traveling dengan pesawat, kamu tidak mengkonsumsi jenis obat tertentu yang belum kamu ketahui bagaimana efeknya di tubuh kamu nantinya.

Jangan mengabaikan prosedur kesalamatan di pesawat

Setiap kali melakukan penerbangan, maka akan ada pramugara atau pramugari yang memperagakan safety atau prosedur keamanan di dalam pesawat. Untuk sebagian orang, hal ini terasa sangat membosankan dan tak penting. Namun sebenarnya, prosedur peragaan standar keamanan dalam pesawat itu wajib untuk diperhatikan, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali melakukan traveling dengan burung besi ini. Setidaknya kamu akan tahu apa yang harus dilakukan saat pesawat berada dalam keadaan darurat. Kamu juga akan tahu di mana pintu darurat untuk turun dari pesawat itu berada dan masih banyak lagi standar keamanan lain yang bisa diketahui dari peragaan ini.

Jangan bercanda masalah bom

Semejak adanya pembajakan dan aksi terorisme oleh Al Qaeda pada pesawat United Airlines dan American Airlines pada 11 September 2001 yang lalu, standar pengamanan dalam pesawat apalagi untuk penerbangan internasional memang ditingkatkan dengan pesat. Pemeriksaan penumpang secara berlapis dilakukan oleh petugas keamanan, pada calon penumpang yang akan melakukan traveling dengan menggunakan pesawat. Selain itu, segala isu sensitif mengenai terorisme, juga jadi hal tabu yang tak boleh dibicarakan saat sedang berada dalam pesawat. Salah satunya yang harus kamu patuhi adalah larangan untuk bercanda mengenai masalah bom.

Sudah banyak kasus orang yang berurusan dengan hukum karena bercanda atau mengeluarkan ancaman yang berhubungan dengan bom saat berada di pesawat. Bahkan  pernah ada pesawat yang terpaksa harus mendarat lagi, dikarenakan salah satu penumpangnya bercanda mengenai bom yang dibawanya ke dalam pesawat. Karena itulah meskipun maksudmu hanya bercanda saja, sebaiknya hindari membicarakan soal bom sebelum atau ketika naik pesawat ini.

Jangan merebahkan kursi pesawat saat makan

Sumber: manonthelam.com

Merebahkan kursi pesawat jadi salah satu hal yang diperdebatkan oleh banyak orang dan bahkan sejumlah ahli penerbangan. Apakah boleh seorang penumpang tersebut merebahkan kursi pesawat, dengan resiko penumpang lain di belakangnya akan merasa tidak nyaman atau kesempitan. Jika hal ini kamu lakukan dengan tujuan mengatur kursi untuk tidur, maka merebahkan kursi pesawat masih bisa dimaklumi dan diterima. Tapi untuk makan? Sebaiknya kamu tidak merebahkan ke belakang kursimu saat sedang menikmati makanan di pesawat. Pilihlah posisi yang tegak saat menikmati hidangan yang disediakan dalam pesawat. Selain akan lebih nyaman untuk menikmati makanan, posisi ini  setidaknya tidak akan menganggu penumpang lain yang ada di belakangmu.

Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan bau menyengat

Bagi kamu penggemar durian, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini dalam pesawat dalam bentuk apapaun. Memang tak mungkin kamu akan membawa durian utuh masuk ke dalam pesawat. Tapi membawa olahan durian yang masih memiliki bau menyengat dari raja buah-buahan ini, juga jadi hal yang tak boleh dilakukan saat kamu traveling menggunakan pesawat. Bau menyengat dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi, bisa akan dengan cepat menyebar dalam kabin pesawat dan menganggu penumpang lain.

Selain itu, sebaiknya kamu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum melakukan penerbangan. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang memicu gas di dalam lambung kamu. Tentu tidak nyaman bukan rasanya saat terbang dengan pesawat dan kamu beberapa kali buang gas? Apalagi sebelum terbang kamu mengkonsumsi jengkol atau durian misalnya, maka bau gas yang kamu keluarkan ini akan tersebar di kabin pesawat dan membuat penumpang lain merasa tak nyaman.

Jangan mabuk dalam pesawat

Mabuk yang dimaksudkan di sini adalah mabuk karena minuman keras yang dikonsumsi ya, bukan mabuk perjalanan seperti yang mungkin kamu alami saat naik kendaraan darat. Penerbangan domestik tentu tak menyediakan minuman beralkohol untuk para penumpangnya. Namun hal ini berbeda jika kamu berada dalam penerbangan internasional. Umumnya pesawat yang memiliki rute terbang internasional, menyediakan beberapa jenis minuman beralkohol seperti anggur yang ditawarkan pada penumpangnya. Sebaiknya jangan meminta minuman anggur, jika kamu tak terbiasa mengkonsumsi minum-minuman beralkohol. Sebaliknya jika kamu ingin mengkonsumsi anggur, jangan berlebihan apalagi hingga membuat kamu jadi mabuk. Selain bisa menyebabkan dehidrasi parah, kamu juga akan mengganggu penumpang lain yang duduk disampingmu dan membuat orang lain dalam kabin pesawat jadi tak nyaman.

Jangan letakkan barang bawaanmu di atas kursi orang lain

Beberapa barang bawaan penumpang memang boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Kamu bisa metekakan barang-barang tersebut di dalam bagasi kabin yang terletak diatas kursi kamu. Satu hal yang patut diperhatikan, kamu tidak boleh memasukkan tas atau barang bawaan lain di dalam bagasi kabin orang lain atau yang bukan diatas kursi kamu sendiri. Ingat tak hanya kamu saja penumpang yang membawa barang mereka kedalam bagasi kabin. Karena itulah hormati penumpang lain yang hendak menggunakan bagasi kabin ini juga. Jikapun bagasi kabin di depan atau belakang kursimu kosong dan kamu ingin menggunakannya, mintalah izin dahulu pada penumpang lain yang duduk di bawahnya.

Jangan menganggu penumpang lain dengan gerakan kakimu

Penerbangan bisa terasa sangat lama dan membosankan, apalagi jika kamu melakukan traveling ke mancanegara. Karena itulah tak jarang tubuh kita merasa pegal, atau posisi kaki tak nyaman apalagi jika space yang tersedia lumayan sempit. Namun bukan berarti kamu bisa bergerak seenaknya dan menganggu penumpang lain. Menggerak-gerakan kakimu dengan kesar bisa sangat mengganggu penumpang yang ada di depanmu. Memang tak bisa dipungkiri tubuh akan terasa lelah jika duduk berjam-jam dalam pesawat. Namun perhatikan agar gerakan-gerakan kecilmu itu, tak mengganggu kenyamanan penumpang lain yang juga terbang bersamamu ya.

Untuk perempuan, perhatikan rambut panjangmu

Sumber: mashable.com

Bagi kamu kamu perempuan yang memiliki rambut panjang, jangan sekali-kali kamu menjulurkan rambutmu ke bagian belakang kursi pesawat terbang. Hal ini sangat mengganggu sekali bagi penumpang di belakangmu. Sebaiknya kamu ikat rambutmu atau gelung keatas, agar kamu tetap merasa nyaman saat traveling dengan pesawat dan tak mengganggu penumpang dibelakangmu.

Jangan berisik

Pesawat terbangbukan seperti kamar pribadi, di mana kamu bisa dengan bebas bernyanyi keras-keras mengikuti lagu di smartphone-mu. Atau kamu bisa ngobrol keras-keras dan tertawa terbahak-bahak bersama dengan teman-temanmu. Hormati penumpang lain dengan tidak mengobrol keras-keras, atau bercanda berlebihan bersama dengan teman-temanmu. Atau jika kamu mendengarkan musik melalui earphone, pastikan volumenya tidak terlalu keras sehingga membuat penumpang lain yang duduk di sebelahmu menjadi terganggu.

Kecuali jika yakin bersih, jangan lepas sepatumu di pesawat

Salah satu alas kaki yang nyaman untuk digunakan traveling adalah sepatu. Selain nyaman, mengenakan sepatu plus kaos kaki akan menjaga suhu tubuhmu selalu hangat. Namun pernah ditemui beberapa orang punya rasa percaya diri yang berlebihan, hingga mereka akhirnya membuka sepatu di dalam pesawat. Sayangnya orang-orang ini tak menjaga kebersihan alas kaki mereka, sebagai akibatnya bau kaos kaki yang menyengat pun tersebar di kabin penumpang.

Tentu saja bau kaos kaki yang menyengat ini sangat menganggu penumpang lain yang berada dalam pesawat. Karena itulah jika kamu tak yakin kaos kakimu bersih, maka sebaiknya jangan melepas sepatumu di dalam pesawat. Kamu tentu tidak mau bukan penumpang lain menatap sinis lantaran terganggu bau kaos kakimu yang luar biasa itu?

875

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here