Sumber: Gravity Aventure

Terus menerus bekerja di kantor akan membuat kamu stres dan tidak bersemangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Jika sudah merasa demikian, sebaiknya kamu melarikan diri sejenak dari kegiatan tersebut. Caranya dengan pergi liburan.

Waktu liburan untuk menenangkan pikiran dan mengumpulkan semangat ini, kamu pastinya tidak ingin berada di tengah keramaian. Oleh karena itu, pilihlah tempat wisata alam yang kehadirannya masih tersembunyi alias tidak diketahui oleh banyak orang.

Bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa, coba simak beberapa wisata alam tersembunyi yang ada di Jawa Barat dan cocok untuk pelarianmu berikut ini!

Gunung Lembu, Purwakarta

Pendakian selama 3 jam menuju puncak Gunung Lembu yang medannya juga cukup sulit tampaknya tidak akan terbuang percuma begitu saja. Pemandangannya begitu fantastis sampai-sampai kamu betah berada di sana untuk waktu yang cukup lama.

Kamu bisa menemukan hamparan pepohonan yang menciptakan suasana asri dan laut yang terbentang luas pencipta nuansa damai. Saat berada di Batu Lembu, kamu bisa menyaksikan pemandangan Waduk Jatiluhur dan pegunungan yang ada di sekelilingnya. Sempatkan diri untuk berkemah dan menyaksikan matahari terbit pada keesokannya.

Danau di Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Sumber: Wisata Alamqu

Pada tahun 1982 silam, Gunung Galunggung mengalami letusan yang cukup lama. Letusan ini mengakibatkan bagian puncak gunung memiliki sebuah kawah. Lama-kelamaan, kawah tersebut terisi air hujan dan air tanah lalu terbentuklah sebuah danau. Warna air danau ini hijau, tampak serasi dengan pepohonan yang mengelilinginya.

Dari tempat parkir, kamu perlu menaiki anak tangga sejumlah 620 buah. Meski cukup berat, pasti tidak akan terasa begitu lelah jika dijalani bersama teman terkasih dan melihat pemandangan yang begitu indah.

Meski tempat wisata alam yang satu ini tidak terlalu ramai pengunjung, fasilitasnya cukup lengkap. Ada musola, toilet, dan beberapa warung sederhana untuk kamu beristirahat dan mengganjal perut.

Pangalengan, Bandung

Berada di area selatan Bandung, ada sebuah tempat wisata alam yang cukup tersembunyi yaitu Pangalengan. Pangalengan sendiri adalah sebuah danau dengan pemandangan alam yang menenangkan hati. Kamu bisa menyusuri danau ini dengan perahu kayu. Di dekat sini juga ada sebuah perkebunan teh Malabar di mana kamu bisa melihat proses produksi teh.

Baca Juga: Pertama Kali Mendaki Gunung? Siapkan Hal-hal Berikut!

Pantai Puncak Guha, Garut

Pantai Puncak Guha tidak sama seperti pantai pada umumnya. Tempat wisata Pantai Puncak Guha ini merupakan semenanjung kecil berupa tebing yang ada di tepi laut. Tempat ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Pulau Jawa.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, di Pantai Puncak Guha ini kamu bisa menyaksikan kegiatan kelelawar yang terbang keluar dari gua di bawah tebing menjelang matahari terbenam. Momen saat kelelawar terlihat di langit lepas ini sangat eksotis dan bisa jadi salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Datanglah sebelum matahari terbenam supaya bisa menikmati pemandangan terlebih dahulu.

Goa Buniayu, Sukabumi

Sumber: Kintana Adventure

Goa Buniayu di Sukabumi adalah salah satu gua dengan sistem terbaik yang ada di Asia Tenggara. Sejak beroperasi pada tahun 1992 silam, gua ini sudah dilengkapi dengan peralatan keselamatan standar internasional dan para pemandu yang sudah terlatih. Goa Buniayu terdiri atas tiga gua, satu di antaranya tidak dibuka untuk umum melainkan hanya untuk penelitian dan para profesional saja.

Para pengunjung Goa Buniayu akan terpesona dengan beragam elemen geologi yang ada seperti stalaktit dan stalakmit. Struktur gua ini sendiri masih mengalami perubahan setiap tahunnya sekitar satu millimeter.

Gua yang satu ini juga terkenal dengan Kegelapan Abadi karena sama sekali tidak ada celah untuk sinar matahari menyinari bagian dalamnya. Cobalah masuk ke dalam sana dan tidak menyalakan senter satu pun. Sangat gelap meskipun kamu sedang berkunjung di siang hari!

Bagi yang ingin mencoba tantangan, kamu bisa menuruni bagian gua sedalam 18 meter di bawah permukaan laut. Di sana ada sungai bawah tanah, air terjun, danau, dan beragam fosil batu alam.

Saat menuruni bagian dalam gua ini, jangan khawatir. Ingat, gua ini memiliki sistem terbaik di Asia Tenggara dan kamu pun ditemani oleh pemandu yang profesional sehingga semua aman terkendali.

Situ Gunung, Sukabumi

Menikmati keindahan danau di tengah gunung, sudah biasa. Bagaimana jika menikmati danau yang ada di tengah hutan? Suasananya yang begitu tenang bisa membantumu untuk relaksasi dan melepas stres.

Situ Gunung berada di kaki Gunung Gede yang juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Danau ini cukup luas, hingga ratusan meter. Pada pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan danau yang eksotis berkat sinar matahari yang menyeruak dari balik pepohonan.

Jadi, kapan mau melarikan diri ke tempat wisata alam yang tersembunyi ini?

922

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here