Sumber: Batam - Madani

Jika ditanya tentang destinasi wisata di Riau, kebanyakan orang pasti akan bingung. Tapi jika ditanya tentang Bintan, pasti sudah banyak yang tahu. Padahal Pulau Bintan itu ada di kawasan Riau loh. Pulau Bintan ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan dalam negeri, tapi sudah terkenal juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Spot wisata di Pulau Bintan ini masih cukup alami dan jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin rileksasi. Penasaran ada spot wisata apa saja di Pulau Bintan? Simak daftar yang sudah kami susun berikut ini ya!

Pulau Penyengat

Sumber: Weekend Go Where

Pulau Penyengat adalah suatu pulau di mana kamu bisa menyaksikan sisa kejayaan Kesultanan Johor di masa lalu. Salah satu bangunan yang masih bertahan adalah Masjid Raya Sultan Riau yang konon membutuhkan waktu 40 tahun untuk pembangunannya.

Masjid yang didominasi warna kuning dan hijau ini memiliki keunikan yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Pasalnya bangunan ini menggunakan bebatuan yang tidak direkatkan menggunakan semen melainkan menggunakan putih telur. Kira-kira berapa jumlah telur yang dihabiskan untuk membangun masjid ini ya?

Hutan Mangrove

Pergi ke pulau rasanya kurang afdol kalau tidak menjelajahi hutan. Di Pulau Bintan, kamu wajib mengelilingi hutan mangrove. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyewa boat, kemudian duduk manis di atas kapal karena ada pengemudi yang menemanimu.

Selagi menelusuri sungai yang berwarna hijau akibat lumut, nikmatilah kumpulan pohon bakau yang ada di sisi kanan dan kiri. Bila beruntung, kamu bisa bertemu dengan sejumlah hewan liar seperti monyet, burung, dan ular.

Kepulauan Anambas

Pantai-pantai di Indonesia banyak yang terkenal di dunia internasional sebagai spot surfing karena ombaknya yang besar dan stabil. Salah satu spot surfing tersebut ada di Pulau Bintan, tepatnya di Kepulauan Anambas. Di sini juga sering diadakan event surfing tahunan berkelas internasional loh.

Kalau kamu tidak bisa surfing, tenang saja karena kamu masih bisa menikmati tempat ini dengan cara diving dan snorkeling atau bahkan sekedar duduk manis di tepi pantai saja.

Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu pantai yang populer di Pulau Bintan karena memiliki garis pantai yang panjang. Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Trikora ini adalah hamparan batu-batu granit berukuran sedang di tepi pantai. Warnanya putih sehingga tampil serasi dengan warna air laut yang biru jernih.

Aneka kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah bersantai di tepi pantai sambil menikmati hembusan angin atau menyewa pondok-pondok kecil yang ada di tepi pantai untuk menghindari panas sinar matahari.

Pada saat siang hari, kamu akan takjub melihat permukaan air lautnya karena akan tampak seperti ditaburi kristal. Ya, permukaan air lautnya memantulkan sinar matahari sehingga terlihat seperti ada kristal. Sangat cantik.

Baca Juga: 8 Hal Seru yang Bisa Kamu Temukan di Pulau Breueh Aceh Besar

Vihara Avalokitesvara

Siapa sangka kalau Pulau Bintan memiliki vihara terbesar di Asia Tenggara? Vihara Avalokitesvara ini adalah rumah ibadah yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Saat memasuki kawasan vihara ini, kamu akan melihat deretan patunga Buddha di kanan dan kiri jalan.

Keistimewaan lainnya dari vihara ini adalah keberadaan patung Dewi Kuan Yin yang beratnya mencapai 40 ton dan dilapisi dengan emas 22 karat. Selain itu, Vihara Avalokitesvara juga memiliki sebuah taman indah yang sering dijadikan lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Desa Nelayan Tradisional

Bagi kamu yang penasaran dengan kehidupan para nelayan di Pulau Bintan, mampirlah ke Desa Nelayan Tradisional. Selain mengetahui kehidupan para nelayan di sini, kamu bisa melihat rumah-rumah mereka yang berjejer rapi di atas air. Rumah panggung dari kayu ini bisa jadi objek foto yang menawan loh.

Pada jaman dulu sebelum mereka membangun rumah panggung, para nelayan setempat tinggal di atas kapal. Semua kegiatan sehari-hari dilakukan di atas sana. Jangan takut berkunjung ke sini karena penduduknya sangat ramah. Hitung-hitung kamu juga bisa menambah pengalaman di sini.

Pantai Lagoi

Sumber: Rawit Wisata

Pantai Lagoi masih berada di kawasan Pulau Bintan, namun anehnya kamu harus menggunakan mata uang dollar ketika berkunjung ke sini. Pantai Lagoi ini sering disebut sebagai miniaturnya Singapura dan memiliki banyak fasilitas seperti pantai-pantai yang ada di Bali. Beberapa fasilitas yang dimaksud adalah klub malam, private spa, lapangan golf, dan resort.

Pantai ini juga sangat indah karena memiliki hamparan batu granit di atas psair putih yang lembut. Dari sini juga kamu bisa melihat pemandangan Singapura dan Malaysia karena lokasinya hanya seberang-seberangan.

Demikian 7 spot wisata di Pulau Bintan yang perlu kamu ketahui. Ternyata tidak melulu pantai dan resort mewah, kan? Yuk, buruan ajak teman-teman liburan ke Pulau Bintan supaya bisa mengeksplorasi tempat-tempat tadi!

461

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here