Sumber: sola.ai

Setiap negara di dunia ini memiliki makanan khas masing-masing. Misalnya saja Jepang yang terkenal dengan sushi, Korea Selatan yang terkenal dengan toppokki, Thailand yang terkenal dengan ketan mangga, atau Indonesia yang terkenal dengan rendang dan nasi gorengnya. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa negara yang juga terkenal dengan makanan ekstrim? Makanan ekstrim ini biasanya dibuat dari bahan yang tidak lazim atau disajikan dalam keadaan hidup.

Penasaran dan ingin mencobanya saat berkunjung ke negara pemilik makanan ekstrim tersebut? Simak dulu daftarnya berikut ini!

Century Eggs

Sumber: imgur.com

Makanan ekstrim yang berasal dari China ini biasa juga dikenal dengan nama Millenium Eggs. Century eggs dibuat dari telur puyuh, telur ayam, atau telur bebek. Yang membuat makanan ini terasa ekstrim adalah proses pembuatannya. Bahan telur diawetkan selama berbulan-bulan dalam campuran abu, tanah liat, dan garam. Proses pengawetan ini akan membuat putih telur berubah menjadi kenyal seperti jeli berwarna cokelat dan bagian kuning telur akan berubah warna menjadi hijau atau abu-abu. Century eggs ini memiliki bau yang sangat menyengat akibat sulfur dan amonia yang terkandung di dalamnya.

Balut

Makanan yang satu ini sangat ekstrim dan mungkin menjijikkan, jadi kalau kamu tidak kuat sebaiknya jangan memaksakan untuk melihat atau memakannya. Balut adalah makanan ekstrim yang banyak dijual di negara Asia seperti Filipina, Kamboja, dan Vietnam. Balut dibuat dari telur ayam atau bebek yang berumur 17 hari atau 21 hari, sehingga ada embrio ayam atau bebek di dalamnya.

Makanan ini dihidangkan dengan cara dikukus bersama cangkang telurnya. Ketika dipecahkan, kamu bisa melihat bentuk ayam atau bebek utuh. Saat dimakan, kamu bisa merasakan tulang, paruh, bahkan bulunya. Ngeri ya!

Casu Marzu

Casu marzu adalah makanan ekstrim yang bisa ditemukan di kota Sardinia, Italia. Casu marzu ini pada dasarnya adalah keju yang dibuat dari susu domba. Biasanya keju ini diberi sedikit retakkan agar serangga bisa bertelur di dalamnya. Kemudian mereka dibiarkan membuat sarang larva serangga hidup. Larva serangga ini membuat keju mengalami fermentasi sehingga lemaknya terurai. Salah satu serangga yang berpartisipasi dalam pembuatan keju ini adalah lalat. Hasilnya, keju casu marzu ini memiliki bau pekat dan rasa unik.

Ikan Fugu

Ikan fugu terkenal memiliki racun berbahaya bagi makhluk hidup lainnya termasuk manusia. Makanan ekstrim asal Jepang ini hanya boleh dihidangkan oleh koki yang sudah dilatih untuk menyajikan ikan fugu selama bertahun-tahun dan lulus ujian resmi. Sensasi yang bisa kamu rasakan ketika mencicipi ikan fugu ini adalah kesemutan di lidah dan bibir akibat racun yang disisakan sedikit oleh sang koki.

Sup Kalajengking

Sup yang bahan utamanya adalah kalajengking, pasti akan membuat kamu merasa ngeri. Kalajengking yang terkenal memiliki racun kok dijadikan makanan? Tapi begitulah yang terjadi di China. Makanan ekstrim tradisional ini ternyata disukai masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan racunnya sudah dinetralisir saat proses memasaknya. Jadi kalajengking ini aman dimakan tanpa perlu khawatir akan keracunan.

Sannakji

Sumber: wikipedia.com

Makanan ekstrim asal Korea Selatan ini disajikan hidup-hidup. Bahan utamanya adalah bayi gurita hidup yang dibumbui dengan minyak wijen lalu dicocol dengan saus cabe khas Korea Selatan. Meski sudah dipotong-potong dalam ukuran kecil, bayi gurita ini masih terus menggeliat dan tentakelnya masih bisa menghisap. Jadi, jika ingin mencoba makanan ekstrim yang satu ini pastikan memakannya dengan benar dan hati-hati agar tidak menyangkut di mulut atau tenggorokan.

Jantung Kobra

Makan daging ular matang sudah lazim ditemui di sejumlah negara. Bagaimana dengan kobra mentah dan hidup? Di Vietnam, ada beberapa orang yang memakan jantung ular kobra mentah-mentah. Cara memakan jantung kobra ini adalah dengan memotong kepala ular kobra yang masih hidup, lalu keluarkan jantungnya yang masih berdetak kemudian menelannya bersama darah segar dari ular tersebut. Makanan ekstrim yang tidak dijual secara bebas ini dipercaya dapat memberikan kekuatan dan menjaga daya tahan tubuh bagi orang yang memakannya.

Haggis

Makanan esktrim asal Skotlandia ini ternyata sudah ada sejak jaman dulu. Haggis adalah makanan ekstrim yang dimasak menggunakan perut domba yang sudah dibersihkan dan dicuci. Kemudian perut domba ini diisi dengan jantung, hati, dan paru-paru domba yang dibumbui dengan garam, kaldu, bawang, dan tepung haver.

Proses memasaknya membutuhkan waktu berjam-jam agar matang dengan sempurna. Rasa khas makanan ini sangat gurih dan sedikit pedas.

Rocky Mountain Oysters

Meski namanya kerang, ternyata makanan ekstrim ini dibuat dari testis banteng atau kerbau. Makanan yang bisa ditemui di Kanada dan Amerika ini digoreng dan disajikan dengan saus koktail.

 

202

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here