Sumber: tripsavvy.com

Koper menjadi barang wajib yang dibawa saat traveling. Dengan koper, segala kebutuhan dan barang bawaan kita dengan ringkas dimasukkan ke dalam benda ini. Tak heran jika kini, banyak pilihan koper berbagai ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan saat traveling. Desainya pun cukup beragam. Ada koper konvensional dengan warna gelap yang biasa kita lihat, atau koper-koper dengan desain fancy warna-warni yang tengah trend saat ini.

Sayangnya, koper juga menjadi salah satu benda yang rawan hilang saat Anda melakukan penerbangan udara. Jika melakukan penerbangan domestik, koper yang hilang atau selip ini mungkin bisa dengan mudah diurus. Namun apa jadinya jika koper bawaan Anda ini hilang saat sedang melakukan perjalanan internasional, atau ketika berwisata ke luar negri?

Panik mungkin itu hal yang akan Anda rasakan pertama kali. Apalagi jika koper yang hilang tesebut ternyata memuat barang penting seeprti pakaian atau oleh-oleh dan lain sebagainya. Faktanya koper hilang atau selip saat penerbangan domestik atau internasional bisa menimpa siapa saja. Namun sebagai konsumen maskapai penerbangan, Anda tentu tetap bisa melakukan protes dan juga pengurusan barang bawaan yang hilang ini. Sebaiknya jangan panik dulu saat koper atau bawaan Anda ada yang hilang.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika koper milik Anda ini mendadak selip, terlambat diantar atau malah tak sampai di tangan Anda pasca melakukan penerbangan udara. Seperti dikutip dari Business Insider, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika koper milik Anda hilang selama penerbangan.

Hindari membawa koper dengan desain yang berlebihan

Koper yang terlihat menawan dengan desain yang cantik, pastinya akan menarik perhatian Anda. Namun faktanya, koper dengan desain yang berlebihan ini lebih menarik perhatian oknum jahat di bandara untuk melakukan aksinya. Karena itu, sebaiknya Anda memilih koper dengan desain yang sederhana dan biasa-biasa saja. Yang perlu diperhatikan adalah koper tersebut haruslah kuat dan juga tak mudah robek atau rusak. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kunci pengaman tambahan, karena hal ini akan mempersulit oknum yang akan bertindak jahil pada koper bawaan Anda itu.

Jangan menunggu untuk melaporkan kehilangan Anda

Kadangkala koper bisa hilang sebab salah pengiriman dari maskapai, atau mungkin terbawa penumpang lain yang memiliki bawaan dengan model serupa. Jika hal ini terjadi, sesegera mungkin melaporkan kehilangan Anda ini pada pihak maskapai penerbangan. Jika koper Anda selip, terlambat dikirimkan atau salah dalam pengiriman, pihak maskapai bisa membantu untuk melacak keberadaan barang bawan Anda ini. Untuk mempermudah urusan ini, sebelum berangkat Anda bisa memfoto koper dan semua barang bawan. Ini akan mempermudah pihak maskapai, untuk menemukan barang bawaan Anda kembali. Selain itu untuk mencegah koper Anda terbawa oleh penumpang lain, berilah ciri khusus untuk bawaan Anda tersebut. Misalanya dengan mengikatkan tali berwarna merah atau aksesoris unik, yang akan membedakan koper Anda dengan milik penumpang lainnya.

Cek klaim kehilangan di bagian belakang tiket Anda

Maskapai tentu akan bertanggung jawab, jika koper atau bawaan Anda hilang saat penerbangan bersama mereka. Klaim dan peraturan ini biasanya ada di bagian belakang tiket pesawat Anda. Di sana pihak maskapai biasanya akan menyebutkan minimal ganti rugi, atas kerusakan atau kehilangan barang bawaan Anda. Karena itulah jika dirasa barang yang Anda miliki ini penting, maka jangan sekali-kali Anda masukkan ke dalam koper yang rawan hilang. Barang elektronik, dokumen penting atau gadget dan juga perhiasaan, sebaiknya dimasukkan ke dalam tas yang mudah dibawa oleh Anda. Cukup hanya baju saja atau barang-barang yang tidak terlalu berharga yang dimasukkan kedalam koper Anda, karena jika hilang kerugian yang dirasa pun tidak akan seberapa.

Buat surat laporan kehilangan

Jangan meninggalkan bandara sebelum Anda membuat surat kehilangan koper atau barang bawaan yang lain. Anda bisa mendatangi pihak bandara untuk melaporkan kehilangan koper ini, lalu mintalah surat keterangan bahwa barang bawaan Anda itu memang tak terkirim atau hilang. Surat laporan ini akan bermanfaat bagi Anda untuk melakukan klaim kembali saat barang atau koper telah ditemukan.

“Saya beberapa kali ganti pesawat. Saya tak tahu di maskapai mana koper saya hilang”

Sumber: javadude.wordpress.com

Hal ini biasanya terjadi pada Anda yang melakukan beberapa kali penerbangan transit, sehingga Anda tidak tahu pastinya di maskapai manakah koper Anda lenyap. Jika hal ini terjadi maka hubungilah maskapai penerbangan terkahir yang Anda gunakan. Pihak maskapai tetap akan bertanggung jawab atas kehilangan koper ini, meskipun Anda tak tahu pasti dimana barang bawaan tersebut dipastikan raib.

Bersabarlah

Ya hal terakhir yang bisa Anda lakukan saat barang bawan atau koper hilang, adalah dengan bersabar. Meskipun Anda sudah melaporkan kehilangan ini dan memberikan informasi sejelas-jelasnya, namun menemukan koper yang selip atau hilang saat penerbangan bukanlah hal yang mudah. Dalam sehari, maskapai bisa menerima puluhan hingga ratusan laporan barang hilang dari penumpang. Karena itulah tak ada hal yang bisa Anda lakukan selain bersabar dan juga menunggu. Biasanya koper yang selip atau hilang akan ditemukan dalam tempo waktu 1 hingga 2 pekan. Namun ada juga yang setelah berbulan-bulan, koper tersebut tak juga kembali dan juga tak jelas di mana rimbanya. Jika ini sudah terjadi, Anda bisa kembali melakukan komplain pada pihak maskapi dan menanyakan bagaiman nasib koper-koper yang hilang itu.

Lakukan hal sederhana ini untuk mencegah koper Anda hilang

Pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati,  berlaku juga bagi Anda yang tak ingin kehilangan koper saat travelling. Jika koper sudah hilang, mengurusnya memang ribet dengan birokrasi yang bertele-tele pula. Ya mungkin saja barang bawaan atau koper Anda tesebut telah dijamin oleh asuransi, tapi bukanlah lebih nyaman jika koper tersebut tidak sampai hilang sehingga traveling Anda akan semakin menyenangkan?

Karena itulah ada baiknya sebelum terbang, Anda mempersiapkan segala hal termasuk barang bawaan dan koper yang akan Anda bawa nantinya. Untuk mencegah koper-koper Anda hilang atau dikerjai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, beberapa tips berikut ini akan sangat bermanfaat untuk dicoba.

Foto dulu semua barang bawaan Anda

Telah disinggung sedikit diatas, Anda bisa memfoto dahulu koper atau barang bawaan Anda selama traveling ini. Memiliki foto koper atau barang bawaan lain, memudahkan Anda untuk menjelaskan koper mana yang hilang dari bawaan Anda. Anda juga bisa menunjukkan foto tersebut pada petugas, agar mereka bisa dengan segera menemukan koper Anda yang mungkin selip diantara ratusan barang bawaan penumpang lainnya itu.

Masukan kartu nama dalam koper Anda

Sebagian traveller akan memberikan tanda yang unik untuk barang bawaan mereka. Biasanya tanda ini diletakan di luar koper yang dibawa selama traveling ini. Cara ini memang efektif untuk membedakan koper Anda dengan penumpang lainya. Namun cara ini juga meiliki sedikit kelemahan. Tanda yang diletakan di luar koper bisa saja hilang atau terlepas. Sebagai akibatnya, koper Anda mungkin saja terbawa oleh penumpang lain yang memiliki bawaan serupa. Karena itulah masukkan kartu nama Anda dalam koper tersebut. Jadi orang yang membuka atau menemukanya, bisa menghubungi Anda untuk mengembalikan koper tersebut.

Bersihkan koper dari tanda penerbangan sebelumnya

Bagi Anda yang kerap traveling dengan menggunakan pesawat, sebaiknya bersihkan dahulu koper atau barang bawaan lain dari tanda penerbangan sebelumnya. Sebagaimana diketahui, barang bawaan akan diberi tanda khusus dari maskapai penerbangan yang Anda pilih. Karena itu jangan biarkan tanda yang telah tidak terpakai ini melekat di koper milik Anda. Jika dibiarkan, tanda-tanda atau cap ini akan menimbulkan kebinguan petugas atau scanner di bandara. Karena itulah sebelum traveling, maka pastikan koper Anda telah bersih dari tanda penerbangan yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Gunakan alat pelacak koper

Jika memungkinkan, beli dan gunakanlah alat pelacak koper untuk mendeteksi di mana keberadaan koper milik Anda yang raib ini. Beberapa online shop di Indonesia menyediakan alat pendeteksi koper dengan bentuk yang mungil, dan dengan mudah bisa diselipkan di bagian mana saja di koper atau bawaan Anda lainnya. Bobot alat pelacak ini juga tak seberapa, sehingga Anda tak perlu khawatir akan menambah biaya cargo pada barang bawaan saat travelling. Yang pasti, alat ini cukup bermanfaat setidaknya untuk mendeteksi dimana tepatnya koper Anda berada saaat ini.  Alat ini akan berhubungn dengan smartphone, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan cek dimana keberadaan koper Anda. Memasukkan alat ini ke dalam koper atau bawaan lain, akan membantu untuk melacak dan mengetahui dimana lokasi koper Anda sesungguhnya.

Perhatikan reputasi maskapai penerbangan yang Anda pilih

Sumber: time.com

Sudah menjadi rahasia umum jika kadangkala, raibnya bawaan penumpang adalah ulah oknum tak bertanggung jawab di sebuah maskapai peenrbangan. Banyak laporan yang menyebutkan bahwa barang bawaan penumpang rusak atau hilang, yang diakibatkan oleh tangan-tangan jahil petugas yang tak betanggung jawab. Karena itu pilihlah maskapai penerbangan yang bagus serta bereputasi baik, dengan tingkat laporan kehilang koper paling rendah. Informasi mengenai kepuasan konsumen tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di internet. Cari pula informasi bagaimana maskapai akan bertanggung jawab terhadap barang bawaan Anda yang hilang ini. Apakah mereka akan memberikan kompensasi sepenuhnya, atau hanya sebagian saja. Hal ini penting supaya resiko kehilangan barang bawaan Anda bisa diminamilisir sekecil mungkin.

Pisahkan barang bawaan Anda

Mungkin akan terkesan ribet, tapi tak ada salahnya untuk memisahkan barang-barang bawaan Anda sebelum melakukan traveling. Pertama tentu saja barang berharga seperti gadget dan dokumen, harus dimasukkan dalam tas yang tak pernah lepas dari tubuh Anda. Kita tentu bisa hidup sehari dua hari tanpa baju dari koper yang hilang atau kesasar. Tapi tidak jika gadget atau surat berharga kita yang hilang. Karena itulah jangan sekali-kali memasukkan barang berharga dalam koper selama perjalanan. Yang kedua, Anda bisa membagi-bagi baju atau barang bawaan dalam beberapa koper kecil. Jadi seandainya salah satu koper Anda hilang, maka setidaknya Anda masih punya cadangan pakaian lain yang bisa digunakan untuk sementara.

628

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here