Sumber: Gunawanmoch

Banyak orang yang memiliki kampung halaman di Tasikmalaya. Kota yang satu ini juga menjadi ramai ketika masa-masa lebaran. Bagi kamu yang akan berkunjung ke Tasikmalaya pada saat libur lebaran nanti, rasanya akan membosankan jika harus diam di dalam rumah saja. Bagaimana jika pergi ke sejumlah tempat wisata?

Di Tasikmalaya ada banyak tempat wisata alam yang masih tersembunyi alias tidak diketahui oleh banyak orang, mungkin saja kamu salah satu dari mereka. Supaya kamu bisa menyusun agenda liburan nanti, yuk simak daftar tempat wisata tersembunyi di Tasikmalaya berikut ini!

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik adalah sebuah ruang terbuka publik sekaligus tempat wisata keluarga dengan pemandangan alam yang asri. Ada beragam fasilitas yang bisa kamu jumpai di sini. Di antaranya adalah taman, rumah hobbit, rumah pohon, jembatan tali, hingga lorong bambu.

Tempat wisata yang memiliki luas sekitar 32 hektar ini juga memiliki area khusus untuk memajang produk lokal Tasikmalaya. Setiap sudut tempat wisata ini pun cocok untuk dijadikan latar belakang foto selfie atau foto bersama keluarga.

Tonjong Canyon Cipajutah

Sumber: Boleh Tanya

Apakah kamu tipe orang yang tidak puas menikmati alam dengan bersantai saja? Jika iya, maka kamu perlu melakukan olahraga alam trekking di Tonjong Canyon Cipajutah. Di sepanjang tepi sungai Tonjong, kamu akan disuguhkan tebing batu berwarna kecokelatan.

Tebing batu ini tidak rata, melainkan cukup berlekuk. Sangat unik dan cantik, hingga orang sering menyamakannya dengan Green Canyon. Setelah puas trekking, cobalah terjun dari atas tebing ke dalam air sungai yang bersih. Tempat ini cukup aman untuk melakukan cliff diving karena arus sungainya tenang.

Danau Lemona

Daerah Tasikmalaya tidak memiliki danau alami, namun bukan berarti kamu tidak bisa menemukan wisata air karena mereka telah membuat danau buatan yaitu Danau Lemona. Danau buatan ini tidak memiliki pemandangan alam di sekitarnya, melainkan sejumlah saung-saung dari kayu.

Saung-saung ini adalah ruangan untuk para pengunjung menikmati hidangan. Untuk tiba di saung-saung ini, para pengunjung harus menyeberangi danau menggunakan jembatan gantung. Cukup menegangkan, namun seru juga untuk foto. Jika tidak mau melewati jembatan gantung, kamu bisa menggunakan kapal kayu untuk menyeberang.

Jembatan Akar Santoaan

Tempat wisata alam berikutnya yang tersembunyi adalah tempat yang cocok untuk para petualang dan penggemar fotografi. Jembatan Akar Santoaan Cigalontang ini dijamin akan membuatmu terkagum-kagum.

Tidak seperti jembatan akar yang ada di Padang atau Baduy, jembatan gantung di sini terbuat dari akar dua pohon yang tumbuh kemudian terpisah oleh aliran sungai Santoaan. Lokasinya tepatnya ada di Gunung Galunggung.

Untuk tiba di jembatan yang keren ini, kamu perlu melakukan trekking terlebih dahulu di jalur sepanjang 1 kilometer. Di sepanjang jalur trekking, kamu akan merasakan udara yang sejuk, hamparan sawah, hingga pemandangan bukit dari kejauhan.

Jembatan Akar Santoaan ini melintas di atas sungai Santoaan yang tidak terlalu dalam, namun arusnya cukup deras. Pastikan kamu selalu berhati-hati ketika berada di sini ya. Untuk mempermudah para pengunjung melintasi jembatan, warga setempat meletakkan batang bambu di atas jembatan akar tersebut.

Bukit Kacapi

Berkunjung ke Bukit Kacapi berarti kamu bisa bersantai di kolam renang sambil menikmati pemandangan alam. Kolam renangnya berukuran tidak terlalu besar, namun sudah cukup memadai untuk kamu berenang atau mengapung di atas pelampung. Kolam renangnya sendiri berada di tepi bukit.

Dengan demikian ketika beranjak ke tepi kolam, kamu akan mendapatkan pemandangan alam berupa bukit teh yang asri dari ketinggian. Jika tidak mau basah-basahan, kamu juga bisa bersantai di atas jarring hammock atau duduk manis di gazebo.

Karaha Bodas

Sumber: Blog Rifki

Karaha Bodas adalah sebuah kawah yang terbentuk di sebuah gunung api muda. Kawah ini menciptakan fenomena fumarole dan solfator yang mengasilkan panas bumi. Oleh karena itu, ketika berada di sini kamu akan mencium bau sulfur dan belerang.

Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan pemandangan kawah yang serba putih. Di sekelilingnya terdapat sjeumlah pohon pinus yang menciptakan keasrian dan kesejukan. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah berfoto dan menyusuri kawah untuk menemukan sumber mata air panas alami.

Karena masih tergolong tersembunyi, tempat wisata alam yang satu ini tidak memiliki fasilitas memadai. Pastikan kamu membawa bekal sendiri agar tidak kelaparan di sana ya.

Baca Juga: Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Sekitar Surabaya, Kamu Pernah Dengar Tidak? – Part 1

Curug Dengdeng

Sama seperti kebanyakan daerah di Pulau Jawa, Tasikmalaya pun memiliki curug yang indah. Salah satunya adalah Curug Dengdeng yang bagian tebingnya berundak sehingga air terjunnya berlekuk dan sangat cantik.

Alira air terjunnya cukup deras, namun masih tergolong aman untuk kamu yang mau bermain di bawahnya. Rasanya pasti akan sangat sejuk.

Jangan beranjak dulu karena kami masih akan memberikan daftarnya di part 2. Nantikan, ya!

1183

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here