Sumber: YouTube

Kalau jalan-jalan ke Semarang pasti kamu akan membayangkan Lawang Sewu, Simpang Lima, dan kuliner. Yap, selain terkenal dengan sejumlah tempat wisata alam dan bersejarah, Semarang juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Sayang sekali rasanya jika kamu sudah sampai di Semarang tapi tidak mencicipi aneka kuliner khas Semarang yang nikmat. Tidak perlu jauh-jauh, kamu hanya perlu berkeliling di kawasan Simpang Lima dan sekitarnya. Untuk memandumu, kami akan berikan daftar kuliner nikmat nan murah meriah di sana. Silahkan dicatat!

Tahu Petis Prasojo

Sumber: Tribun Jateng

Kalau orang bilang tahu petis, maka kamu akan membayangkan tahu goreng yang dicocol ke dalam sambal petis. Berbeda dengan tahu petis pada umumnya, Tahu Petis Prasojo ini menyajikan tahu goreng yang disisipkan sambal petis di bagian tengahnya. Kamu tidak perlu lagi mencocolkan tahu ke sambal petis. Langsung makan saja, kemudian tahu dan sambal petis akan melumer di mulutmu. Harganya hanya 1.500 rupiah per buah. Warungnya buka mulai dari pukul 15:00 hingga 01:00 WIB.

Seafood Pak Jari

Siapa bilang makan hidangan laut membutuhkan uang banyak? Mungkin kamu belum pernah makan hidangan laut di Seafood Pak Jari. Harganya sangat terjangkau, bahan makanannya pun segar dan nikmat. Harganya berkisar antara 25 ribu hingga 50 ribu rupiah saja. Serunya lagi, kamu bisa makan tengah malam atau subuh karena warung Seafood Pak Jari ini buka dari pukul 17:00 hingga 05:00 WIB.

Nasi Goreng Babat & Babat Gongso Pak Taman

Menu nasi goreng bukanlah hal yang asing di seluruh penjuru Indonesia. Namun ketika berada di Semarang, pastikan kamu menjajal nikmatnya nasi goreng babat di warung milik Pak Taman. Tekstur babatnya begitu kenyal, empuk, dan aroma rempahnya begitu terasa. Seporsi nasi goreng babat di sini dihargai 20 ribu rupiah. Warung milik Pak Taman ini buka sejak pukul 7:00 hingga 16:00 WIB.

Nasi Gandul Pak Subur

Nasi gandul adalah nasi dengan lauk yang disiram dengan kuah santan, kecap, dan aneka rempah. Lauk yang digunakan biasanya adalah daging sapi dan jeroan. Rasanya sangat menggoyang lidah! Harga seporsinya hanya 15 ribu rupiah saja. Warung Nasi Gandul Pak Subur ini buka pada pukul 16:30 hingga 23:00 WIB.

Nasi Kucing Pak Gik

Tidak hanya Jogja yang terkenal dengan nasi kucingnya, Semarang juga terkenal dengan Nasi Kucing Pak Gik. Nasi dalam ukuran mungil ini ditemani aneka lauk pilihan seperti gorengan, sate, dan bakso. Warung Nasi Kucing Pak Gik ini cocok untuk jadi lokasi kumpul-kumpul dengan sahabat. Harga nasi kucingnya berkisar antara 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Warung nasi kucing ini buka dari pukul 23:00 hingga 03:00 WIB.

Ayam Goreng Kampung Kali

Sumber: Foody

Sekilas tidak ada yang membedakan Ayam Goreng Kampung Kali dengan ayam goreng lainnya. Namun, rasa taburan kremes dan bumbu yang meresap ke dalam daging ayamnya sangat nikmat dan tiada dua. Harganya pun murah, dimulai dari 13 ribu rupiah. Rumah makan Ayam Goreng Kampung Kali ini buka pada pukul 10:00 hingga 22:00 WIB.

Bakmi Jowo Pak Gundul

Bagi para pecinta mie, kamu tidak diperbolehkan untuk melewatkan menu yang satu ini. Bakmi Jowo Pak Gundul ini memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Rasa pedas manis bercampur dengan sempurna. Mienya berukuran tebal namun tetap kenyal. Harga per porsinya dimulai dari 10 ribu rupiah. Warung Bakmi Jowo Pak Gundul ini buka pada pukul 17:00 hingga 23:00 WIB.

Baca Juga: Tips Traveling ke Karimun Jawa yang Murah Namun Tetap Menyenangkan

Tahu Pong Gadjah Mada

Para pecinta gorengan, khususnya tahu, kuliner yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Ada banyak varian tahu yang dijual di sini mulai dari tahu pong, tahu gimbal, emplek, hingga telor. Rasa sambal petis yang ditawarkan di sini sangat terasa dan nikmat. Jika tidak suka petis, di sini tersedia juga sambal ijo yang tidak kalah pedas. Harganya berkisar pada 16 ribu hingga 25 ribu rupiah. Warung Tahu Pong Gadjah Mada ini buka pada pukul 10:00 hingga 21:00 WIB.

Nasi Pindang Pak Ndut

Kalau bicara tentang daerah asal nasi pindang, jawabannya adalah Kudus. Namun, di Semarang ada rumah makan nasi pindang yang terkenal nikmat. Nasi Pindang Pak Ndut ini sudah ada sejak tahun 1959. Kuah pindangnya begitu nikmat berkat bumbu kluwak, potongan daging sapi, dan daun melinjo. Harganya sekitar 11 ribu hingga 25 ribu rupiah saja. Rumah makan Nasi Pindang Pak Ndut buka pada pukul 07:00 hingga 22:00 WIB.

Demikian sudah lengkap 18 kuliner khas Semarang yang rasanya nikmat dan harganya murah meriah. Makan banyak pun rasanya tidak akan membuat kantong kering!

227

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here