Sumber: Youtube

Banyak orang yang memiliki kampung halaman di Tasikmalaya. Kota yang satu ini juga menjadi ramai ketika masa-masa lebaran. Bagi kamu yang akan berkunjung ke Tasikmalaya pada saat libur lebaran nanti, rasanya akan membosankan jika harus diam di dalam rumah saja. Bagaimana jika pergi ke sejumlah tempat wisata?

Di Tasikmalaya ada banyak tempat wisata alam yang masih tersembunyi alias tidak diketahui oleh banyak orang, mungkin saja kamu salah satu dari mereka. Supaya kamu bisa menyusun agenda liburan nanti, yuk simak daftar tempat wisata tersembunyi di Tasikmalaya berikut ini!

Curug Agung Galunggung

Air terjun cantik lainnya yang wajib kamu kunjungi selagi berada di Tasikmalaya adalah Curug Agung Galunggung. Jika air terjun lainnya biasanya dikunjungi pada pagi hari supaya bisa merasakan kesejukan dan keindahannya, air terjun yang satu ini justru lebih memukau jika dikunjungi pada malam hari.

Mengapa pada malam hari? Karena pada malam hari, air terjun ini akan berubah warna-warni seperti merah, biru, dan hijau. Perubahan warna ini bukan disebabkan oleh fenomena alam, melainkan permainan lampu yang menyorot air terjun.

Curug Agung Galunggung yang ketinggiannya mencapai 80 meter menjadi semakin menakjubkan. Alasan lainnya mengapa kamu harus ke sini pada malam hari adalah karena pada saat pagi hari pun kamu tidak akan bisa bermain ke kolam air terjun, hampir tidak ada akses jalan menuju bagian bawah air terjun. Jadi, datanglah pada malam hari untuk menikmati keindahannya.

Curug Sawer

Sumber: Gunawanmoch

Curug Sawer ini sering disebut juga sebagai tirai air karena memang begitulah tampilannya. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 50 meter ini aliran airnya tidak deras dan terbagi dalam bagian kecil-kecil sehingga terlihat seperti tirai. Kondisi alam di sekitarnya masih sangat alami, sangat cocok untuk kamu yang ingin rileksasi atau mengambil foto landscape.

Pantai Karang Tawulan

Tidak ada banyak orang yang mengetahui keberadaan Pantai Karang Tawulan sehingga keindahan alamnya masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Pantai ini tidak memiliki area berpasir, melainkan hanya tumpukan batu karang berukuran besar. Saat ombak menerjang batu karang tersebut, suaranya akan membuat kamu merasa damai.

Jika kamu terlalu takut untuk berdiri di atas batu karang yang ada di tepi pantai, kamu bisa menikmatinya dari sisi tebing yang lebih aman dengan pagar kayu di sekelilingnya. Untuk pemandangan yang cantik, datanglah pada sore hari di mana langit berubah kemerahan dan kawanan burung camar akan terbang kembali ke sarangnya.

Pantai Sindangkerta

Keindahan Pantai Sindangkerta ini akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Di pantai ini terdapat Taman Laut Lengsar yang dihuni oleh sejumlah ikan hias, kepiting, siput, kerang, dan terumbu karang. Taman Laut Lengsar ini bisa kamu nikmati ketika air laut sedang mengalami surut.

Pemandangannya begitu indah, langit biru dengan gumpalan awan putih, ombaknya pun cukup besar. Meski ombaknya cukup besar, pantai ini masih tergolong aman jika digunakan untuk berenang.

Wisata Gunung Galunggung

Bicara tempat wisata alam rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan gunung. Di Tasikmalaya, kamu bisa melakukan wisata di Gunung Galunggung. Udaranya sangat sejuk dan bebas polusi. Pemandangannya tidak perlu diragukan lagi karena sudah jelas sangat asri dan indah.

Untuk kamu yang ingin berfoto atau ingin menikmati pemandangan dengan lebih jelas, mampirlah ke gardu pandang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dari gardu pandang ini, kau bisa melihat pemandangan kota di kejauhan. Pada malam hari pemandangannya pun akan semakin semarak berkat cahaya bulan, bintang, dan lampu di perkotaan.

Baca Juga: Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Sekitar Surabaya, Kamu Pernah Dengar Tidak? – Part 2

Desa Wisata Taraju

Saat berkunjung ke Desa Wisata Taraju, kamu akan berbaur dengan penduduk setempat. Kamu bisa menyaksikan mereka sedang bekerja di sawah atau kebun teh yang begitu hijau. Mau berfoto atau menyeruput secangkir teh yang dibuat dari daun teh segar.

Puas bermain di tengah kebun teh, pergilah menuju gardu pandang yang ada di Hutan Pinus Kacapiring. Dari sana akan tampak pemandangan Gunung Langit dan kota dari kejauhan.

Kampung Naga

Sumber: Pinterest

Setelah bermain di desa wisata, saatnya kamu beralih ke kampung adat Kampung Naga. Rumah-rumah penduduk lokal dibuat menyerupai rumah panggung yang dibuat dari kayu dan berjejer dengan rapi. Penduduk lokal di Kampung Naga ini juga masih menjunjung tinggi adat dan budaya. Sangat menarik jika kamu bisa belajar adat dan budaya baru.

Selain mempelajari adat dan budaya, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam berupa lembah dan ladang. Penduduk lokal juga banyak membuat aneka kerajinan tangan yang bisa kamu beli sebagai buah tangan.

Selamat berlibur di tempat wisata tersembunyi di Tasikmalaya!

711

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here