Jakarta, Tamasya – Nepal selama ini dikenal sebagai negara miskin dan biaya hidupnya sangat murah dibandingkan dengan negara lain. Jumlah penduduknya pun hanya 26 juta jiwa dan luas negaranya hanya memakan tempat 0,1% dari wilayah di bumi. Meski demikian, Nepal merupakan sebuah negara kaya wisata alam yang mengagumkan. Negara dengan 5 musim ini bisa dibilang cocok untuk para pecinta alam yang senang backpacking dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari penduduk setempat.

Jika kamu adalah salah satu dari mereka, jangan lewatkan 8 tempat wisata di Nepal saat berkunjung ke sana.

  1. Danau Tilicho

Sumber: Nordic

Danau Tilicho adalah salah satu pesona alam yang populer di kalangan pecinta alam. Danau Tilicho ini adalah danau paling tinggi di dunia dengan ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Distrik Manang, sekitar Annapurna Himalaya. Saat mendaki puncak Everest, danau ini cocok dijadikan tempat beristirahat sementara sebelum kembali melanjutkan pendakian. Selain tempatnya yang indah, danau ini juga dikenal sebagai area scuba diving yang mempesona. Tidak heran ada banyak wisatawan pecinta scuba diving yang berkumpul di sini.

  1. Danau Phewa

Selain Danau Tilicho, ada juga Danau Phewa yang berada di kota Pokhara yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Danau Phewa ini cocok untuk dijadikan destinasi liburan bagi wisatawan yang membutuhkan ketenangan batin. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat asri. Waktu terbaik untuk mengunjungi danau ini adalah pada sorea atau pagi hari. Saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat bayangan Gunung Machapuchre, Dhaulagiri, dan Annapurna.

Daya tarik dari danau ini adalah area Baidam. Area Baidam ini ada di tepi danau dan dipenuhi dengan toko souvenir, toko buku, penginapan, dan sejumlah rumah makan. Cocok dikunjungi setelah puas menikmati pemandangan Danau Phewa. Di sekitar danau ini juga ada sebuah kuil bernama Tal Barahi Temple yang merupakan sebuah bangunan religi di Pokhara. Kuil ini dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu.

  1. Boudhanath

Boudhanath adalah sebuah stupa terbesar di Nepal dan Asia. Stupa yang berada di Kathmandu ini diakui sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1979. Saat berada di sini, para wisatawan bisa merasakan suasana religi yang kental karena ada banyak biksu dari Tibet yang berkeliling sambil mengucapkan doa. Di area ini juga terdapat sejumlah rumah makan yang menyajikan teh masala.

  1. Pashupatinath

Pashupatinath adalah sebuah kuil dengan dua atap. Di dalam kuil ini ada sebuah jalan mengarah ke sebuah tempat suci di mana wisatawan dapat melihat Shivalinga dari jarak dekat. Di beberapa bagian kuil ada sebuah simbol yang dibuat menggunakan tinta emas. Dekorasinya sangat artistik, terutama pada setiap pintu kuil di mana terdapat gambar dewa yang dibuat menggunakan tinta emas juga seperti Ashtha Bhairava, Apsaras, dan masih banyak lagi. Fungsi utama kuil ini adalah sebagai tempat kremasi jenazah pemeluk agama Hindu. Kuil ini merupakan kuil tersuci yang ada di Nepal.

  1. Garden of Dreams

Sumber: Retreat Serviced

Garden of Dreams adalah bagian dari Istana Kaiser Mahal yang dibangun pada tahun 1895. Pada awal pembangunannya, taman ini tidak seindah saat ini. Saat ini taman menjadi menarik dan indah berkat campur tangan keturunan Kaiser Mahal yang menambahkan sebuah pavilion dan air mancur di bagian tengahnya. Taman ini menjadi spot untuk bersantai para wisatawan atau pun penduduk setempat. Pada sore hari, suasana ini cocok untuk kamu membaca buku atau beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Pada waktu tertentu kamu bisa menemukan kumpulan burung merpati yang sedang mencari makan di darat.

  1. Taman Nasional Chitwan

Taman Nasional Chitwan pertama di Nepal ini dibangun pada tahun 1973. Luasnya mencapai 932 kilometer persegi. Taman nasional yang diakui UNESCO pada tahun 1984 sebagai salah satu situs warisan dunia ini bisa dijangkau menggunakan bus dari Pokhara atau Kathmandu selama 4 hingga 6 jam.

Taman Nasional Chitwan ini adalah rumah bagi sejumlah binatang langka dan liar seperti badak bercula satu, harimau Bengal, macan tutul, anjing hutan, beruang, ular piton, berbagai burung, dan aneka spesies ikan.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan selagi berada di taman nasional ini adalah trekking, jeep tour, bermain kano, dan masih banyak lagi.

  1. Swayambhunath

Bagi para pecinta arsitektur kuno, Swayambhunath ini wajib dikunjungi. Kuil dengan arsitektur kuno ini terkenal dengan sejumlah stupa yang menghiasinya serta sekelompok kera liar yang bebas berkeliaran di sekitar kuil. Untuk tiba di kuil ini, kamu harus menaiki ratusan anak tangga yang dihiasi dengan tulisan doa. Saat berada di atas kuil ini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Kathmandu yang indah.

844

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here