Jakarta, Tamasya – Bagi para pecinta film, tentu sudah tidak asing lagi dengan kastil-kastil yang berdiri dengan megah dan indah. Biasanya kastil-kastil ini menjadi latar belakang pengambilan gambar film kolosal, dongeng, serta animasi untuk anak-anak. Perlu kamu ketahui kalau kastil-kastil ini bukan merupakan efek gambar semata, tapi memang benar-benar ada di dunia nyata.

Pada zaman dahulu, kastil digunakan untuk tempat tinggal sekaligus benteng bagi raja dan keluarganya atau para keluarga bangsawan. Sisa-sisa kemegahan dan keindahan kastil ini masih bisa dinikmati sampai sekarang oleh para wisatawan.

Tidak percaya? Coba pergi kunjungi 10 kastil terindah di dunia ini dan buktikan sendiri keindahannya! Dijamin kamu akan merasa jadi bagian dari dongeng klasik.

  1. Istana Potala, Tibet

Istana Potala dibangun di Gunung Potala, Tibet. Istana yang dibangun pada tahun 1645, tepatnya pada masa pemerintahan Dalai Lama ini, digunakan sebagai tempat tinggal dan pertahanan Dalai Lama. Bagian dasar bangunan kastil ini dibuat setebal 5 meter dengan campuran material batu dan tembaga. Tujuannya agar kastil ini bisa berdiri kokoh dan tidak mengalami kerusakan berarti meski dihantam gempa bumi. Saat ini Istana Potala tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal, tapi dijadikan museum oleh pihak pemerintah.

  1. Mont Saint Michel, Perancis

Sumber: Weekendesk

Mont Saint Michel adalah sebuah pulau pasang berbatu di tengah laut yang ada di Normandi, sebuah kawasan yang berjarak satu kilometer dari pesisir utara Perancis dekat Avranches. Mont Saint Michel disebut pulau pasang karena ketika air di sekelilingnya surut, akan muncul sebuah daratan yang bisa kamu gunakan untuk berjalan ke arah kastil yang ada di tengah pulau tersebut. Berkunjung ke pulau dan kastil ini tentu akan membuatmu seakan-akan sedang berada di negeri dongeng yang ajaib. Tidak heran kalau tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

  1. Kastil Lueghi, Slovenia

Kastil Lueghi di Slovenia ini sering juga disebut sebagai Istana Predjama. Pembangunan kastil ini pertama kali dilakukan pada abad ke-13, kemudian berlanjut secara bertahap. Keunikan dari kastil ini adalah lokasinya yang tidak biasa. Kastil ini dibangun di atas sebuah tebing dengan ketinggian 123 meter dan berada di mulut goa. Lokasi ini dipilih supaya para musuh kesulitan untuk menyerang dan menyusup. Sungguh strategi yang luar biasa bagi sebuah benteng pertahanan zaman dulu.

Karena lokasinya yang unik ini, para wisatawan akan mendapatkan sedikit kesulitan saat ingin mengunjunginya. Meski demikian, keindahan kastil ini tiada duanya dan kamu tidak akan menyesal telah mengunjunginya.

  1. Kastil Neuschwanstein, Jerman

Kastil yang satu ini mungkin sudah agak familiar karena fotonya sering digunakan dan muncul di beberapa media Jerman. Kastil Neuschwanstein ini dibangun di puncak sebuah pegunungan di Jerman atas perintah Raja Bravia, Ludwig II. Raja Ludwig II ini adalah seorang raja yang sangat populer bagi masyarakat Jerman pada zaman dulu.

Kini kastil tersebut sudah dialih fungsikan menjadi sebuah tempat wisata yang dibuka untuk umum sejak tahun 1886. Setiap harinya ada sekitar 1,3 juta wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati kemegahan dan keindahannya secara langsung.

  1. Istana Matsumoto, Jepang

Istana atau kastil juga bisa ditemui di Asia, tepatnya Jepang. Istana Matsumoto ini merupakan salah satu kastil yang digunakan sebagai benteng pertahanan saat terjadi perang. Istana Matsumoto yang berada di kota Matsumoto ini menjadi bangunan bersejarah sekaligus harta karun nasional Jepang. Bangunan kastil ini memiliki 3 buah menara. Jika ingin mengunjungi kastil yang dibangun pada tahun 1592 ini, kamu bisa menggunakan transportasi kereta api dari Tokyo.

  1. Kastil Corvin, Romania

Kastil Corvin di Romania merupakan sebuah kastil terbesar yang ada di Eropa. Suasananya memang sedikit mencekam karena sebuah cerita yang beredar di masyarakat setempat. Konon kastil ini adalah tempat tinggal Vlad III dari Wallachia yang ditahan selama 7 tahun. Masyarakat setempat percaya bahwa dia adalah drakula. Meski demikian, kemegahan dan keindahan kastil bergaya gothic ini tampaknya tidak surut karena cerita tersebut. Atapnya dibuat sangat tinggi dan jendelanya dihiasi dengan ukiran batu yang menawan.

  1. Kastil Malbork, Polandia

Sumber: Estonian Experience

Kastil Malbork yang berada di tepian tenggara Sungai Nogat, Polandia ini merupakan sebuah benteng bata terbesar di dunia. Luasnya diperkirakan mencapai 4 kali luas Istana Windsor di Inggris atau sekitar 52 are. Kastil yang terbagi menjadi 3 area ini sempat mengalami kerusakan akibat kebakaran yang terjadi pada tahun 1959 kemudian diperbaiki pada tahun 1962. Kastil Malbork ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai situ warisan dunia.

Itulah 7 kastil terindah di dunia. Sudah siap untuk memasuki dunia dongeng?

327

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here