Sumber: roomkeyspms.com

Akomodasi merupakan bagian penting saat traveling. Meliputi hotel dan sebagainya, akomodasi menjadi hal yang patut mendapat perhatian ekstra bagi Anda yang melakukan traveling ke tempat jauh dan harus menginap dalam jangka waktu tertentu. Hotel atau penginapan memang jadi akomodasi penting bagi traveler yang berpergian ke tempat yang jauh, sebagai tempat untuk berteduh dan melepas lelah. Mencari hotel pun cukup mudah karena kini bahkan di kota kecil sekalipun, ada hotel atau penginapan yang bisa jadi tempat para traveler ini untuk menginap. Ada yang harganya mahal dengan suites mewah dengan tarif yang mencengangkan mencapai puluhan juta per malam, namun ada juga penginapan murah dan terjangkau yang tarifnya tak akan menguras kantong Anda. Meskipun begitu, ternyata banyak orang yang mengaku kesulitan menemukan akomodasi atau hotel yang murah saat sedang traveling ini.

Ini karena sebagian berpikir bahwa hotel atau penginapan yang murah itu pasti pelayanannya buruk, tempatnya tidak nyaman atau fasilitasnya kurang lengkap. Sebenarnya dengan harga murah yang mereka tawarkan, ada baiknya traveler tak mengharapkan banyak dari penginapan atau hotel yang mereka tuju. Meskipun begitu di berbagai belahan dunia ini maish ada kok hotel atau penginapan yang bagus dan berkualitas, namun tarif yang mereka tawarkan sangat lumayan.

Apalagi jika Anda tahu bagaiman cara mendapatkan akomodasi atau hotel murah ini dengan harga yang sangat terjangkau. Banyak travel blogger berpengalaman yang telah menemukan trik dan tips untuk mendapatkan akomodasi yang baik dan memadai dengan harga yang tak terlalu memberatkan Anda. Berbekal pengalaman mereka sendiri, para traveler ini membagikan cara untuk mendapatkan akomodasi yang bagus namun cukup terjangkau ketika mereka sedang traveling, seperti:

Manfaatkan website pembanding tarif hotel

Sumber: ttrweekly.com

Dewasa ini apa-apa bisa dilakukan secara online, termasuk di antaranya pemesanan hotel dari seluruh penjuru dunia ini. Jadi Anda tak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang, hanya untuk reservasi hotel yang akan didatangi saat akhir tahun nanti. Anda bisa melakukan pemesanan hotel melalui website, atau aplikasi yang sedang trend belakangan ini. Namun jangan buru-buru untuk melakukan booking hotel, dari satu situs saja.

Untuk mendapatkan harga terbaik ketika sedang memesan hotel, maka lakukan perbandingan harga di beberapa website pembanding tarif hotel atau hotel comparison sites yang banyak terdapat di internet, atau berupa aplikasis eperti Trivago misalnya. Menggunakan hotel comparison sites memiliki banyak manfaat bagi Anda untuk membandingkan tarif beberapa hotel di destinasi tujuan Anda. Ini karena tidak semua situs menunjukkan harga yang serupa dari sebuah kamar di hotel yang sama. Menggunakan hotel comparison sites ini paling tidak Anda punya pandangan mengenai rata-rata harga tarif hotel, sehingga bisa memilih salah satu yang menurut Anda lumayan terjangkau.

Cari referensi hotel murah di website atau blog travel review

Pengalaman orang lain ketika mencari hotel yang murah, terkadang bisa kita manfaatkan untuk menemukan akomodasi dengan harga yang relatif terjangkau. Banyak travel blogger yang membagikan pengalaman mereka keliling dunia. Berbagai tips juga dibagikan, termasuk di antaranya hotel-hotel murah di berbagai penjuru dunia yang telah mereka datangi. Anda bisa menjadikan travel blog review ini, sebagai referensi untuk mendapatkan akomodasi yang murah. Beda dengan website review dari hotel atau aplikasi, travel blogger akan bercerita apa adanya mengenai keadaan hotel yang mereka tempati.

Tak jarang, mereka juga akan menyebutkan kekurangan, kelebihan, fasilitas atau rute menuju hotel tersebut. Selain travel blog Anda juga bisa meanfaatkan website seperti TripAdvisor, di mana biasanya Anda akan menemukan link yang mengarahkan untuk menemukan hotel dan hostel yang terjangkau. Tak hanya bisa menemukan hotel atau penginapan dengan harga yang relatif lebih murah, Anda juga akan membaca secara langsung pengalaman orang-orang yang telah tinggal di sana. Jadi selain kemungkinan mendapat hotel yang murah, Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan tempat tersebut langsung dari pengalaman orang yang telah menempatinya.

Pertimbangkan untuk menyewa apartment atau kamar kos jika traveling lama

Hotel atau hostel memang jadi pilihan favorit banyak orang untuk menginap ketika sedang traveling. Namun penginapan seperti ini, hanya cocok untuk Anda yang akan tinggal selama jangka waktu satu atau dua minggu saja. Untuk Anda yang akan traveling ke suatu tempat untuk waktu yang lama hingga berbulan-bulan misalnya, maka pertimbangkan untuk menyewa apartemen kecil atau kamar kost saja.

Menyewa apartemen kecil ternyata jauh lebh murah dibandingkan Anda tinggal di hotel dalam waktu yang lama, saat sedang berada di luar negeri. Meski Anda harus siap mandiri karena tidak akan dilayani sama sekali, namun jika dibandingkan dengan menyewa kamar hotel maka selisih harganya akan lumayan sekali. Hal itu juga berlaku jika Anda traveling di berbagai wilayah di Indonesia untuk waktu yang lumayan lama, menyewa kamar kos bulanan lebih disarankan. Ketika sampai ditempat tujuan, hari pertama dan kedua mungkin Anda bisa tinggal di hotel dulu sambil berburu apartemen atau kamar kos murah di sekitar destinasi traveling Anda ini.

Homestay juga pilihan yang baik

Selain apartemen dan juga kamar kos, salah satu tempat tinggal sementara yang bisa Anda tempati adalah homestay ini. Beda dengan apartemen atau kamar kos, homestay menawarkan suasana seperti rumah Anda sendiri. Homestay memang lebih disarankan bagi Anda yang traveling cukup lama di suatu tempat tertentu, bersama dengan keluarga mereka. Ada dua tipe homestay yang bisa Anda pilih yakni sistem sewa rumah atau sewa kamar. Untuk Anda yang traveler bersama dengan kelauarga, maka homestay rumah sewa lebih disarankan.

Tak perlu besar, homestay yang sedang saja cukup untuk Anda dan keluarga. Atau jika Anda traveling sendiri dan ingin mendapatkan homestay dengan harga yang murah, maka pilihlah yang tipe kamar sewa. Homestay sepeti ini mirip kamar kos, dimana Anda akan berbagi rumah dengan beberapa traveler lain yang tinggal di sana. Keuntungannya adalah Anda akan mendapat banyak teman saat tinggal di sana dan berbaur dengan penduduk lokal atau pemilik rumah. Namun tentu saja privasinya tidak seperti ketika Anda tinggal di apartemen atau homestay sistem rumah sewa.

Mencoba Couchsurfing

Ada banyak cara yang digunakan traveler untuk mendapatkan akomodasi atau penginapan murah namun tetap berkualitas. Salah satunya yang sedang trend belakangan ini adalah Couchsurfing. Apa sih Couchsurfing itu? Couchsurfing itu seperti sebuah situs jejaring sosial di mana para traveler dari seluruh penjuru dunia berkumpul dan saling menawarkan tempat menginap bagi traveler lain yang datang ke negara atau daerah mereka. Jika Anda bergabung dengan Couchsurfing ini, Anda bisa tinggal dengan teman lain di daerah atau negara tertentu yang aktif menggunakan Couchsurfing ini. Prinsipnya karena tinggal bersama atau di rumah teman, maka Anda tak perlu membayar uang sepeser pun.

Couchsurfing di In donesia sendiri mulai berkembang dengan pesat dan memiliki komunitas di daerah-daerah seperti Couchsurfing Yogyakarta, Couchsurfing Bandung, Couchsurfing Surabaya dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun rasanya menyenangkan karena selain bisa mendapat teman baru dan menginap gratis, Anda juga perlu berhati-hati saat melakukan Couchsurfing ini. Karena bukan tak mungkin ada orang jahat yang ikut bergabung dengan Couchsurfing, dan mencari korban traveler yang sedang sial dan tidak waspada.

Ada beberapa tips aman saat mencoba Couchsurfing ini seperti bagi female traveler tidak mengumbar foto kelewat seksi untuk profil mereka, bertemu dengan tuan rumah di tempat yang ramai dulu untuk mengenal mereka lebih dekat, memilih host Couchsurfing yang mencantumkan alamat jelas atau memilih host sesama jenis terutama untuk para traveler wanita. Selain itu selalu gunakan naluri Anda. Jika merasa host Couchsurfing itu bukan orang baik, maka segeralah kabur dan pilih tempat menginap konvensional saja.

Mencari penginapan murah secara langsung

Bagi Anda yang traveling ke beberapa negara Afrika atau kawasan Asia Tenggaran, pertimbangkan untuk mencari hotel secara langsung di sana. Faktanya tidak semua hotel mewah itu bisa kita temukan di website, apalikasi atau pernah dijajal oleh para travel blogger berpengalaman itu. Ada beberapa penginapan yang murah namun memiliki kualitas bagus, yang terbilang kurang melakukan promosi terutama di media sosial.

Ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penginapan yang murah dan juga berkualitas. Untuk mencegah Anda terlantar, ada baiknya untuk booking hotel dulu secara konvensional di tempat tujuan untuk waktu dua atau 3 hari. Ketika sudah sampai di sana, sambil berkeliling Anda bisa mencari informasi penginapan yang murah namun tetap berkualitas di sekitar destinasi traveling Anda ini. Setelah mendapatkan dan memastikannya aman, Anda bisa segera check out dari hotel dan pindah ke penginapan yang lebih terjangkau itu.

Beli kupon hotel murah

Sumber: bukalapak.com

Cara lain dimana Anda bisa mendapat akomodasi atau kamar hotel yang murah adalah dengan membeli kupon atau voucher hotel yang kini dijual bebas di beberapa situs atau forum online ternama. Banyak orang yang menjual kupon hotel yang tak mereka gunakan, pada traveler yang membutuhkan kamar. Harga voucher inipun variatif, tergantung jenis hotel yang akan Anda tinggali nantinya. Anda bisa membeli kupon atau vocher ini, untuk mendapatkan sejumlah potongan harga dari hotel tempat Anda menginap. Meksipun kesannya sepele, potongan tarif hotel tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas. Karena itulah Anda bisa berburu kupon hotel misalnya di Kaskus atau Groupon, untuk mendapat vooucher hotel sesuai dengan destinasi tujuan Anda.

Datang lagi ke hotel yang telah diinapi sebelumnya

Meski mengunjungi suatu daerah atau negara yang sama, sebagian traveler memilih untuk menginap di hotel yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menikmati suasana baru di hotel yang berbeda. Padahal setia dengan satu hotel yang sama, punya banyak keuntungan untuk Anda. Pihak hotel pasti mengetahui siapa saja tamu langganan yang sering menginap di tempat mereka. Dan sebagai apresiasi, hotel akan memberikan potongan harga bagi pelanggan setianya itu. Karena itulah tak ada salahnya untuk kembali ke hotel yang sama lagi secara berulang-ulang untuk mendapat penawaran terbaik akomodasi Anda ini.

807

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here