Hari Lebaran selalu identik dengan budaya berkumpul dengan keluarga besar dan juga liburan, yang tidak kalah pentingnya adalah berbagai macam makanan yang menemani waktu saat berkumpul dengan keluarga besar kamu. Terkadang ada beberapa makanan yang memang hanya dapat kita jumpai di waktu-waktu tertentu. Dimana hal itu akan membuat kita selalu menunggu hari tersebut untuk dapat kembali menikmati makanan khasnya.

Begitupun saat lebaran, pastinya setiap negara mempunyai makanan khas tersendiri. Bagaimana dengan Australia? Apa saja makanan yang menjadi favorit warga Australia saat Lebaran? Yuk, cari tahu dan cicipi makanan – makanan halal yang ada saat lebaran di Australia!

 

  1. Meat Pie

Pie yang sering kita jumpai di Indonesia kebanyakan merupakan makanan manis yang berisikan buah, kacang atau susu. Tapi tidak di Australia. Di sana pie yang paling popular adalah pie yang berisikan daging. Ukuran pie daging Australia juga beda dengan pie kebanyakan. Jika biasanya pie seukuran piring, makanan khas Australia ini biasanya dibuat dalam ukuran lebih kecil. Besarnya hampir seukuran cupcake tapi lebih gede sedikit jadi bisa dimakan sambil jalan. Isi pie padat dengan daging cincang, jamur, dan keju.

Untuk makan malam biasanya pie ini dimakan bersama kentang tumbuk dan gravy (saus kental dari bahan dasar kaldu). Meat Pie adalah salah satu menu yang tidak boleh sampai terlewatkan jika anda berkunjung ke Australia. Selain disajikan sebagai snack, Meat Pie juga dapat disajikan dengan sup kacang polong dan disebut dengan Pie Floater. Kamu bisa mendapatkan meat pie dengan mudah karena hampir semua pub, bakery, toko kelontong, dan supermarket menyajikannya.

2. Sausage Sangers

Sudah bukan rahasia lagi manakala orang Australia gemar dengan makanan barbeque. Sebagian besar dari mereka selalu merayakan sebuah perayaan dengan barbeque, misalnya pesta ulang tahun, piknik, acara kantor serta beberapa acara lainnya. Orang Australia cukup bangga dengan makanan produksi sosis mereka yang mana padat dengan isi yang ketika dipanggang bagian kulit luarnya akan terasa krispi serta daging yang ada di dalamnya lembut serta juicy di mulut.

Sausage Sangers kerap juga disebut dengan Sausage roll yang merupakan sosis dengan dibungkus menggunakan roti kemudian ditambahkan menggunakan irisan bawang bombay serta saus. Untuk rasanya? Hmm jangan diragukan lagi rasanya siap menggoyang lidah kamu semua.

3. Barramundi

Bagi kamu yang menggemari ikan, kamu bisa mencoba ikan barramundi di Australia. Barramundi merupakan bahasa suku Aborigin yang berarti ikan sungai bersisik besar. Kalau Anda keliling Australia Anda pasti menemukan menu barramundi di setiap restoran yang Anda datangi.

Daging barramundi tebal, gurih, dan manis. Itu sebabnya pengolahan barramundi tidak perlu memakai bumbu banyak. Barramundi paling enak dimakan dengan cara dibakar atau dipanggang dengan hanya diberi garam, merica, dan perasan jeruk lemon.

4. Pie Floater

Banyak wisatawan asing yang ragu dengan rasa pie floater karena dari segi penampilan pie floater ini sangat aneh dan terlihat seperti dibuat asal-asalan. Pie floater ini berupa sup kacang polong yang dibuat sangat kental lalu di atasnya ditambahkan pie daging dan saus tomat.

Pie daging ini biasanya ditaruh dengan agak sedikit ditekan jadi sebagian pie ada di dalam sup, sisanya terlihat di permukaan. Tapi ada juga yang merendam seluruh permukaan pie dalam sup. Pie floater ini menjadi makanan favorit orang Australia untuk menyembuhkan hangover setelah banyak minum alkohol malam sebelumnya.

 

5. Lammington

Selanjutnya ada Lamington, yaitu kue khas Australia yang sudah adalah sejak awal tahun 1900an. Kue ini terbuat dari bolu spons dengan bentuk persegi yang diberi lapisan saus cokelat dan digulingkan diatas kelapa parut hingga kelapa membuat seluruh permukaan kue menjadi tertutup.

Di tengah-tengah kue bolu ini terdapat selai atau krim yang membuat rasanya bertambah enak. Anda dapat menemukan kue Lamington disetiap toko roti dan supermarket di Australia. Jika pernah mencicipi kue ini, maka lidah akan langsung jatuh cinta dengan rasanya. Apalagi dinikmati bersama pasangan dengan secangkir kopi atau teh hangat.

6. Pavlova

Pavlova adalah kue yang namanya diinspirasi dari nama ballerina asal Rusia, Anna Pavlova. Pada tahun 1926-1929, Anna Pavlova berkunjung ke Australia dalam rangka tur balet. Chef Herbert Sachse ingin membuat kue untuk menghormati kedatangan ballerina kenamaan tersebut, lalu ia menciptakan makanan penutup yang rasanya ringan seperti gerakan tari ballerina. Tapi asal muasal kue ini menjadi pertikaian antara Australia dan Selandia Baru hingga sekarang karena Selandia Baru mengklaim bahwa Pavlova sudah ada dalam resep mereka di zaman dahulu.

Pavlova berupa kue meringue yang atasnya dikasih krim kocok dan buah-buahan segar seperti stroberi, blueberry, markisa, dan kiwi. Lapisan luar meringue keras tapi krispi dan saat kulit luar ini dipecah Anda akan mendapati bagian dalamnya lembut dan lumer seperti marshmallow. Kalau kamuberkunjung ke Australia, jangan lupa untuk mencoba manisnya kue yang menjadi pertikaian dua negara ini.

7. Biskuit Anzac Anzac adalah singkatan dari Australian and New Zealand Army Corps. Loh, apa hubungan kue ini dengan tentara? Sejarah kue ini dimulai pada saat Perang Dunia I. Pada saat itu banyak tentara Australia dan Selandia Baru yang dikirim ke Eropa untuk ikut berperang. Para wanita di rumah lalu membuat kue ini sebagai snack menemani tentara selama perjalanan menuju Eropa. Makanya dulu biskuit ini lebih dikenal sebagai ‘biskuit tentara’.

Agar tahan lama, biskuit Anzac tidak menggunakan telur dalam adonannya. Bahan yang digunakan adalah oat, tepung, gula, mentega, golden syrup, baking soda, air panas, dan kadang-kadang ditambah kelapa. Biskuit Anzac teksturnya sangat keras tapi rasanya tetap enak.

449

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here