Lebaran

Mudik hampir tiba! Sudah waktunya ke kampung halaman masing-masing. Sebagian orang masih bingung dengan oleh-oleh apa yang cocok dibawa ke kampung halaman. Oleh-oleh tidak selamanya berupa makanan atau souvenir. Bagi keluarga di kampung halaman, ada beberapa “oleh-oleh” yang lebih dinantikan dan spesial pada saat lebaran. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

1. Makanan

Kue Kering menjadi salah satu oleh-oleh favorit yang wajib dibawa pulang kampung bagi para perantau
Kue Kering Lebaran

(Sumber: Divas Can Cook)

Salah satu benda yang paling mudah dibeli atau dibuat dan sudah pasti disukai oleh semua orang adalah makanan.

Kalau daerah tempat tinggalmu memiliki makanan khas yang jarang ditemukan di tempat lain, belilah secukupnya. Usahakan untuk memilih makanan kering atau makanan yang tidak mudah basi. Bila memungkinkan, belilah makanan tersebut dalam keadaan mentah atau beku. Sesampainya di kampung halaman, barulah dimasak kemudian disantap bersama dalam keadaan hangat.

Kalaupun makanan khas daerah tempat tinggalmu sudah terlalu mainstream, kamu bisa memberikan oleh-oleh berupa makanan buatan sendiri. Misalnya saja aneka kue kering khas lebaran atau makanan lainnya yang kamu kuasai. Dijamin makanan buatanmu ini akan memberikan kesan lebih bagi keluarga di kampung halaman, terutama untuk mereka yang kangen dibuatkan masakanmu.

2. Barang baru yang dibutuhkan keluarga

Lama tidak bertemu dengan keluarga di kampung halaman, tentu kamu ingin membelikan sesuatu untuk mereka. Hal ini juga sebagai sedikit pembuktian kalau kamu sukses berada di perantauan.

Cari tahulah barang yang dibutuhkan oleh setiap anggota keluarga. Misalnya saja membeli mesin cuci baru untuk menggantikan yang sudah rusak. Bisa juga membelikan baju baru bahkan perhiasan emas untuk menambah koleksi sekaligus investasi mereka di masa tua. Pastikan barang yang kamu beli benar-benar bermanfaat dan diinginkan mereka. Jangan memberikan barang yang terlewat mahal tapi belum tentu bermanfaat.

3. Salam tempel

Kamu sudah bekerja dan memiliki banyak keponakan atau adik yang masih berstatus pelajar? Jika iya, maka oleh-oleh lebaran yang paling dinantikan oleh mereka adalah salam tempel alias angpao alias uang THR.

Untuk salam tempel ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk pamer. Berikan saja semampunya kamu, jangan sampai rekening kamu kering karena dihabiskan untuk bagi-bagi salam tempel. Kamu juga perlu menukar uang pecahan kecil ke bank dari jauh-jauh hari supaya tidak perlu lama-lama mengantri di sana.

Salam tempel ini juga bisa kamu berikan kepada orang tua seandainya bingung mau memberikan mereka apa. Dengan uang tersebut, orang tua bisa membayar beberapa kebutuhan atau memilih sendiri hadiah yang mereka inginkan.

4. Calon suami atau istri

“Oleh-oleh” yang satu ini rasanya susah-susah gampang ditemukan dan dibawa ke hadapan keluarga di kampung halaman. Setuju? Tapi nyatanya, inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka. Apalagi jika kamu sudah berumur, sudah mapan di perantauan, dan sebagainya.

Sebaiknya kamu membawa calon suami atau istri yang memang benar-benar sudah sesuai di hati karena biasanya pada momen lebaran ini banyak juga anggota keluarga besar yang berkumpul di rumah. Kalau memang belum ada calon suami atau istri yang pas di hati, sebaiknya tidak perlu dipaksakan. Sebagai gantinya, kamu bisa mempersiapkan aneka jawaban ketika ditanya kapan nikah atau mana calonnya.

5. Kabar kehamilan

Kalau yang lajang akan ditanya kapan menikah, maka para perantau yang sudah menikah akan ditanya kapan punya anak. Kabar kehamilan yang kamu bawa ke hadapan orang tua dan anggota keluarga lainnya di kampung halaman akan menjadi oleh-oleh yang sangat berarti bagi mereka. Terlebih lagi jika kehamilan ini merupakan calon cucu atau keponakan pertama mereka. Kamu bahagia, mereka pun juga bahagia.

6. Kelahiran anak

Kelahiran anak menjadi salah satu momen membahagiakan bagi keluarga
Kelahiran Anak

Kalau tahun kemarin sudah membawa berita kehamilan, berarti lebaran kali ini kamu sudah memiliki anak. Para orang tua pasti sudah bertemu dengan anak kamu sebelum lebaran. Tapi bagi anggota keluarga besar di kampung halaman, momen pertemuan ini bisa jadi yang pertama kali. Acara kumpul-kumpul bersama pun akan menjadi lebih ramai karena tingkah laku si kecil yang menggemaskan. Si kecil pun akan mendapatkan banyak hadiah dari para kakek nenek serta om dan tantenya.

7. Kesuksesan

Banyak orang yang merantau ke kota besar untuk menempuh pendidikan dan karir. “Oleh-oleh” yang terakhir ini adalah yang paling membanggakan kedua orang tuamu di kampung halaman. Orang tua mana yang tidak senang jika anaknya menjadi juara 1 di bidang pendidikan, mendapatkan beasiswa, kemajuan usaha, serta mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja?

Apakah lebaran kali ini kamu bisa membawa salah satu dari tujuh “oleh-oleh” tadi?

 

145

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here