Kuliner Solo
kuliner Kota Solo

Bicara soal kuliner di nusantara memang tidak akan pernah ada habisnya. Negara yang satu ini yang kaya akan rempah-rempah dan ide kreatif ini memiliki banyak kuliner nikmat, bahkan satu kota saja bisa memiliki belasan hingga puluhan kuliner nikmat. Salah satunya tersebut adalah Kota Solo. Kuliner Kota Solo memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik lokal maupun internasional. Berikut adalah daftar kuliner Kota Solo yang tidak akan bisa kamu tolak karena rasanya nikmat!

  1. Pecel Solo

Pecel Solo
Pecel Solo

Kalau berkunjung ke Jawa, rasanya kurang sah kalau belum makan nasi pecel. Pecel Solo ini hampir mirip dengan nasi pecel pada umumnya. Isinya ada nasi merah, daun kenikir, daun pepaya, bayam, kembang turi, dan jantung pisang. Isian pecel ini nantinya akan disiram bumbu pecel yang memiliki rasa manis sekaligus pedas.

  1. Serabi Notosuman

Salah satu kuliner andalan Solo adalah serabi. Penjual serabi yang paling terkenal adalah Serabi Notosuman yang sudah ada sejak tahun 1923. Jajanan tradisional yang dibuat dari tepung beras dan santan ini dipanggang secara tradisional menggunakan tungku sehingga rasanya begitu nikmat dan khas. Bagian pinggir serabi ini renyah, tapi bagian tengahnya lembut. Ada 2 varian rasa serabi yang dijual di sini, yaitu serabi polos dan serabi cokelat. Kalau kamu ingin membawa serabi ini sebagai oleh-oleh, sangat disarankan!

  1. Selat Solo

Kuliner lainnya yang sangat khas Solo adalah selat Solo. Kuliner ini terdiri dari galantine, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, selada, acar timun, dan irisan bawang merah yang dihidangkan dengan pelengkap berupa semur daging dan saos mustard spesial. Rasanya sangat unik dan nikmat!

  1. Nasi soto Gading

Salah satu menu sarapan favorit masyarakat Indonesia adalah soto. Nah kalau sedang berada di Solo, pastikan untuk mampir ke Nasi Soto Gading yang ada di kawasan Gading Kidul. Satu porsi soto ini terdiri dari nasi, soun, suwiran daging ayam, dan kentang. Kuah soto ini bening dan rasanya sangat gurih. Agar lebih kenyang lagi, kamu bisa menambahkan aneka lauk seperti ampela, sate usus, serta sate telur puyuh.

  1. Sambel Tumpang Pecel Bu Kris

Warung makan Sambal Tumpang Bu Kris ini populer dengan menu nasi pecel dan sambel tumpang. Kamu pasti sudah tahu tentang menu nasi pecel, jadi kali ini kami akan membahas sambel tumpang milik mereka. Sambel tumpang ini dibuat dari olahan tahu putih, tahu goreng, aneka rempah, krecek, dan tempe. Rasanya pedas, gurih, sekaligus manis. Sambal tumpang ini sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat atau bubur yang dilengkapi dengan taoge dan bayam.

  1. Cabuk Rambak Solo

Menu sarapan lainnya yang bisa kamu temukan di Solo adalah cabuk rambak. Cabuk rambak ini terdiri dari irisan ketupat, sambal wijen, dan kerak. Uniknya kuliner ini disajikan di atas daun pisang sehingga ada aroma khas tersendiri. Kuliner yang satu ini bisa kamu temukan di kawasan Stadion Manahan Solo pada pagi hari.

  1. Timlo

Timlo
Timlo khas Solo

Kuliner berikutnya sangat khas Solo yaitu timlo. Timlo sendiri adalah kuliner berkuah bening yang terdiri dari suwiran daging ayam, ati, ampela, sosis Solo, dan telur pindang. Kuliner yang satu ini akan terasa semakin nikmat jika disantap menggunakan nasi hangat dan jeruk nipis. Salah satu penjual timlo yang legendaris di Solo adalah Timlo Sastro.

  1. Gudeg Ceker Bu Kasno

Kalau kamu mengidam gudeg selama berada di Solo, mampirlah ke Gudeg Ceker Bu Kasno yang ada di Jalan Mongonsidi. Gudeg ceker di sini diminati oleh para pengunjung karena rasanya nikmat dan cekernya sangat empuk. Tapi kamu tidak bisa mengunjungi Gudeg Ceker Bu Kasno ini di sembarang waktu karena hanya buka pada dini hari saja.

  1. Tahok Pak Citro Pasar Gede

Tahok adalah jajanan tradisional yang dibawa oleh kaum Tionghoa pada masa lampau. Di kota lain, tahok ini dikenal sebagai kembang tahu. Tekstur tahok ini sangat lembut seperti pudding atau agar-agar. Rasanya sangat nikmat karena tahok ini dibuat menggunakan kacang kedelai, kemudian disiramkan dengan kuah jahe dan gula Jawa. Harganya pun sangat murah, hanya sekitar 4 ribu rupiah saja. Tahok Pak Citro Pasar Gede ini bisa kamu temukan di kawasan Pasar Gede.

  1. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

Tahu kupat adalah kuliner tradisional yang terdiri dari potongan tahu goreng, ketupat, kol, tauge, dan mie kuning. Bahan-bahan ini kemudian disiram menggunakan air bawang dan kuah kecap. Lalu ditaburi dengan bawang goreng dan irisan seledri. Salah satu penjual tahu kupat yang legendaris di Solo adalah Tahu Kupat Sari Pak Brewok. Lokasinya ada di Jalan RM Said.

Itu dia daftar kuliner Kota Solo yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Solo. Pastikan kamu mencicipi semuanya ya. Selamat mencoba!

86

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here