Sumber: Baca Terus

Saat melakukan liburan bersama keluarga, apa saja yang biasanya kamu lakukan? Apakah menongkrong di mall, mengunjungi museum, bersantai di tepi pantai, atau pergi ke taman bermain? Kalau sudah sering melakukannya, pasti akan terasa jenuh ya. Bagaimana kalau akhir pekan ini kamu liburan bersama keluarga sambil camping?

Jangan dulu membayangkan camping di tengah hutan lebat tanpa fasilitas memadai. Kali ini kami akan membahas tentang lokasi camping yang berada tidak jauh dari Jakarta, tepatnya di Bogor dan Bandung. Alam pegunungan ini memiliki pemandangan yang indah dan udara segar. Sangat tepat untuk refreshing dan bersenang-senang.

Untuk kamu yang masih pemula dalam urusan camping, tenang saja karena lokasi camping berikut ini memiliki fasilitas yang mumpuni. Langsung saja simak ya daftarnya!

Bumi Perkemahan Mandalawangi

Sumber: Camping Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi ini berada di dalam Kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Pangrango. Di sini kamu sekeluarga akan belajar untuk hidup mandiri dan saling gotong royong. Nikmatilah momen-momen di mana kamu harus mendirikan tenda, mencari kayu bakar, mengumpulkan air bersih, dan menyalakan api unggun.

Pesona alam di Bumi Perkemahan Mandalawangi yang ada di kaki Gunung Gede Pangrango ini sangat asri karena pepohonan yang cukup lebat. Jika bosan beraktivitas di atas daratan, cobalah mengayuh perahu kayu bersama keluarga untuk berkeliling danau. Untuk masuk ke dalam kawasan perkemahan ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar 27.500 rupiah per orang.

Wisata Citamiang

Pada umumnya, kawasan perkemahan menyuguhkan pemandangan gunung dan hutan. Begitu juga dengan Wisata Citamiang yang berlokasi di Jalan Raya Puncak Cisarua ini. Wisata Citamiang ini berada di tengah hutan pinus dan terhubung dengan sebuah kebun teh.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang, kamu bisa berkemah di sini dan menggunakan sejumlah fasilitas seperti toilet, musholla, dan jalur trekking menuju kebun teh. Ada juga wahana permainan outbond untuk melatih kerjasama kalian sekeluarga. Sudah kebayang seperti apa segarnya berada di sana?

Puncak Bintang

Ada banyak kawasan perkemahan di Bandung yang bisa kamu jajal, di antaranya adalah Puncak Bintang yang berada di Bukit Moko, Jalan Padasuka. Lokasinya berada di ketinggian 1.442 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang bersanding dengan pemandangan kota Bandung.

Untuk kamu yang pergi ke Bandung menggunakan kereta api, lokasi Puncak Bintang terbilang sangat strategis karena berada dekat dengan Stasiun Bandung. Kamu bisa menyambung menggunakan angkutan umum atau ojek. Kondisi jalan menuju Puncak Bintang pun cukup bagus dan aman.

Untuk melakukan camping di Puncak Bintang, kamu perlu mengeluarkan uang tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah. Dengan nominal tersebut, kamu bisa menggunakan sejumlah fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola seperti toilet, mushola, dan area kemah. Bawalah perlengkapan kemah sendiri karena di sini tidak ada jasa penyewaan.

Pada malam hari sebelum pergi tidur, bersantailah bersama di luar tenda untuk menikmati langit malam yang berhiaskan bintang dan pemandangan kota Bandung yang dipenuhi lampu kendaraan. Pada keesokan paginya, bangunlah lebih awal untuk menantikan matahari terbit sambil berkeliling di hutan pinus.

Ranca Upas

Bicara tentang Ranca Upas, mungkin kamu akan teringat dengan area penangkaran rusa. Betul, lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas memang dekat dengan area penangkaran rusa sehingga kamu bisa mampir di sore hari.

Bumi Perkemahan Ranca Upas ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Dengan demikian, udaranya cukup dingin. Pastikan kamu sudah mengemas pakaian hangat untuk menghalaunya.

Berlokasi di kawasan Ciwidey, Bumi Perkemahan Ranca Upas ini berupa lapangan luas terbuka. Tanpa kehadiran lampu penerangan, pada malam hari kamu bisa menyaksikan bintang di langit yang berpendar kuat.

Jika kamu tidak memiliki perlengkapan kemah, tenang saja karena pihak pengelola menyediakan penyewaan bagi pengunjung. Untuk tenda dan sleeping bag, kamu perlu merogoh kocek sekitar 50 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Sejumlah kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Bumi Perkemahan Ranca Upas adalah pergi ke penangkaran rusa, mandi air hangat, berenang, bermain ATV, hingga menyaksikan matahari terbit. Tiket masuk ke kawasan ini adalah 10 ribu rupiah per orang.

Baca Juga: Bingung Mau Glamping Di Mana? Ini Daftar Lokasinya!

Situ Cisanti

Sumber: Dari Atas Sepeda

Ingin merasakan nuansa camping di tepi danau karena sudah bosan di gunung? Beralihlah ke Situ Cisanti. Lokasinya yang berada di Desa Tarumajaya memang terbilang cukup jauh dibandingkan dengan kawasan perkemahan lainnya yang ada di Bandung.

Kawasan perkemahan ini masih tergolong sepi, namun fasilitasnya sudah cukup lengkap seperti toilet dan musholla.

Pemandangannya sangat indah terlebih pada saat matahari terbit. Sinar matahari tersebut akan terlihat sempurna dengan kehadiran danau. Agar bisa melihat lebih jelas, pergilah menuju dermaga kecil yang ada di sana. Pada siang hari jika merasa kepanasan, pergilah berenang di danau.

Selamat camping bersama keluarga!

689

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here