Sumber: HomeAway

Bagi kamu yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta, gedung pencakar langit bukanlah hal yang asing lagi bahkan beberapa di antara kamu justru bekerja di dalam gedung tersebut. Ketika kamu liburan ke luar negeri pun, menemukan gedung pencakar langit adalah hal yang mudah.

Saat ini, rekor gedung pencakar langit tertinggi di dunia masih dipegang oleh Burj Khalifah yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Selain mengagumkan, gedung pencakar langit juga sering dijadikan objek fotografi.

Bagi kamu yang menyukai fotografi di bidang arsitektur, mengapa tidak coba keliling dunia untuk mendapatkan foto keren dari sejumlah gedung pencakar langit di dunia berikut ini?

Burj Khalifa, Dubai

Gedung pencakar langit yang tertinggi di dunia ini memang bukan main. Ketinggiannya mencapai 2.717 kaki atau setara dengan 828 meter. Pencetus dari bangunan Burj Khalifa ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour. Sedangkan arsitektur yang bertanggung jawab adalah Skindmore, Owings, dan Merril. Gedung pencakar langit ini resmi beroperasi pada tanggal 4 Januari 2010 silam.

Shanghai Tower, China

Gedung pencakar langit berikutnya adalah Shanghai Tower yang ada di Shanghai, China. Lokasi pastinya berada di Lujiazuli, Pudong. Ketinggian gedung pencakar langit ini mencapai batas 2.703 kaki atau setara dengan 632 meter. Shanghai Tower ini terdiri atas 121 lantai dan luas yang mencapai 380.000 meter persegi.

Abraj Al-Bair Clock Tower, Mekkah

Sumber: Amazing Zone

Jika London memiliki Big Ben, maka Mekkah memiliki Abraj Al-Bair Clock Tower. Menara jam yang satu ini juga termasuk dalam kategori gedung pencakar langit karena tingginya yang mencapai 1.971 kaki atau setara dengan 601 meter.

Gedung pencakar langit yang sering disebut juga sebagai Makkah Royal Clock Tower ini didesain oleh arsitek dari Dar Al Handasah Architects. Untuk melihat gedung pencakar langit ini, kamu bisa berjalan kaki dari Masjidil Haram. Kompleks yang luasnya mencapai 1,5 juta meter persegi ini mampu menampung ribuan peziarah yang sedang berkunjung ke kota Mekkah.

Ping An Finance Centre, China

Gedung pencakar langit di dunia berikutnya yang bisa menjadi objek fotografimu adalah Ping An Finance Center atau Ping An IFC yang berlokasi di Shenzhen, China. Gedung pencakar langit ini memiliki ketinggian mencapai 1,965 kaki atau setara dengan 599 meter.

Arsitek yang bertanggung jawab dalam desain gedung ini adalah Kohn Pederson Fox Associates yang berasal dari Amerika Serikat.

Goldin Finance 117, China

Tidak cukup dua buah gedung, ada lagi satu gedung pencakar langit di China yang sangat tinggi yakni Goldin Finance 117. Gedung pencakar langit ini memiliki ketinggian mencapai 1.959 kaki atau setara dengan 597 meter. Dengan tingginya tersebut, Goldin Finance 117 berhasil meraih tempat kelima dalam kategori gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Gedung pencakar langit ini terbilang baru karena baru selesai pembangunannya pada tahun 2017 dan resmi dibuka pada tahun 2018.

Baca Juga: 7 Hotel Mewah di Dunia Ini Akan Memanjakanmu!

Lotte World Tower, Korea Selatan

Gedung pencakar langit berikutnya yang akan memanjakan matamu adalah Lotte World Tower yang ada di Seoul, Korea Selatan. Tingginya mencapai 1,823 kaki atau setara dengan 555 meter. Jika Lotte World Tower ini menempati urutan keenam untuk skala dunia, maka di Korea Selatan gedung ini adalah gedung pencakar langit tertinggi yang berhasil menggeser gedung pemegang rekor sebelumnya, Northeast Asia Trade Tower.

One World Trade Centre, Amerika Serikat

One World Trade Centre atau biasa dikenal juga dengan nama Freedom Tower ini berada di New York, Amerika Serikat. Gedung pencakar langit ini memiliki ketinggian hingga 1,776 kaki atau setara dengan 541 meter. Arsitek yang membuat desain gedung ini adalah David Childs, sang pemilik firma Skidmore, Owings, dan Merril yang juga membangun Burj Khalifa di Dubai.

CTF Finance Centre, China

Sumber: Sky Rise City

Kembali beralih ke China, gedung pencakar langit yang tidak boleh dilewatkan adalah CTF Finance Centre yang ada di Guangzhou. Tinggi gedung pencakar langit ini mencapai 1.740 kaki atau setara dengan 530 meter. Pembangunan gedung ini memakan waktu yang cukup lama, yakni dari 29 September 2009 hingga Oktober 2016. Gedung pencakar langit ini digunakan sebagai pusat konferensi, hotel, observasi, perkantoran, dan pusat belanja.

Taipei 101, Taiwan

Gedung pencakar langit yang terakhir kami bahas adalah Taipei 101 yang berada di Taipei, Taiwan. Tinggi gedung pencakar langit yang dikenal sebagai Taipei World Finance Center ini mencapai 1.670 kaki atau setara dengan 509 meter. Pembangunan gedung ini membutuhkan waktu yang cukup lama yakni dari tahun 1999 hingga tahun 2004 untuk rampung dengan sempurna.

754

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here