Ibu kota Sumatera Utara, Medan memang cukup menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Kotanya cukup ramai, kulinernya yang beragam bisa memuaskan hasrat wisata kuliner. Bagaimana dengan tempat wisata alamnya?

Ternyata Medan juga memiliki banyak pantai yang bisa wisatawan kunjungi dan gunakan sebagai lokasi melepas penat. Masih tidak percaya kalau Medan tidak hanya sempurna untuk wisata kuliner tapi juga untuk pantainya? Langsung saja simak daftar pantai yang ada di Medan berikut ini!

Pantai Cermin

Sumber: Airy Blog

Pantai Cermin adalah pantai yang lokasinya paling dekat dari Kota Medan. Jika melalui perjalanan darat, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja berkendara. Sesampainya di sini kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai, tapi juga arena rekreasi buatan Cermin Theme Park.

Di Cermin Theme Park ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah water sport, mini zoo, horse riding, dan food court. Untuk menikmati permainan yang ada di Cermin Theme Park ini, kamu perlu membeli tiket seharga 50.000 rupiah.

Pantai Pondok Permai

Pantai Pondok Permai berada di Kabupaten Serdang Bedagai. Suasananya tidak seramai Pantai Cermin yang dekat dengan pusat kota. Pantai Pondok Permai yang suasananya tenang ini cocok untuk kamu yang ingin melepas stres dan bersantai tanpa gangguan pengunjung lain. Pantai ini juga cocok untuk berenang karena dangkal dan ombaknya tenang. Para pengunjung pantai ini juga sering terlihat bermain voli pantai atau layangan.

Pantai Gudang Garam Serdang Begadai

Bentang alam yang berada di Serdang Begadai ini disebut juga sebagai Pantai Gudang Garam. Bukan karena dikuasai oleh salah satu produsen rokok tanah air, tapi karena pantai ini merupakan lokasi pengambilan garam laut. Meski demikian, pantai ini juga dibuka untuk umum. Bahkan pihak pengelola sudah membangun sejumlah pondok di sepanjang garis pantai.

Di sini juga ada bangunan bertingkat yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian atau pun menyaksikan para pekerja yang sedang mengumpulkan garam. Pada hari Minggu,  para pengunjung bisa mencoba permainan banana boat.

Pantai Sialang Buah

Jarak antara Pantai Sialang Buah dengan pusat kota Medan sekitar 60 km melalui jalur darat. Jalur yang bisa kamu tempuh adalah melewati Desa Matapao, dari desa ini kamu akan menemukan banyak petunjuk jalan menuju Pantai Sialang Buah sehingga kemungkinan tersasarnya akan sangat kecil.

Setelah puas bermain di pantai, sempatkan diri untuk mengunjungi tempat pelelangan ikan dan memilih ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Di sekitar pantai ini juga ada penjual souvenir kerajinan tangan dari kulit kerang.

Pantai Klang Serdang Begadai

Objek wisata utama yang ada di Pantai Klang Serdang Begadai adalah sebuah kayu besar yang tenggelam di sebagian bibir pantai. Para pengunjung akan berbondong-bondong untuk berfoto di dekat kayu tersebut.

Di dekat pantai ini juga ada sebuah sumur tua yang dikenal dengan nama Sumur Pandan. Meski berada di dekat pantai, air sumur ini tidak asin melainkan tawar. Ada juga mitos yang mengatakan jika meminum air sumur ini maka orang tersebut akan awet muda.

Pantai Bali Lestari

Pernah berkunjung ke Pantai Jimbaran di Bali? Jika iya, kamu tidak akan merasa asing dengan penampilan pantai ini. Suasananya cukup mirip berkat dekorasi payung warna-warni yang digantung di sepanjang area pantai. Selain membuat pantai terlihat adem, payung-payung ini bisa jadi spot foto yang bagus.

Pantai Pandan

Selagi berada di Medan, kamu juga bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Sibolga untuk mengunjungi Pantai Pandan. Air lautnya berwarna biru kehijauan dan ombaknya sangat tenang. Cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Fasilitas di Pantai Pandan sudah cukup lengkap, ada restoran dan penginapan.

Baca Juga: Berlibur ke Banyuwangi, Mampirlah ke Pantai-Pantai Ini!

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara memiliki pemandangan yang berbeda dari pantai pada umumnya karena berada di kawasan hutan bakau. Kamu bisa menemukan pepohonan yang menjuntai ke arah laut. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih, di sini kamu juga bisa mengunjungi tempat pembiakan ikan laut dan kepiting.

Pantai Berawe

Pantai Berawe adalah salah satu pantai berpasir putih yang bisa kamu temukan di Pulau Kampai. Jaraknya dari kota Medan cukup jauh, yakni 96 km. Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, kamu akan disambut oleh keindahan pantai. Suasananya masih alami dan sepi karena tidak begitu populer di kalangan wisatawan.

Pantai Tureloto

Sumber: Berita Dunia

Pantai Tureloto terkenal dengan kehadiran sebuah batu karang yang berukuran super besar dengan bentuk bundar di bibir pantai. Di antara batu karang tersebut ada juga batu yang bentuknya menyerupai otak manusia sehingga dinamai Batu Otak.

Liburan berikutnya ke Medan jangan Cuma diisi dengan kegiatan wisata kuliner, ya!

375

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here