Sumber: Tribun News

Liburan ke Yogyakarta tidak boleh dilakukan begitu saja tanpa wisata kuliner khas Yogyakarta yang super nikmat dan murah. Selain gudeg, Yogyakarta menyimpan segudang daftar kuliner lainnya yang tidak kalah populer!

Supaya acara liburanmu kali ini makin terasa lengkap, cobalah beberapa menu dari daftar kuliner Yogyakarta berikut ini!

Rujak Es Krim Pak Nardi

Sumber: Good Indonesian Food

Perpaduan rujak dan es krim rasanya hampir mustahil karena cita rasanya bertabrakan. Namun, hal ini jugalah yang dilakukan oleh Pak Nardi. Ia menggabungkan es krim dan rujak. Semangkuk rujak es krim ini berisi es krim buatan sendiri, saus bawang putih, bengkoang, dan aneka potongan buah. Disantap saat cuaca terik, rasanya akan semakin nikmat! Harganya juga terjangkau, hanya 6.000 rupiah per porsi.

Lesehan Terang Bulan

Di Yogyakarta kamu tidak akan kesulitan menemukan lesehan. Salah satu lesehan yang cukup terkenal dan memiliki hidangan nikmat adalah Lesehan Terang Bulan yang ada di Jalan Malioboro. Menu andalannya adalah burung dara goreng yang sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Harganya sekitar 20.000 per porsi.

Angkringan Kopi Jos Lek Man

Bagi kamu yang berlibur ke Yogyakarta bersama teman, wajib nongkrong di Angkringan Kopi Jos Lek Man untuk berbagi cerita sambil menikmati segelas kopi jos alias kopi yang dicampur dengan arang panas. Untuk mengganjal perut, ada sejumlah makanan seperti nasi kucing, aneka sate, dan gorengan. Momen berbagi cerita dijamin akan semakin menyenangkan.

Entok Slenget Kang Tanir

Entok atau sejenis itik bisa berubah menjadi makanan yang nikmat di tangan Kang Tanir, pemilik rumah makan Entok Slenget Kang Tanir. Dagingnya empuk dan rasanya agak sedikit pedas. Bisa-bisa satu porsi tidak akan cukup nih.

Baca Juga: Traveling ke Surabaya, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas yang Lezat Ini

Nasi Teri Pojok Gejayan

Para penggila ikan teri tidak boleh melewatkan hidangan Nasi Teri Pojok Gejayan. Di rumah makan ini kamu bisa menikmati sepiring nasi hangat dengan ikan teri yang digoreng garing atau sayur teri pedas, dilengkapi dengan lauk tambahan seperti kering tempe. Harga per porsinya dimulai dari 13.000 rupiah. Rumah makan ini buka pada tengah malam saja.

Wedang Ronde Mbah Paiyem

Dingin-dingin di malam hari, turun hujan pula, serunya menikmati semangkuk wedang ronde untuk menghangatkan diri sekaligus mengusir masuk angin. Salah satu penjual wedang ronde yang terkenal adalah Wedang Ronde Mbah Paiyem yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Kuah jahenya pedas manis dan ronde dari ketan berasnya sangat nikmat.

Nasi Brongkos Warung Handayani

Nasi Brongkos Warung Handayani terdiri dari sayur-sayuran dan kacang yang dimasak dalam kuah santan berwarna cokelat tua. Rasanya gurih sekaligus manis. Untuk menambah kenyang perut para tamunya, brongkos ini dilengkapi juga dengan telur rebus atau koyor. Satu porsi nasi brongkos ini dihargai mulai dari 7.500 rupiah.

Sego Pecel SGPC Bu Wiryo 1959

Sumber: Gudeg Net

Di akhir pekan, warung sego pecel alias nasi pecel yang satu ini selalu ramai pengunjung. Dari ramainya pengunjung yang mengantri, kamu sudah bisa mengetahui kalau rasanya pasti nikmat. Sego pecel Bu Wiryo ini dihidangkan dengan telur ceplok, aneka gorengan, sate telur puyuh, atau sate usus. Bumbu pecelnya tidak perlu diragukan lagi, sangat lezat! Harganya pun murah meriah.

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Di Yogyakarta, kamu bisa menemukan banyak jenis soto berkuah bening. Salah satu soto yang cukup populer dan wajib kamu cicipi adalah Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Semangkuk soto ini berisi daging ayam kampung suwir, lenthok, daun seledri, dan bawang goreng. Bagi orang Yogyakarta, hidangan yang satu ini wajib untuk sarapan. Harganya bervariasi, mulai dari 10.000 rupiah per porsi.

Kupat Gule Bang Doel

Ingin makan ketupat namun belum waktunya Lebaran? Tenang, ada Kupat Gule Bang Doel yang selalu buka sepanjang tahun. Ketupat ini disajikan dengan pilihan kuah berupa gule kambing, ayam, atau sapi. Apa pun gulenya, rasanya nikmat semua. Sesuaikan saja dengan seleramu. Harganya mulai dari 10.000 rupiah per porsi.

Sambel Welut Pak Sabar

Jika kamu sering mengikuti lomba 17-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan belut. Belut biasanya jika dimasak akan memiliki rasa dan bau amis. Tapi tidak jika diolah oleh Pak Sabar. Menggunakan bumbu dari kencur dan sambal bawang pedas, belut ini rasanya jadi nikmat dan tidak amis. Dinikmati dengan sepiring nasi hangat, rasanya akan semakin lezat.

Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang Tahu ini juga dikenal sebagai kembang tahu. Kacang kedelai diolah menjadi pudding lembut yang disajikan dengan kuah jahe yang manis dan pedas. Hidangan ini cocok dinikmati pada pagi hari atau malam hari. Wedang Tahu Bu Sukardi ini sangat nikmat hingga bisa ludes dalam waktu 1,5 jam saja.

Duh, jadi lapar ya!

270

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here