Sumber: Tour Hotel Bali

Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan dalam negeri, tapi juga bagi wisatawan mancanegara. Daya tarik utamanya adalah pantai-pantai yang menjadi surga para peselancar.

Meski Bali terkenal dengan pantainya, bukan berarti para wisatawan tidak bisa menikmati Bali dari sisi kebudayaannya. Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia, selain Yogyakarta, yang masih kental budaya. Bagi kamu yang ingin menikmati budaya Bali, tempat yang tepat adalah Garuda Wisnu Kencana. Garuda Wisnu Kencana ini berada di Jalan Raya Uluwatu, Kuta Selatan.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Garuda Wisnu Kencana? Simak jawabannya berikut ini!

Mengapresiasi Patung Dewa Wisnu, burung Garuda, dan tebing batu kapur Lotus Pond

Sumber: Momma Jalan Jalan

Objek utama dari Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung Dewa Wisnu berukuran raksasa yang berwuju setengah badan yang dipajang di Plaza Wisnu. Ukuran patung ini tingginya mencapai 20 meter. Beralih ke Plaza Garuda, kamu akan menemukan sebuah patung burung Garuda setinggi 18 meter yang tidak kalah megahnya. Kedua patung ini dibuat dari material tembaga, perunggu, dan baja.

Setelah kamu puas mengapresiasi kedua patung yang berseni tinggi tersebut, kamu bisa mengunjungi kolam air mancur yang airnya berasal dari mata air suci. Menurut kepercayaan setempat, pengunjung yang minum air ini akan lancar rezeki, lancar jodoh, dan penyakitnya disembuhkan.

Sesudah itu kamu bisa pergi ke arah tebing batu kapur Lotus Pond. Keindahan tebing batu kapur ini begitu indah dan artistik. Cocok untuk dijadikan latar belakang foto yang keren.

Pertunjukan seni tradisional

Selain menikmati karya seni yang tidak bergerak seperti patung dan tebing batu kapur, kamu juga bisa menyaksikan karya seni yang hidup seperti pertunjukan kesenian tradisional. Garuda Wisnu Kencana sendiri memiliki area outdoor khusus bernama Street Theatre dan amfiteater sebagai arena pertunjukan. Beberapa kesenian tradisional yang bisa kamu saksikan di sini adalah tari kecak, tari barong, tari rangda, hingga pertunjukan music tradisional.

Sedangkan area Lotus Pond sering dijadikan sebagai area pertunjukan konser musik dan pertemuan bertaraf internasional dengan kapasitas peserta yang besar. Pertunjukan yang diadakan di sini semakin menyenangkan karena ditemani latar belakang dinding tebing yang eksotis.

Pertunjukan kesenian di area Garuda Wisnu Kencana ini pada umumnya terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya saja, kamu harus memperhatikan jadwal pertunjukannya agar tidak ada yang terlewat.

Menjajal outbound

Tidak melulu tentang budaya, Garuda Wisnu Kencana juga memiliki area outbound. Beberapa permainan yang bisa kamu coba adalah flying fox, marine bridge, hingga mengendarai ATV. Jika kamu terlalu takut atau malas untuk menjajal kegiatan outbound ini, kamu bisa beralih ke penyewaan Segway atau kendaraan mini beroda dua untuk berkeliling area Garuda Wisnu Kencana. Biaya sewanya sekitar 50.000 rupiah per 10 menit.

Balairung Dewi Sri

Area berikutnya yang harus kamu kunjungi di Garuda Wisnu Kencana adalah Balairung Dewi Sri. Area ini sebenarnya merupakan aula pertemuan, namun pihak pengelola menyediakan beberapa layanan gratis di sini seperti pembuatan karikatur, menghias kuku, mengepang rambut, membuat tato temporer, hingga melukis batik. Lumayan kan ya bisa menjajal layanan gratis ini.

Jendela Bali The Panoramic Resto

Sumber: Trip Advisor

Garuda Wisnu Kencana ini cukup luas sehingga kamu akan kecapaian setelah mengelilingi seluruh bagiannya. Ketika sudah puas berkeliling ini, pastikan kamu mampir ke Jendela Bali The Panoramic Resto untuk mengenyangkan perut. Menu yang ditawarkan oleh restoran ini adalah kuliner khas Bali. Agar waktu makan semakin menyenangkan, pilihlah tempat duduk outdoor.

Di restoran ini kamu tidak hanya disuguhi makanan tapi juga pertunjukan kesenian seperti musik rindik, tari legong, dan salsa.

GWK Photo Studio

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki pakaian tradisional tersendiri, begitu juga dengan Bali. Bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman tambahan, cobalah berkunjung ke GWK Photo Studio di mana kamu bisa menggunakan pakaian tradisional Bali yang lengkap dengan aksesorisnya kemudian berfoto dengan banyak pilihan latar belakang.

Harga untuk sesi foto di GWK Photo Studio ini berkisar antara 200.000 hingga 600.000 rupiah tergantung dengan paket yang dipilih. Hasil fotonya akan dicetak langsung dalam ukuran 6R. lumayan untuk dipajang di ruang keluarga sebagai pengingat liburan ke Bali.

Jika kamu tidak suka berfoto di dalam ruangan menggunakan latar belakang buatan, kamu bisa melakukan permintaan untuk berfoto di luar ruangan yang latar belakangnya sangat indah. Layanan photo studio ini hanya tersedia pada pukul 10:00 hingga 19:00 saja setiap harinya.

Baca Juga: 9 Aktivitas Unik yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling ke Bali

Itulah 6 kegiatan yang bisa kamu lakukan selagi berada di Garuda Wisnu Kencana. Jadi, jangan lupa masukkan Garuda Wisnu Kencana ke dalam daftar kunjungan ya!

379

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here