Sumber: Sejarah RI

Makassar yang menjadi ibukota dari Sulawesi Selatan adalah salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Pembangunan di kota ini cukup pesat jika dibandingkan dengan kota lain yang ada di wilayah timur Indonesia.

Makassar juga dikenal sebagai kota pelabuhan yang aktif sejak era penjajahan Belanda di abad ke 17 hingga saat ini. Selain sebagai jalur perdagangan, Makassar juga memiliki sejumlah kuliner yang nikmat dan tentunya beragam tempat wisata yang akan menyempurnakan liburan para wisatawan.

Kali ini kita akan membahas daftar tempat wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan. Disimak ya!

Bendungan Kampili

Sumber: Aneka Wisata Nusantara

Yang namanya bendungan, mungkin terlintas di benak kamu di tempat tersebut hanya ada air dan bebatuan. Memang benar, namun Bendungan Kampili memiliki pemandangan yang cukup memukau. Bebatuan besar nan cantik turut menghiasi bendungan ini. Di antara batu tersebut mengalir air yang berasal dari Sungai Jeneberang.

Dari atas, pemandangannya biasa saja. Namun begitu kamu turun ke bagian dasar, pemandangannya begitu memukau. Tidak heran kalau Bendungan Kampili sering dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.

Danau Tanralili

Danau Tanralili berada di Dusun Lengkese, di kaki Gunung Bawakaraeng. Untuk tiba di lokasi, kamu perlu berkendara selama 2 jam dari pusat kota Makassar. Danau yang terbentuk akibat proses alami ini dikelilingi oleh Lembah Loe sehingga pemandangannya begitu indah.

Gunung Bawakaraeng

Nama Gunung Bawakaraeng sendiri memiliki arti sebagai Mulut Tuhan. Dinamai demikian karena para penganut sinkretisme percaya kalau tempat ini adalah tempat pertemuannya para wali. Selain itu, pemandangannya pun begitu mempesona. Tidak heran sih jika diberi nama Mulut Tuhan.

Setelah berhasil mendaki hingga ke puncak Gunung Bawakaraeng, kamu akan disuguhi oleh pemandangan lembah, lautan, dan kota Makassar dari ketinggian. Jika datang pada saat siang hari dan cuaca berawan, siap-siap berdecak kagum karena kamu akan dibawa ke negeri di atas awan.

Jika membayangkan mendaki gunung akan terasa berat dan melelahkan, ingatlah di sepanjang perjalanan nanti kamu bisa menemukan pemandangan yang cukup menarik seperti Lereng Malino sebagai penyemangat.

Kepulauan Spremonde

Sumber: Regina Tiatira

Area Selat Makassar memiliki banyak gugus pulau kecil yang sering disebut sebagai Kepulauan Sperminde. Totalnya ada sekitar 115 pulau. Ukuran pulau-pulau yang kecil ini membuatnya menjadi pulau tak berpenghuni. Kamu yang ingin menyendiri dan menikmati alam bisa berkunjung ke salah satu pulau tersebut. Dari 115 pulau tersebut ada 2 pulau yang menjadi favorit para wisatawan yakni Pulau Samalona dan Pulau Lae Lae.

Pulau Samalona memiliki pantai berair jernih yang dikelilingi oleh pasir putih. Terumbu karangnya begitu cantik sehingga menjadi spot terbaik untuk snorkeling. Pastikan untuk membawa kamera anti air untuk mengabadikan momen ya.

Beralih ke Pulau Lae Lae, kamu tidak hanya bisa menemukan pantai cantik tapi juga puing-puing bangunan peninggalan Jepang. Bagaimana bisa pulau kecil ini dihuni oleh Jepang? Jadi pada masa Perang Dunia, pihak Jepang membangun benteng di sini karena lokasinya hanya berjarak 1,5 km dari Pantai Losari. Benteng ini konon terhubung dengan benteng Fort Rotterdam melalui sebuah terowongan.

Setelah puas melihat jejak sejarah Jepang di Pulau Lae Lae, bersantailah sebentar dan menantikan matahari terbenam untuk pemandangan yang cantik tiada duanya.

Museum Balla Lompoa

Aneh rasanya jika kamu tidak mendengar sejarah mengenai Kerajaan Gowa selama masa pendidikan dulu. Kerajaan yang berdiri sejak abad ke 13 ini adalah kerajaan yang paling berkuasa di Sulawesi Selatan. Jika belajar tentang kerajaan ini lewat buku teks, mampirlah ke Museum Balla Lampoa yang dulunya merupakan istana Raja Gowa XXXI.

Bentuk bangunannya menyerupai rumah kayu panggung khas Makassar. Di sini kamu bisa melihat beragam peninggalan sejarah milik Kerajaan Gowa mulai dari mahkota, pakaian keluarga kerajaan, perhiasan, furnitur, hingga alat perang. Pengunjung juga bisa berfoto menggunakan pakaian keluarga kerajaan loh! Lebih serunya lagi, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun saat berkunjung.

Baca Juga: Jadikan Liburan Singkatmu Berkesan Dengan Mengunjungi 7 Museum di Jakarta Ini!

The Level

Bosan pergi ke tempat wisata alam melulu? Jika iya, inilah saatnya beralih ke tempat nongkrong dan hiburan malam ternama di Makassar, The Level. The Level berada di depan Pantai Losari. Area lantai satu dipergunakan sebagai restoran yang menyajikan hidangan berkelas. Sedangkan area lantai dua digunakan sebagai Classic Club untuk menghibur para anak muda Makassar.

Fort Rotterdam

Bicara tentang wisata Makassar, kamu jelas tidak bisa melupakan Fort Rotterdam begitu saja. Benteng peninggalan sejarah milik Belanda yang juga menjadi ikon kota Makassar ini sudah berdiri dari tahun 1545. Kondisinya masih terawat dengan baik sehingga bisa berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain menikmati kemegahan benteng, kamu perlu mengunjungi kawasan Museum Negeri La Galigo yang ada di dalamnya. Di museum ini kamu bisa melihat beberapa artefak seperti perahu tradisional, alat music kuno, hingga kostum tradisional.

Demikian 15 daftar tempat wisata di Makassar dan Sulawesi Selatan yang perlu kamu ketahui. Jadi tertarik untuk segera berlibur ke sana, ya?

284

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here