Tampaknya, sebentar lagi sudah memasuki musim liburan ya, entah liburan sekolah, kuliah ataupun lebaran. Tak melulu ke Luar Negeri untuk menikmati masa – masa liburan, sebagai negara yang kaya akan potensi alamnya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata untuk dijelajahi. Dari mulai wisata laut dan pantai, pegunungan, danau, hutan, dan masih banyak lagi yang lainnya, semua bisa dengan mudah ditemukan di Negeri Kebanggaan kita ini. Kamu bisa menikmati keindahan – keindahan kota di Indonesia dan juga menyantap kuliner khas nusantara. Yuk intip destinasi – destinasi tersebut!

  1. Bangka

Bangka adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang murni terutama pantainya. Setidaknya ada 7 pantai yang bisa kamu kunjungi jika kamu mempunyai rencana untuk liburan kesini, seperti Pantai Parai Tenggiri, atau Pantai Batu Dinding. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Red Hill, panorama bebatuan bewarna merah bata yang instagrammable, uniknya lagi terdapat danau Ampar ditengahnya. Tak hanya pantai kamu bisa mengunjungi salah satu ikon di Bangka, yaitu Jembatan Emas. Hal istimewa dari jembatan ini adalah karna jembatan ini bisa terbuka dan tertutup jika ada kapal besar yang akan lewat.

2. Semarang

Kota yang dijuluki “Little Netherland” merupakan salah satu destinasi favorit bagi turis, karena menyimpan segudang spot wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata religi, alam, kuliner, sejarah dan juga budaya. Untuk wisata religi kamu bisa mengunjungi kelenteng Sam Po Kong, dengan hanya membayar Rp 8.000,- saja. Banyak para wisatawan kesini untuk menikmati megahnya kelenteng ini, hal unik lainnya juga terdapat sumur dengan sumber air yang tidak pernah habis dan Goa Sam Poo yang terletak tepat di bawah kelenteng ini. Yang pasti harus kamu kunjungi adalah Lawang Sewu sebagai obyek wisata yang sangat terkenal karena sejarahnya. Jangan lupa bawa oleh – oleh lumpia semarang, lumpia semarang yang diisi dengan rebung adalah oleh – oleh wajib yang harus dibawa lho!

3.  Solo

Solo merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Selain dikenal sebagai Kota Budaya,Kota Solo juga mendapat julukan sebagai Kota Batik dan Kota Bengawan. Wisata yang murah dan terjangkau ditambah keramahan penduduk lokal Solo menjadi nilai plus terhadap perkembangan pariwisata di Kota Solo. Kamu bisa mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta, keraton yang didirikan pada tahun 1744 Susuhunan Pakubuwono II. Terdapat juga sumur yang konon digunakan oleh Raja untuk bersemedi. Kamu juga bisa mengunjungi Tugu Lilin yang merupakan simbol Hari Kebangkitan Nasional. Tidak lengkap jika kamu tidak mengunjung Kampung Batik Kauman, kamu bisa melihat proses pembatikan kain secara langsung, harga batik nya mulai dari puluhan ribu sampai ada juga yang jutaan rupiah, karena batik yang diproduksi dari Kampung Batik Kauman ini sudah terkenal hingga mancanegara.

4. Berau

Berau adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Berau adalah gerbang masuk menuju Kepulauan Derawan, salah satu primadona wisata bahari di Indonesia. Biasanya Berau disebut dengan “Maldives” di Kalimantan Timur karena kamu bisa menemukan resort yang terdapat di atas air layaknya di Maldives. Kamu juga bisa menikmati pasir putih dan wisata diving dan snorkeling disini karena lautnya yang sangat jernih. Paling tidak ada empat kepulauan yang terkenal, yaitu Maratua,  Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Disini juga kamu bisa menikmati berenang bersama ubur – ubur dengan tenang dan juga melihat penyu hijau dan penyu sisik langka bertelur.

5. Gorontalo

Kota Gorontalo adalah kota yang sedang hits yang menawarkan wisata hiburan yang tak terlupakan untuk kamu dan keluarga atau teman – temanmu. Tempat wisata yang sangat terkenal disini adalah Pulau Cinta pulau yang berbentuk seperti hati, sama seperti yang terdapat di Berau, disini ada juga resort yang terdapat di atas air laut. Kamu juga bisa menikmati aktivitas air yang menantang di Pantai Botubarani, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ikan hiu paus. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi Masjid Kubah Emas Walimah, yang unik dari masjid ini tentunya empat kubah kecil yang mengapit satu kubah utama berukuran lebih besar berwarna emas. Kamu juga bisa berfoto di area kolam masjid dengan latar belakang pemandangan alam Gorontalo yang mempesona. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, membuat masjid ini tenang dan jauh dari keramaian.

6. Raja Ampat

Raja Ampat adalah destinasi sebagai wisata favorit para turis mancanegara untuk menikmati keindahan yang menakjubkan. Dengan Pesona pantai – pantai yang indah setidak nya ada sekitar 15.000 wisatawan yang mengunjungi Raja Ampat setiap tahunnya. Raja Ampat juga memiliki flora dan fauna terlengkap di dunia dan juga memiliki salah satu spot diving terbaik di dunia. Selain itu disini kamu juga bisa mendapatkan souvenir unik seperti rahang hiu dengan gigi yang masih menancap kuat pada rahang tersebut. Dan yang paling langka adalah kalung Raja Kofiau (dari tengkorak kepala anjing dan tulang ikan duyung). Lalu kamu juga bisa menikmati beberapa aktivitas, seperti melihat burung cendrawasih, dan juga mendaki wayag, mendaki gunung batu ke puncaknya dengan kemiringan nyaris vertikal. Walaupun lumayan menguras kantong, tapi kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangat jarang ditemui di kota lainnya.

7. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah tempat wisata yang menghadirkan hewan eksotis yaitu komodo sebagai atraksi utamanya. Kalian bisa melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungannya. Selain banyak pulau – pulau yang menajubkan kalian harus datang ke tempat wisata utamanya, yaitu Wae Rebo, sebuah desa yang dijuluki berada di atas awan karena terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut. Kalian bisa mendapat pengalaman baru dengan budaya dan kisah manggarai disini. Selain itu juga ada Goa Batu Cermin kamu bisa melihat panorama indah disini.

735

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here