Sumber: Appliances Online

Australia adalah negara dengan 4 musim, namun Australia hanya populer dengan musim panasnya saja. Hal tersebut bisa jadi karena Australia tidak memiliki White Christmas alias Natal bersalju. Australia ini mengalami musim panas dan musim dingin yang waktunya berlawanan dengan negara 4 musim lainnya. Di saat negara lain sedang musim dingin dan bersalju, Australia justru tengah menghadapi musim panas.

Padahal musim dingin di Australia yang terjadi pada bulan Juni hingga Agustus juga menarik untuk dilalui. Di saat musim dingin, sejumlah tempat wisata dan pusat kota akan menjadi lebih sepi dari musim panas. Selain itu, sejumlah komunitas pun menyelenggarakan festival musim dingin yang menarik. Udaranya pun tidak terlalu dingin sehingga tubuh kita masih bisa beradaptasi dengan mudah.

Penasaran dengan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan secara detail saat musim dingin di Australia? Inilah daftar kegiatan tersebut!

Berkunjung ke sejumlah museum

Di saat musim dingin, berada di dalam ruangan akan lebih nyaman. Kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi sejumlah museum di Australia, khususnya Sydney. Sydney ini memiliki banyak museum, namun salah satu yang cukup menarik adalah Museum Powerhouse.

Di Museum Powerhouse kamu bisa menemukan berbagai koleksi seni dan sains terapan. Pada waktu-waktu tertentu, museum ini menjadi area diadakan berbagai pameran temporer yang tidak kalah menarik misalnya saja pameran seputar film The Lord of The Rings.

Museum berikutnya yang juga menarik adalah Museum Sydney di mana kamu bisa mempelajari sejarah tentang kota ini. Ada juga Australian Museum di mana kamu bisa melihat sejumlah fosil satwa dan menambah ilmu pengetahuan terkait satwa liar Australia.

Menjadi saksi mata ikan paus yang bermigrasi

Tahukah kamu kalau ikan paus yang berada di bumi selatan akan bermigrasi ke bumi utara di saat musim dingin? Musim dingin di Australia adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan kegiatan imigrasi para ikan paus ini. Jika beruntung, kamu bisa melihat mereka menunjukkan diri di atas permukaan laut.

Untuk menyaksikannya, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Pertama adalah menggunakan aplikasi khusus di smartphone untuk memantau lokasi keberadaan ikan paus. Umumnya, ada di sepanjang garis pantai Australia. Kedua adalah bergabung dengan tur khusus yang mengejar keberadaan ikan paus. Tur ini akan mengajak kamu berkeliling menemukan ikan paus menggunakan perahu atau helikopter. Rasanya pasti luar biasa sekali jika bisa melihat ikan paus dengan mata kepala sendiri, bukan?

Mengikuti festival musim dingin

Sumber: Sydney

Di antara sekian banyak festival musim dingin di Australia, festival yang paling populer adalah VIVID Sydney. Festival yang diadakan pada akhir bulan Mei atau awal Juni setiap tahun ini merupakan festival lampu, musik, dan seni terbesar yang ada di bumi selatan. Kamu bisa melihat Gedung Opera Sydney bermandikan cahaya cantik pada saat festival ini berlangsung.

Agar lebih leluasa menikmati festival ini, datanglah pada hari biasa di mana pengunjungnya tidak terlalu berdesak-desakan.

Baca Juga: 5 Kota yang Bisa Kamu Nikmati dengan Tur Helicopter

Berburu aurora

Biasanya jika ingin menyaksikan aurora, para wisatawan akan berkunjung ke Eropa. Bagi kamu yang belum kesampaian pergi ke Eropa, coba saja berburu aurora yang ada di Australia. Meski aurora di sini cukup langka dan sulit ditebak, tapi kamu masih memiliki peluang untuk melihatnya. Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup lama untuk tinggal di Australia untuk mewujudkannya.

Salah satu area yang menjadi lokasi munculnya aurora adalah Tasmania. Waktu munculnya aurora adalah di sepanjang musim dingin hingga September. Untuk melacak keberadaan aurora, kamu bisa menggunakan aplikasi Star Walk di smartphone atau bergabung dengan grup Aurora Australis Tasmania di Facebook yang selalu update tentang lokasi aurora secara real-time.

Menjajal aneka olahraga seru

Sumber: ABC

Percaya atau tidak, kamu masih bisa menjajal olahraga air seperti selancar, berenang, dan snorkeling di Australi ketika musim dingin tiba. Pasalnya air laut bisa dibilang masih terasa cukup hangat, sehingga nyaman di tubuh. Kamu pun bisa berlama-lama bermain di dalam air.

Olahraga lainnya adalah ski salju karena hanya bisa dimainkan pada saat musim dingin saja. Untuk menjajal ski salju, kamu harus pergi ke Gunung Buller atau Resort Ski Perisher. Di sana, seluruh bagiannya tertutup dengan salju tebal. Bagi kamu yang baru pertama kali bermain ski salju, tenang saja karena di sini ada banyak tebing dengan beragam tingkat kesulitan.

Road trip di alam terbuka

Lagi musim dingin kok malah road trip di alam terbuka? Jangan salah paham dulu, pasalnya melakukan road trip di musim dingin akan jauh lebih menyenangkan daripada melakukannya di saat musim panas. Cuacanya tidak terlalu dingin, cukup hangat. Sedangkan pada musim panas, kamu harus melawan udara panas yang begitu menyengat kulit. Peluang turun hujan dan badai monsoon juga lebih kecil di saat musim dingin.

Lokasi yang cocok untuk melakukan road trip adalah dari Darwin menuju Alice Springs yang memiliki banyak gurun, sambil melewati destinasi wisata alam Uluru yang begitu mempesona.

Yuk, segera pesan tiket pesawat untuk liburan musim dingin di Australia!

771

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here