Sumber: Conde Nast Traveller

Saat mendengar kata gurun, kita akan membayangkan dataran luas yang dipenuhi pasir dan sangat gersang, cuacanya siang pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Gurun juga identik dengan binatang unta dan oasis.

Padahal, gurun tidak hanya terbatas untuk padang pasir saja. Pada dasarnya gurun adalah sebuah daerah yang luas, tandus, dan gersang. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa gurun bisa berbentuk kumpulan es. Ya, berdasarkan letak geografisnya, gurun dibagi menjadi empat jenis. Jenis-jenis gurun tersebut adalah gurun pantai dingin (cool coastal deserts), gurun musim dingin (cold winter deserts), gurun kutub (polar deserts), dan gurun subtropis (subtropical deserts).

Sepertiga daratan ini ternyata merupakan area gurun. Penasaran gurun apa saja yang menyandang predikat gurun terluas di dunia? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Gurun Antartika (14.000.000 km2)

Gurun Antartika adalah salah satu gurun kutub yang terletak di benua antartika. Luasnya kurang lebih sekitar 14.000.000 kilometer persegi yang menjadikannya sebagai gurun terluas di dunia. Gurun kutub yang satu ini ditutupi oleh es yang sangat dingin. Suhunya bisa mencapai -85 hingga -90 derajat Celcius pada saat musim dingin dan sekitar 30 derajat lebih tinggi dari musim dingin pada saat musim panas. Kawasan Gurun Antartika ini memiliki curah hujan hanya 200 mm. Pada waktu tertentu, hanya ada sekitar 1.000 orang yang menghuni gurun ini. Fauna yang bisa ditemui di gurun Antartika ini adalah penguin, singa laut, anjing laut, dan ikan paus.

Gurun Arktik (13.726.937 km2)

Sumber: Ruang 10

Gurun Arktik yang menjadi gurun terluas kedua di dunia ini berada di sejumlah wilayah negara seperti Alaska, Rusia, Kanada, Islandia, Greenland, Norwegia, dan Lapland. Luasnya mencapai 13.736.937 kilometer persegi. Pada dasarnya gurun yang berada di kutub utara bumi ini merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh beberapa pohon dan tanah beku. Fauna yang hidup di Gurun Arktik adalah ikan, sejumlah mamalia laut, dan burung.

Gurun Sahara (9.100.000 km2)

Gurun Sahara adalah salah satu gurun yang termasuk dalam jenis gurun subtropis. Bentang gurun yang terletak di utara benua Afrika ini memiliki luas sekitar 9.100.000 kilometer persegi. Kawasan gurun ini membentang luas dari Samudera Atlantik hingga Laut Merah dan dari Mauritania di sebelah barat hingga ke Mesir sebelah timur. Gurun terluas ketiga di dunia ini juga membagi benua Afrika Utara dan Afrika Selatan.

Gurun Arabia (2.330.000 km2)

Gurun yang termasuk dalam jenis gurun subtropis lainnya adalah Gurun Arabia. Sebagian besar wilayah Gurun Arabia ini terletak di semenanjung Arab dan memiliki luas sekitar 2.330.000 kilometer persegi. Gurun terluas keempat di dunia ini membentang luas dari negara Yaman hingga Teluk Persia dan Oman hingga ke Irak.

Gurun Gobi (1.300.000 km2)

Gurun Gobi adalah salah satu gurun yang termasuk dalam jenis gurun musim dingin. Gurun ini merupakan gurun terluas kelima di dunia sekaligus yang terluas di China. Padang gurun yang memiliki luas sekitar 1.300.000 kilometer persegi ini berada di bagian selatan Mongolia. Gurun Gobi sendiri memiliki beberapa bagian daerah geografis dan ekologis karena adanya perbedaan iklim dan topografi. Kawasan Gurun Gobi berbatasan langsung dengan dataran tinggi Tibet, Pegunungan Altai, Padang Rumput Mongolia, dan dataran China Utara. Fauna yang terkenal dari Gurun Gobi adalah cacing maut Mongolia.

Gurun Kalahari (900.000 km2)

Gurun Kalahari termasuk dalam jenis gurun subtropis yang berada di bagian selatan Afrika, meliputi sebagian besar area Bostwana dan beberapa bagian di Namibia. Gurun yang luasnya kurang lebih sekitar 900.000 kilometer persegi ini memiliki curah hujan sebesar 3 hingga 7 inchi per tahunnya.

Gurun Patagonia (670.000 km2)

Gurun yang termasuk dalam jenis gurun musim dingin ini sering disebut juga sebagai Stepa Patagonia. Dengan luas 670.000 kilometer persegi, Gurun Patagonia berhasil meraih peringkat ketujuh sebagai gurun terluas di dunia dan pertama untuk Amerika.

Baca Juga: Catat, Inilah Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Musim Dingin

Gurun Great Victoria (647.000 km2)

Sumber: Australia For Everyone

Gurun Great Victoria merupakan salah satu gurun berjenis gurun subtropis. Menempati urutan ke 8 terluas di dunia, Gurun Great Victoria ini juga merangkap sebagai gurun terluas di Australia. Gurun ini memiliki banyak batu-batu kecil, danau garam, dan dataran padang rumput. Kawasan yang memiliki luas sekitar 647.000 kilometer persegi ini bersuhu 32-40 derajat Celcius pada musim panas dan 18-23 derajat Celcius pada saat musim dingin.

Gurun Syrian (520.000 km2)

Sama seperti Gurun Great Victoria, Gurun Syria juga termasuk dalam jenis gurun subtropis. Gurun yang memiliki luas kurang lebih 520.000 kilometer persegi ini juga sering disebut dengan nama Siro Arab. Gurun Syria ini merupakan kombinasi antara padang dan gurun. Letaknya ada di Semenanjung Arab yang meliputi area Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Yordania.

384

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here