Jakarta, Tamasya – Saat kamu memesan tiket pesawat, pasti pernah mendengar pembagian kelas seperti kelas ekonomi dan bisnis, bukan? Kecuali jika kamu memesan tiket pada maskapai penerbangan berbiaya rendah karena maskapai ini hanya menyediakan kelas ekonomi saja.

Layaknya kereta api, pembagian kelas pada pesawat ini juga memiliki perbedaan dari sisi harga dan pelayanan. Pada dasarnya, semakin tinggi harga kelas penumpang pesawat, tentu kenyamanan dan pelayanannya semakin baik. Lalu, apa saja perbedaan pelayanan dari kelas ekonomi dan bisnis di pesawat? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

  1. Perbedaan harga

Perbedaan yang paling mudah terlihat adalah dari segi harga. Harga tiket kelas ekonomi lebih murah dibandingkan harga tiket kelas bisnis. Kelas ekonomi ini merupakan kelas yang cocok untuk wisatawan yang ingin terbang dengan murah atau menghemat budget liburan. Sedangkan kelas bisnis biasanya diincar oleh orang yang mengutamakan pelayanan dan kenyamanan selama penerbangan sehingga rela mengeluarkan kocek lebih dalam.

  1. Perbedaan proses check-in

Tahukah kamu kalau counter check-in penumpang pesawat kelas bisnis dan ekonomi berbeda juga? Counter check-in penumpang pesawat kelas bisnis berada terpisah sehingga bisa mendapatkan layanan yang lebih mudah dan personal. Proses check-in pun bisa dibilang lebih cepat dibandingkan proses check-in penumpang pesawat kelas ekonomi karena tidak perlu mengantri panjang dan menunggu lama pengecekan data. Sedangkan para penumpang pesawat kelas ekonomi harus rela mengantri panjang di counter check-in biasa bersama ratusan penumpang lainnya.

  1. Perbedaan ruang tunggu

Saat menunggu waktu keberangkatan, para penumpang pesawat akan duduk di ruang tunggu umum yang ada di bandara. Biasanya di ruang tunggu ini disediakan kursi panjang berjejer untuk para penumpang pesawat kelas ekonomi. Sedangkan para penumpang pesawat kelas bisnis memiliki ruang tunggu terpisah berupa lounge khusus dari maskapai yang digunakan. Lounge tersebut memiliki beberapa layanan seperti makan dan minum, kursi pijat, Wi-Fi gratis, dan berbagai layanan lainnya yang akan memanjakan para penumpang selama menunggu waktu keberangkatan pesawat.

  1. Perbedaan layanan antar jemput penumpang

Jika para penumpang pesawat kelas ekonomi harus mengantri menunggu bus untuk menuju pesawat terbang di lapangan, maka para penumpang kelas bisnis memiliki bus khusus tanpa harus mengantri atau berdesak-desakan.

  1. Perbedaan jumlah penumpang

Di dalam kabin pesawat, penumpang pesawat kelas bisnis memiliki areanya tersendiri yang berada di bagian depan dan dibatasi oleh partisi dari area kelas ekonomi. Jumlah penumpangnya hanya puluhan, sekitar 36 orang saja dalam satu pesawat. Dengan demikian area kelas bisnis ini cukup privat dibandingkan dengan area kelas ekonomi.

Untuk pesawat berjenis Airbus A330-200 misalnya, formasi kursi kelas bisnis adalah 2-2-2 dengan jumlah 6 baris. Dari formasi ini bisa dibayangkan betapa luas ruang gerak yang dimiliki oleh penumpang pesawat kelas bisnis. Sedangkan area kelas ekonomi memiliki formasi 2-4-2 dan diisi oleh ratusan penumpang.

  1. Perbedaan kursi

Sumber: SkyLux Travel

Kursi yang digunakan di area kelas bisnis dan kelas ekonomi tentu berbeda juga. Dari segi posisi, kursi kelas bisnis berada di bagian depan sehingga para penumpang tidak perlu antri lama saat ingin naik dan turun pesawat. Berbeda dengan penumpang kelas ekonomi yang harus mengantri saat ingin naik dan turun dari pesawat.

Dari segi kenyamanan, kursi penumpang pesawat kelas ekonomi memiliki sandaran kursi yang bisa direbahkan. Materialnya juga cukup nyaman untuk beristirahat. Namun jarak antar kursi cukup dekat sehingga ruang gerak menjadi terbatas.

Sedangkan kursi penumpang pesawat kelas bisnis memiliki kenyamanan yang mumpuni. Kursinya bisa disandarkan sesuka hati penumpang. Jarak antar kursi penumpang pun cukup luas sehingga kaki nyaman bergerak ke segala arah. Kursinya sangat empuk dan disertai pijakan kaki. Tidak ketinggalan berbagai fitur lainnya yang memanjakan penumpang.

  1. Perbedaan penyajian meals on board

Sumber: 12Feed

Penumpang pesawat kelas ekonomi dan kelas bisnis sama-sama mendapatkan meals on board. Yang membedakan adalah cara penyajian meals on board. Pada kelas ekonomi, para penumpang diberikan 2 hingga 3 menu pilihan. Meals on board ini disajikan menggunakan wadah plastik di atas meja lipat kecil. Sedangkan para penumpang kelas bisnis diberikan lebih banyak pilihan menu. Meals on boardnya disajikan menggunakan gelas dan piring beling di atas meja bertaplak layaknya di restoran.

  1. Perbedaan jatah bagasi

Jatah bagasi para penumpang juga dibedakan sesuai kelas pesawat yang dibayarkan. Di Indonesia, penumpang pesawat kelas ekonomi akan mendapatkan jatah bagasi seberat 20 kg, sedangkan para penumpang pesawat kelas bisnis mendapatkan jatah bagasi seberat 30 kg.

  1. Layanan Wi-Fi

Untuk beberapa maskapai penerbangan, para penumpang kelas bisnis bisa menikmati Wi-Fi on board secara gratis sedangkan penumpang kelas ekonomi harus membayar tarif yang berlaku.

Sudah tahu perbedaannya? Lalu, kelas pesawat apa yang akan kamu pilih?

 

178

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here