Tamasya, Jakarta – Danau merupakan sebuah cekungan besar pada permukaan bumi yang diisi oleh air, baik air tawar atau air asin. Danau ada yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik, pergeseran permukaan bumi, bahkan buatan manusia.

Terlepas dari pembentuk danau itu sendiri, semua danau di bumi ini akan membuat siapa pun merasa tenang dan sejuk saat melihatnya. Meski indah, ada danau-danau yang memiliki kedalaman ekstrim. Penasaran dengan danau apa saja yang memegang predikat danau terdalam di dunia? Simak daftarnya berikut ini!

  1. Danau Tahoe, Amerika Serikat

Sumber: Tahoe South

Danau Tahoe adalah salah satu danau air tawar yang kedalamannya mencapai 501 meter. Lokasinya berada di perbatasan antara California dan Nevada di Amerika Serikat.

  1. Danau Toba, Indonesia

Danau yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ini ternyata menjadi salah satu danau terdalam di dunia yang kedalamannya mencapai 505 meter. Danau Toba ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik yang terjadi pada zaman purba. Selain mendapat predikat salah satu danau terdalam di dunia, Danau Toba juga mendapat predikat salah satu danau terbesar di dunia karena panjangnya mencapai 100 km dan lebar sekitar 30 km.

  1. Danau Matano, Indonesia

Selain Danau Toba, Danau Matano di Sulawesi juga mendapat predikat danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 590 meter. Berbeda dengan Danau Toba, Danau Matano ini terbentuk akibat aktivitas tektonik.

  1. Danau Great Slave, Kanada

Tidak hanya pemandangan di sekitarnya yang sangat mempesona, kedalaman Danau Great Slave juga begitu mencengangkan yakni sekitar 614 meter. Danau ini pertama kali ditemukan oleh Samuel Hearne pada tahun 1771 dalam keadaan beku. Di sekitar danau ini terdapat sebuah kamp bernama Dettah.

  1. Danau Crater, Amerika Serikat

Danau sedalam 654 meter yang terletak di negara bagian Oregon, Amerika Serikat ini sudah ada sejak 8.000 tahun yang lalu.  Keindahan pemandangan di sekitar danau ini membuatnya menjadi salah satu danau yang banyak dikunjungi wisatawan. Pada zaman dahulu, Danau Crater ini disebut dengan nama Deep Blue Lake atau Old Man of the Lake.

  1. Issyk Kull, Kirgistan

Issyk Kull adalah sebuah danau yang berada di bagian timur negara Kirgistan. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 668 meter dan merupakan akhir dari jalur aliran 118 sungai. Danau yang dipenuhi oleh air asin ini tidak pernah beku meski dihujani salju. Danau Issyk Kull juga dimanfaatkan sebagai penghasil garam. Tidak tanggung-tanggung, danau ini juga menyandang sebagai penghasil garam terbesar kedua setelah Laut Kaspia yang berada di antara benua Asia dan benua Eropa.

  1. Danau Malawi, Malawi – Mozambique – Tanzania

Danau Malawi atau yang biasa disebut sebagai Danau Nyassa ini berada di 3 wilayah yaitu Malawi, Mozambique, dan Tanzania. Danau Malawi ini merupakan danau terbesar ketiga di benua Afrika dan danau terdalam kedua di benua Afrika dengan kedalaman mencapai 720 meter. Danau yang memiliki iklim tropis ini merupakan habitat bagi beberapa mahkluk laut seperti ikan-ikan dan batu karang yang indah. Berminat untuk menyelam di danau terdalam ini?

  1. Danau Pinatubo, Filipina

Danau Pinatubo adalah salah satu danau terdalam di dunia yang lokasinya ada di Filipina. Danau yang juga menyandang predikat danau terdalam di Asia Tenggara ini memiliki kedalaman hingga 792 meter. Tidak seperti danau lainnya yang sudah terbentuk sejak ratusan hingga ribuan tahun silam, Danau Pinatubo ini justru terbentuk pada tahun 1991 akibat letusan Gunung Pinatubo.

  1. Danau San Martin, Chili & Argentina

Danau terdalam di dunia berikutnya berada di 2 negara sekaligus yakni Chili dan Argentina. Masyarakat Argentina sendiri menyebut danau ini sebagai Danau San Martin, sedangkan masyarakat Chili menyebutnya sebagai OHiggins. Keunikan dari danau yang kedalamannya mencapai 836 meter ini adalah karakteristik warnanya yang unik akibat proses suspensi batu-batu yang ada di danau ini.

  1. Danau Vostok, Antarika

Sumber: Science News for Student

Danau sedalam 1.005 meter ini berada di benua Antartika. Peneliti asal Rusia berhasil mengungkap sejarah iklim bumi pada 400.000 tahun yang lalu lewat penelitian di danau ini. Sedangkan untuk danau dan airnya sendiri, dipercaya sudah ada sejak 15 hingga 125 juta tahun yang lalu. Angka tersebut masih perkiraan saja karena danau ini sebenarnya berada di bawah lapisan es.

  1. Laut Kaspia

Meski namanya laut, Laut Kaspia ternyata tergolong danau karena karakteristiknya yang merupakan kumpulan air dikelilingi daratan. Laut Kaspia sendiri berada di 5 negara yaitu Rusia, Azerbaijan, Turkmenistan, Kazakhstan, dan Iran. Kedalamannya mencapai 3.363 meter.

  1. Danau Tanganyika, Kongo & Zambia

Danau Tanganyika berhasil menyandang predikat danau terdalam kedua di dunia dengan kedalaman mencapai 4.823 meter. Lokasinya berada di negara Kongo dan Zambia. Danau ini dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan warga setempat dengan menjadi nelayan dan sebagainya.

  1. Danau Baikal, Rusia

Predikat danau terdalam di dunia berhasil disandang oleh Danau Baikal di Rusia dengan kedalaman 5.336 meter. Danau Baikal ini memiliki volume air yang sangat banyak sehingga banyak orang menyebutnya sebagai danau terproduktif di dunia, yakni menghasilkan 20% dari jumlah air tawar yang ada di bumi.

365

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here