Jakarta, Tamasya – Saat merencanakan liburan, tempat yang paling sering dituju adalah gunung dan pantai. Tempat wisata favorit di kalangan masyarakat ini merupakan tempat yang pas untuk bersantai dan bermain. Beberapa permainan yang umum ditemui di pantai adalah berenang, banana boat, selancar, dan masih banyak lagi. Untuk yang memilih bersantai, bisa sambil menikmati pemandangan matahari terbenam atau sekedar menikmati angin dan suara deburan ombak.

Untuk berlibur ke pantai, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk perjalanannya karena pantai bisa dengan mudah ditemui di pinggir kota dan bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor atau perahu. Bagi kamu yang merencanakan untuk berlibur ke pantai pada akhir pekan ini, simak dulu daftar benda yang tidak boleh kamu lupakan berikut ini!

  1. Bawa minuman sendiri

Pada saat berlibur ke pantai, kamu akan diterpa oleh cuaca panas. Untuk menghindari dehidrasi, bawalah air minum sendiri menggunakan botol minum. Mengapa menggunakan botol minum? Hal ini untuk mengurangi sampah plastik di sekitar pantai. Lagi pula membawa air minum sendiri bisa membuatmu berhemat karena air minum yang dijual di tempat wisata harganya lebih mahal.

Jika ingin menikmati minuman yang dingin, ada trik sebuah trik khusus yang bisa kamu coba. Sehari sebelum pergi ke pantai, isilah botol minum hingga setengah bagian kemudian masukkan ke dalam freezer. Keesokan harinya saat hendak pergi, keluarkan botol minum tersebut dan penuhi dengan air. Dengan demikian kamu akan mendapatkan air dingin setibanya di pantai.

  1. Kantong kedap air

Liburan di pantai berarti kamu akan bermain air. Bawalah kantong kedap air yang mudah ditemukan di toko aksesoris. Dengan kantong kedap air ini kamu bisa puas bermain air tanpa harus khawatir ponsel dan dompet rusak atau basah. Beberapa kantong kedap air ini juga ada yang bisa dibawa menyelam sehingga kamu bisa mengambil foto di bawah air. Keren, ya?

  1. Kantong plastik

Kantong plastik yang dimaksud di sini adalah kantong plastik berukuran sedang atau besar. Fungsi kantong plastik ini adalah untuk menyimpan pakaian yang basah seusai bermain air dan handuk. Agar air yang terserap di baju tidak merembes keluar kantong plastik, pastikan untuk memerasnya dengan sempurna. Jika perlu, gunakan 2 kantong plastik sekaligus untuk membungkusnya. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir air akan merembes dan membasahi bagian dalam tas.

  1. Pelembab dan krim tabir surya

Berlibur di pantai memaksamu untuk terpapar sinar matahari terus menerus. Agar kulit tidak terbakar, pakailah krim tabir surya 15-30 menit sebelum bermain. Setelah puas bermain, kamu bisa menggunakan pelembab khusus yang bisa mendinginkan kulit setelah terkena sinar matahari.

  1. Topi dan kacamata hitam

Kulit sudah terlindungi dengan krim tabir surya, bagaimana dengan kesehatan mata? Agar lebih nyaman menikmati pemandangan pantai dan bermain tanpa perlu memejamkan mata karena silau, gunakan kacamata hitam atau topi.

  1. Handuk

Jangan lupakan handuk dalam daftar barang bawaanmu. Kamu harus mengeringkan badan seusai bermain di dalam air. Agar tidak memenuhi isi tas, sebaiknya bawa handuk berukuran kecil atau sedang. Jika terpaksa membawa handuk besar, gulunglah dengan rapi agar menyisakan sedikit ruang di dalam tas.

  1. Makanan ringan

Makanan ringan memang mudah ditemui di sekitar pantai. Tapi akan lebih baik jika membawanya dari rumah. Selain hemat, makanan ringan tersebut terjamin kebersihannya. Ditambah lagi, kamu tidak perlu berjalan atau membuang waktu untuk menuju kedai penjual makanan ringan tersebut.

  1. Pembersih tangan

Puas bermain air dan pasir, perut akan terasa lapar. Seringkali kamu lupa untuk membersihkan tangan yang kotor. Jika kamu tidak mau repot mencari toilet untuk cuci tangan, bawalah hand sanitizer atau tisu basah. Tangan bebas kuman, makanan pun terasa lebih enak dan tidak menimbulkan penyakit.

  1. Alas kaki yang nyaman

Saat berlibur ke pantai, alas kaki yang paling tepat adalah sandal. Pilihlah sandal yang tahan air. Sandal jenis ini akan lebih mudah dibersihkan ketika banyak pasir yang menempel, kamu cukup menyiramnya dengan air. Jika ingin dibawa masuk ke dalam air pun tidak masalah karena sandal ini tidak akan rusak. Hindari menggunakan sandal berbahan suede atau memiliki manik-manik, apalagi sandal dengan hak tinggi.

  1. Pakaian berwarna netral

Kegiatan di pantai adalah kegiatan yang santai. Gunakan pakaian santai yang mudah menyerap keringat dan berwarna netral. Menggunakan pakaian berwarna gelap akan membuat badanmu terasa lebih cepat kepanasan karena warna tersebut mudah menyerap sinar matahari.

Itulah 10 benda yang perlu kamu bawa ketika berlibur ke pantai. Setelah mencatat 10 benda tersebut, lakukan pengemasan setidaknya 2 hari sebelum keberangkatan. Mengemas barang semalam sebelum keberangkatan akan membuatmu terburu-buru dan melupakan barang yang penting. Selamat berlibur!

348

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here