Sumber: Travelling Donk

Wakatobi alias kawasan Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko berada di sebelah tenggara Pulau Sulawesi. Wakatobi ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dalam negeri dan mancanegara berkat keindahan terumbu karangnya.

Kawasan Wakatobi ini adalah destinasi wisata sempurna untuk kamu yang ingin menikmati pulau tropis. Jauh dari modernitas, kamu bisa puas bersenang-senang ditemani deburan ombak, matahari, bintang, pepohonan, terumbu karang, dan aneka satwa laut.

Kegiatan utama yang bisa kamu lakukan di sini tentu saja berenang, snorkeling, dan menyelam. Namun, apakah ada kegiatan lain selain tiga kegiatan tersebut? Tentu ada. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Menyaksikan sisa sejarah di Desa Liya Togo, Wangi-wangi

Sumber: Wakatobi Tourism

Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Wakatobi pun memiliki sejumlah bangunan peninggalan bersejarah seperti Benteng Liya Togo. Dilihat dari luar, benteng yang berdiri kokoh ini tidak akan membuatmu percaya kalau material bangunannya hanya berupa batu karang yang direkatkan dengan putih telur.

Selain benteng, ada juga masjid tertua di Indonesia bagian timur, sebuah kompleks pemakaman keramat, tradisi turun temurun seperti menenun kain tradisional, serta tidak ketinggalan pemandangan alam yang indah.

Mengasingkan diri di Pulau Nda’a & Pantai Hu’untete, Tomia

Pulau Nda’a adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Butuh waktu sekitar 40 menit untuk tiba di sini dari pusat kota Waha menggunakan kapal. Ukuran Pulau Nda’a ini tidak lebih besar dari lapangan sepakbola sehingga kamu hanya butuh waktu kurang dari sehari untuk mengeksplor pulau tak berpenghuni ini. Mau berjemur, piknik, berenang, snorkeling, atau pun mendirikan kemah? Bebas.

Masih di kawasan yang sama, ada juga Pantai Hu’untete adalah pantai terpanjang yang ada di Tomia. Pasirnya putih dan dikelilingi oleh tebing serta batu karang. Di bagian darat ada banyak pohon kelapa yang menambah kesan tropis di sini. Jika beruntung, kamu bisa bertemu penyu yang sedang bertelur di sini.

Menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di Kahianga Peak, Tomia

Wakatobi bisa dikatakan sebagai kawasan tropis yang identik dengan pantai. Jangan harap bisa menemukan gunung di sini. Yang ada hanyalah daratan setinggi 250 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, kamu tetap bisa mendaki Kahianga Peak ini untuk menyaksikan matahari terbenam dari sudut yang berbeda.

Dari Kahianga Peak, kamu bisa menikmati pemandangan desa-desa di Pulau Tomia, pantai berpasir putih, Pulau Lentea, Pulau Tolondano, hingga Pulau Binongko. Karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, fasilitas pun semakin dilengkapi. Ada lahan parkir, gazebo, toilet, dan masih banyak lagi.

Mengumpulkan foto keren di bawah laut

Menyelam di laut Wakatobi akan meninggalkan kenangan tersendiri karena masing-masing spot memiliki keindahannya tersendiri. Rasanya sayang jika kamu hanya bisa melihat dan bermain pada saat menyelam saja. Karena kamu tidak mungkin membawa ikan-ikan di sana, cobalah membawa kenangan dalam bentuk lain seperti berfoto di dalam laut!

Dihuni oleh 400 spesies koral dan 700 spesies ikan cantik, segala sudut di bawah laut ini merupakan spot foto yang sempurna. Pastikan kamu membawa kamera anti air terbaikmu ya! Bagi para fotografer profesional, kamu bisa menyalurkan hasrat untuk macro-diving photography dengan objek mahkluk laut yang unik seperti nudibranch atau kuda laut pygmy.

Bermalas-malasan dan menyendiri di Hoga Island Dive Resort, Kaledupa

Sumber: TripAdvisor

Hoga Island Dive Resort di Kaledupa adalah sebuah eco resort yang tepat untuk kamu bermalas-malasan dan menyendiri. Pemandangannya begitu indah, damai, tenang, dan asri. Bungalow-bungalownya berada di antara pohon-pohon kelapa dan menghadap laut lepas. Masing-masing bungalow memiliki hammock untuk bersantai. Jarak antar bungalow pun cukup jauh sehingga privasi kamu terjaga dengan baik.

Dengan keterbatasan internet, sinyal telepon, dan listrik, kamu bisa menikmati waktu berkualitas serta detoks gadget. Dan yang paling penting adalah rekan kerjamu tidak bisa mengganggu waktu liburan dengan urusan kantor karena mereka tidak bisa menghubungimu!

Menghabiskan momen bulan madu di Patuno Resort Wakatobi, Wangi-wangi

Pergi bulan madu ke Bali? Sudah biasa. Cobalah berkunjung ke Wakatobi, tepatnya di Patuno Resort. Lokasinya berada di pinggir pantai pribadi. Suasananya asri dan teduh karena ditumbuhi banyak pohon rindang. Bungalownya dibuat dari kayu dan bambu. Sangat natural dan menyatu dengan alam.

Menjelang senja, bersantailah di pinggir pantai sambil menyaksikan matahari terbenam yang menyudahi hari. Sangat romantis dan cantik pemandangannya! Tidak perlu merasa bosan di sini karena ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan bersama pasangan seperti bersepeda, diving, snorkeling, berlayar, dan bermain jetski.

Baca Juga: 5 Tempat untuk Hammocking di Sumbawa

Demikian 13 daftar kegiatan yang bisa kamu lakukan selagi liburan ke Wakatobi. Liburan ke pulau tropis tidak melulu harus bermain di pantai kan?

230

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here