Sumber: Good Indonesia Food

Termasuk dalam kategori kota besar di Indonesia, Medan memiliki beragam kebudayaan yang mempengaruhi kuliner khasnya. Cita rasa dari Melayu, Batak, Tionghoa, Arab, hingga India, bisa ditemukan di sini. Mulai dari halal dan yang tidak halal, bisa juga ditemukan di sini. Wisata kuliner di Medan rasanya tidak akan pernah selesai dalam waktu sebentar saja.

Untuk kamu yang mau berburu kuliner murah meriah nan lezat di Medan, ini daftarnya. Jangan ngiler dulu, ya!

Lontong Kak Lin

Hidangan lontong memang mudah ditemukan di seluruh kota di Indonesia. Namun Lontong Kak Lin ini akan membuat sarapan kamu lebih nikmat. Seporsi lontong khas Medan ini disajikan bersama dengan sate kerang dan aneka lauk sayuran, tidak ketinggalan kuah dan kerupuk yang membuatnya tambah nikmat.

Kedai Kopi Apek

Sumber: Aneka Info Unik

Para penggila kopi wajib mampir ke Kedai Kopi Apek. Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1922 ini terkenal dengan menu kopi O biji Sidikalang khas Medan serta roti bakar dan martabak telur. Bersantai di pagi atau malam hari bersama teman akan menjadi semakin menyenangkan. Bagi yang sudah berumur lanjut, dijamin akan menyukai tempat ini karena berlokasi di rumah jadul.

Rujak Kolam Takana Juo

Di kota lain, kamu juga bisa menemukan pedagang rujak. Tapi Rujan Kolam Takana Juo ini konon tidak ada tandingan rasanya. Rujak ini menggunakan sambal ulek yang dipadukan dengan gula merah dan taburan kacang. Rujak khas Minang ini memiliki rasa yang otentik dan unik.

Kari Bihun Tabona

Kari di Indonesia biasanya identik dengan momen lebaran. Tapi di Medan, kamu bisa mencicipi kari kapan pun kamu mau selagi berada di sana. Kari Bihun Tabona tersedia dalam pilihan daging ayam dan sapi. Dipadukan dengan bihun serta kuah kari kental, rasanya dijamin akan menggoyang lidah. Lokasi Kari Bihun Tabona ini ada di Jalan Mangkubumi nomor 17. Datanglah pada pagi hari karena mereka hanya buka pada pukul 6:30 hingga 11:30 saja.

Roti Tisu Martabak Gapa

Roti tisu atau crepe tipis yang ada di Martabak Gapa ini memiliki adonan yang renyah. Rasanya manis sekaligus gurih berkat perpaduan keju dan susu kental manis yang menjadi topingnya. Uniknya, roti tisu ini disajikan mengerucut dan cukup tinggi. Lokasi warung Martabak Gapa ini ada di Jalan Perniagaan.

Wajir Seafood

Menikmati hidangan seafood rasanya tidak cukup jika hanya satu atau dua porsi. Apalagi dinikmati bersama nasi hangat dan sambal seafood, pasti maunya tambah lagi dan lagi. Di Jalan Kolonel Sugiono ada sebuah tempat makan Wajir Seafood. Menu favorit para pengunjung di sini adalah cumi telur asin dan kepiting lunak. Harganya cukup ramah di kantong. Kondisi tempat makannya pun sederhana, hanya menggunakan meja panjang dan beratapkan langit. Meski demikian, rasanya tidak perlu diragukan.

Nasi Ayam Mama Koki

Sumber: Instaview

Dilihat dari namanya, kamu bisa menebak kalau menu andalan di rumah makan ini adalah ayam goreng. Yang membuat Nasi Ayam Mama Koki ini berbeda dengan ayam goreng lainnya adalah perpaduan ayam goreng dengan saus manis yang meresap hingga ke daging. Nasi ayam ini disajikan bersama kuah bening yang terpisah. Nikmat. Segera saja cicipi sendiri di tempatnya yang berada di Jalan Singa.

Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Pernah mencicipi jus alpukat yang dipadukan dengan susu kental manis cokelat? Nikmat, ya. Jika ingin menikmati alpukat dengan sensasi yang berbeda, cobalah mengunjungi kedai Es Pokat Kocok Simpang Glugur di Jalan K. L. Yos Sudarso. Alpukat di sini disajikan dengan es serut lengkap dengan susu kental manis dan gula merah.

Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun

Bagi kamu yang ingin menikmati Chinese food berlabel halal, kunjungilah Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun di Ruko Cemara Asri. Menu chee cheong fun alias rice noodle khas Hong Kong ini dimodifikasi menjadi camilan nikmat dengan taburan ebi atau daging ayam.

Bihun Bebek Kumango (ASIE)

Selain ayam dan babi, daging yang cocok untuk menikmati hidangan bihun rebus adalah bebek. Bihunnya kenyal dan daging bebeknya sangat empuk. Rasanya gurih sekali dan cocok disantap untuk mengawali hari. Harganya mulai dari 60 ribu rupiah per porsi. Rumah makan Bihun Bebek Kumango (ASIE) ini bisa kamu temukan di Jalan Kumango pada hari Senin sampai Sabtu pagi.

Martabak Piring Murni

Pernah melihat proses memasak martabak yang menggunakan kompor besar dan loyang bundar tebal? Saat menjajal Martabak Piring Murni, jangan harap kamu akan menemukan Loyang bundar tebal tersebut. Yang ada malah mereka memasak langsung menggunakan piring berukuran sedang.

Adonan martabaknya tebal dan kenyal. Beberapa rasa yang digemari adalah perpaduan cokelat, kacang, dan keju. Jika kamu masih merasa lapar setelah menyantap makan malam, segeralah pergi memesan Martabak Piring Murni yang berada di Jalan Tjong Yong Hian ini. Harga per porsinya mulai dari 3 ribu rupiah saja.

Baca Juga: Bosan Keliling Kota, Yuk Main ke Pantai di Medan!

766

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here