Sumber: igaptravelguide

Liburan adalah hak semua orang tanpa memandang jabatan atau gender. Jika kamu rutin melakukan liburan, stres akibat terus-menerus bekerja bisa hilang. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai ide baru karena pikiranmu terbebas dari stres dan beban hidup lainnya. Terakhir dan tidak kalah pentingnya, dengan liburan kamu bisa mendapatkan pengalaman yang tidak bisa ditemui di tempat tinggalmu. Misalnya saja menikmati suasana kehidupan masyarakat setempat atau berkenalan dengan teman baru di sana.

Seru ya? Tapi jika terus-menerus liburan, tabungan di rekening bisa habis. Itulah masalah yang ditakutkan oleh banyak orang. Padahal jika bijak bertindak, kamu bisa loh menikmati liburan dengan dana terbatas. Masa sih? Penasaran kan? Coba simak caranya berikut ini!

Pemilihan destinasi

Berlibur itu tidak selalu harus ke luar negeri. Selain membutuhkan dana yang besar untuk membeli tiket pesawat, kamu juga butuh waktu lama di sana sehingga pikiran jadi terbebani dengan jatah cuti yang menipis di akhir tahun. Sesuaikan saja dengan dana yang kamu miliki saat ini. Pilihan destinasi terbaik adalah kota-kota di pulau Jawa. Salah satu destinasi yang hits saat ini adalah Batu dan Malang.

Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik, semua biaya kebutuhan hidup di sini terbilang sangat murah. Atau bisa juga memilih destinasi yang berada dekat dari tempat tinggal. Misalnya untuk warga Jakarta dan Bekasi bisa pergi berlibur ke Bandung atau Bogor. Karena lokasinya yang dekat, kamu bisa liburan pulang hari dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar penginapan.

Menentukan tanggal liburan

Sebisa mungkin hindari pergi berliburan saat akhir pekan panjang atau musim liburan anak sekolah. Dijamin kamu akan kesulitan mendapatkan akomodasi, kalau pun ada pasti harganya sangat mahal dibandingkan hari biasa. Lagipula pada saat-saat itu tempat wisata akan ramai pengunjung. Bukannya merasa senang, bisa-bisa kamu malah bad mood dan liburan jadi tidak berkesan. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih liburan pada hari biasa saja supaya mudah menemukan akomodasi dan terhindar dari keramaian.

Pesan tiket jauh-jauh hari

Agar tidak perlu berebut tiket dengan calon penumpang lain, belilah tiket kereta api atau pesawat jauh-jauh hari. Kalau perlu belilah tiket pada saat travel fair offline maupun online. Pada saat itu kamu bisa mendapatkan diskon hingga setengah harga. Lumayan sekali kan bisa menghemat untuk tiket transportasi?

Memilih penginapan

Menginap saat liburan tidak selamanya harus di hotel loh. Saat ini ada banyak guest house yang tersebar di beberapa kota destinasi wisata. Guest house ini harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel. Meski demikian, fasilitas yang ditawarkan cukup nyaman. Mulai dari AC, WiFi, sarapan, TV, bahkan kolam renang. Untuk kamu yang ingin berhemat dengan cara memasak makanan sendiri, beberapa guest house menyediakan dapur yang bisa digunakan bersama.

Ingin lebih hemat lagi? Cobalah menginap di rumah teman atau keluarga di kota tujuanmu. Tapi pastikan kalau kedatanganmu tidak mengganggu atau merepotkan mereka ya. Selain hemat biaya penginapan, hitung-hitung sekalian silahturami. Kalau beruntung, bisa saja kamu diajak berkeliling kota tersebut jadi bisa menghemat ongkos transportasi. Jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh dari kota asal sebagai bentuk ucapan terima kasih.

Jangan malas mencari info diskon

Tidak banyak info diskon tiket masuk tempat wisata yang dipublikasikan secara luas. Oleh karena itu kamu harus mencari tahu melalui website resmi tempat rekreasi tersebut atau bertanya di loket informasi. Terkadang ada beberapa tempat wisata yang memberikan diskon tiket masuk jika pengunjung menggunakan kartu kredit tertentu, menunjukkan kartu pelajar, atau boarding pass maskapai penerbangan tertentu.

Jika kamu menginap di hotel milik tempat wisata tersebut atau berada di area yang sama, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan diskon juga. Belilah tiket masuk tempat wisata tersebut di resepsionis hotel. Biasanya pihak hotel akan memberikan diskon pada para tamunya.

Saat ini juga ada banyak website resmi penjual tiket masuk tempat wisata. Pantau terus promonya, siapa tahu ada tempat wisata tujuanmu di sana. Lumayan kan dapat diskon dan tidak perlu mengantri panjang untuk melakukan pembelian di loket tiket? Karena kamu hanya perlu menunjukan e-ticket bukti pembelian via website tersebut di pintu masuk. Diskon sebesar 5% pun rasanya sudah cukup menghemat dana, kan?

Hemat ongkos transportasi

Sumber: Patronus Lab

Apabila kamu hanya berlibur sendiri atau tidak bersama lebih dari 4 orang, akan lebih baik jika menggunakan kendaraan umum dibandingkan menyewa mobil. Jangan lupa cari tahu jarak antar tempat wisata tujuan. Jika dekat dan memungkinkan, kamu bisa jalan kaki hitung-hitung sekalian olahraga. Lebih asyik lagi kalau ternyata ada free shuttle yang disediakan untuk menjangkau beberapa tempat wisata sekaligus. Untuk free shuttle, carilah info mengenai lokasi titik penjemputan dan jam keberangkatannya ya.

Selamat mencoba!

256

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here