Sumber: Dewi Rieka

Belakangan ini Malang sekaligus Batu menjadi salah satu kota tujuan wisata untuk wisatawan dalam negeri. Banyak yang menjadi faktor pendukungnya seperti udara yang sejuk dan bebas polusi, jauh dari hiruk-pikuk masyarakat kota metropolitan, harga makanan yang murah-murah, serta aneka ragam tempat wisata yang edukatif dan menghibur.

Meski Malang bukanlah sebuah kota besar, potensi wisatanya tidak bisa dihiraukan begitu saja. Beberapa tempat wisata yang menjadi andalannya adalah Taman Selekta, Wisata Petik Apel, serta Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dan Batu Night Spectacular yang terletak tidak jauh dari Malang yakni di Kabupaten Batu dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit.

Berlibur ke Malang saat ini semakin mudah karena bisa dijangkau menggunakan kereta api dan pesawat. Jika kamu bersedia mengeluarkan uang lebih banyak untuk waktu tempuh yang singkat, gunakanlah jasa pesawat terbang. Jika kamu sedang menghemat dana, gunakan jasa kereta api yang harga tiketnya tidak lebih dari lima ratus ribu rupiah. Meski waktu yang ditempuh terbilang cukup lama, pemandangan selama perjalanan bisa menjadi bagian dari kegiatan menghilangkan stres.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, liburan harus disertai dengan oleh-oleh khas daerah setempat yang kemudian dibagikan kepada keluarga dan teman-teman. Terkenal dengan perkebunan apel, oleh-oleh khas Malang sudah pasti didominasi dengan olahan apel. Apa saja sih macam-macam olahan apel khas Malang tersebut? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

Sari apel

Sumber: Tokopedia

Berbeda dengan hotel di tempat lain, hotel di Malang selalu menyajikan air mineral dan minuman sari apel untuk tamunya. Minuman sari apel ini rasanya manis dan menyegarkan tenggorokan di saat kelelahan. Minuman sari apel bisa ditemukan dengan mudah di setiap pusat perbelanjaan. Ada yang dikemas dalam bentuk sirup, teh celup, dan kemasan siap minum.

Kemasan siap minum ini biasanya dikemas dalam gelas plastik ukuran 165 ml dan sudah disusun dalam dus besar. Tinggal pilih mau merek yang mana, bayar, lalu bawa dusnya. Kalau berat bagasi pesawatmu sudah mencapai batas maksimal, kamu bisa membeli teh celup apel yang beratnya ringan untuk oleh-oleh. Rasanya sama saja kok.

Keripik buah

Buah apel tidak akan tahan lama untuk disimpan di rumah. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan membeli keripik apel. Rasanya dijamin sama dengan buah apel khas Malang dan tidak mengecewakan lidahmu. Camilan ini cocok untuk menemani waktu santai di rumah ataupun saat bekerja di kantor. Selain apel, ada juga keripik buah dari semangka, melon, pisang, salak, durian, nanas, dan masih banyak lagi.

Aneka kerupuk

Aneka kerupuk khas Malang ini berbeda dengan kerupuk pada umumnya karena tidak cocok disantap bersama nasi atau makanan berat lainnya. Aneka kerupuk ini cocok untuk dicamil bersama hangatnya kopi atau teh. Kebanyakkan kerupuk khas Malang ini dibuat dengan rasa buah-buahan seperti buah naga, nanas, dan sebagainya. Tapi jika ingin coba yang berbeda dan unik, pilihlah kerupuk rasa kopi. Seperti apa ya rasanya? Yuk, dicoba langsung sendiri!

Malang strudel

Strudel adalah kue berjenis pastry dengan isian selai buah di bagian dalamnya. Untuk menonjolkan ciri khas Malang, maka dipilihlah isiannya berupa apel hasil perkebunan setempat. Malang Strudel ini diperkenalkan oleh artis dalam negeri, Teuku Wisnu. Saat ini sudah ada 6 outlet Malang Strudel untuk mempermudah kamu menemukan oleh-oleh khas Malang yang satu ini.

Beberapa yang mudah ditemui adalah outlet yang berada di depan Mall Batu Town Square dan outlet yang ada di dekat area check-in Bandara Abdurrahman Saleh. Keuntungan membeli Malang Strudel sebagai oleh-oleh di bandara adalah tidak perlu khawatir dengan masa kadaluarsanya, karena bisa langsung dinikmati bersama keluarga di rumah pada hari yang sama.

Lapis Malang

Sumber: Lapis Malang

Oleh-oleh kue yang satu ini tidak menggunakan apel sebagai bahannya. Tapi, rasanya mampu mewakili nuansa Malang. Berbeda dengan bolu lapis di daerah lain, Lapis Malang ini terdiri atas 5 pilihan rasa yaitu Blueberry, Pandan, Coklat Kacang, Keju, dan Original. Outlet Lapis Malang ini bisa ditemui di Jalan Sukarno Hatta 30 kavling 5.

Queen Apple by Farah Quinn

Chef tanah air yang satu ini belum lama membuka outlet oleh-oleh untuk kue andalannya. Ada 2 jenis kue yang disediakan yaitu Queen Apple dan Queen Strudle yang memiliki 3 varian rasa (cokelat, kayu manis, & keju). Setelah jalan-jalan di Museum Angkut, jangan lupa untuk mampir ke Queen Apple milik Farah Quinn yang berada di seberang jalan ya.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Malang yang bisa jadi referensi. Selain untuk oleh-oleh, kamu juga bisa membelinya untuk stok camilan di rumah sendiri. Jangan lupa dicatat dan dibeli selagi mampir ke Malang ya!

1023

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here