Sumber: The Bali Bible

Bagi pecinta pantai sekaligus kesenian, Bali adalah tempat yang cocok untuk berlibur melepaskan stres akibat pekerjaan sehari-hari. Bali sendiri tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia tapi juga wisatawan mancanegara. Tidak heran jika di sana beberapa barang bisa dibayar menggunakan mata uang USD dan harganya bisa dibilang mahal untuk masyarakat lokal.

Hal inilah yang membuat orang takut pergi ke Bali karena berpikir biaya hidup di sana mahal seperti di luar negeri. Padahal pikiran tersebut belum tentu benar. Jika bisa mencari celah, biaya hidup di Bali akan jadi lebih terjangkau. Yuk, coba terapkan tips berikut agar kamu bisa menikmati pemandangan indah di Bali dengan dana terbatas!

Pergi saat low season

Ingat dengan prinsip ekonomi semakin tinggi permintaan makan harga penawaran akan semakin tinggi juga? Dunia perhotelan dan maskapai penerbangan juga menerapkan prinsip tersebut. Hindari berlibur ke Bali pada saat musim liburan anak sekolah atau long weekend karena harga penginapan dan tiket pesawat akan sangat mahal. Sebaiknya pergi saat low season saja. Selain harga penginapan dan tiket pesawat lebih murah, kamu tidak perlu berdesak-desakan saat pergi mengunjungi tempat wisata.

Perjalanan darat & laut

Bepergian menggunakan pesawat terbang memang menghemat waktu perjalanan, tapi ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiketnya. Jika kamu terbatas dana dan ingin menghemat semua pengeluaran, tidak ada salahnya melakukan perjalanan lewat darat dan laut. Dengan catatan kamu memiliki banyak waktu liburan dan bersedia untuk berlama-lama di perjalanan.

Perjalanan lewat darat dan laut ini bisa dilakukan dengan cara menempuh perjalanan darat menuju pelabuhan Ketapang lalu menyeberang ke pelabuhan Gilimanuk Bali. Perjalanan lewat darat dan laut ini bisa membuatmu berhemat sekitar 300 hingga 500 ribu sekali jalan.

Jika terpaksa pergi menggunakan pesawat karena waktu yang terbatas, kamu bisa membeli tiket dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang sedikit lebih murah atau mengincar tiket promo dengan diskon yang hampir setengah harga awal.

Pilih tempat menginap selain hotel

Menginap saat liburan itu tidak selalu harus di hotel. Saat ini di Bali ada tersedia banyak jenis penginapan seperti villa, hostel, dan guesthouse. Jika pergi bersama rombongan tentu akan lebih murah jika menyewa villa. Sedangkan jika hanya pergi berempat, sebaiknya pilihlah guesthouse yang harganya lebih murah. Tarif penginapan di guesthouse berkisar antara 100 hingga 500 ribu per malam. Meski murah, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan fasilitas memadai.

Fasilitas di guesthouse tidak bisa dipandang sebelah mata. Kamu bisa mendapatkan WiFi, sarapan, laundry, kolam renang, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa guesthouse di Bali memiliki interior yang unik dan bersih sehingga bisa bikin kamu betah berlama-lama di sana. Selain itu, lokasinya pun tidak jauh dari tempat wisata yang ada di Bali atau Bandara Ngurah Rai.

Memilih tempat makan

Banyak dikunjungi wisatawan mancanegara bukan berarti Bali tidak memiliki sejumlah rumah makan yang enak dan murah meriah. Memang sih sekali atau dua kali kamu boleh mencicipi makan di restoran berkelas. Tapi selebihnya, pilihlah rumah makan murah meriah untuk menghemat pengeluaran. Misalnya makan nasi campur lengkap khas Bali di pinggir pantai hanya dengan harga sekitar 20 ribu saja untuk makan siang. Untuk sarapan, kamu bisa menyiasati dengan makan-makanan yang disediakan gratis oleh pihak penginapan atau membeli roti di minimarket terdekat.

Memilih destinasi dan tempat wisata

Jika kamu penikmat pantai, tidak perlu memikirkan uang tiket masuk karena sebagian besar pantai di Bali tidak membutuhkan tiket masuk alias gratis. Kamu bisa puas bermain air atau duduk santai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Beberapa pantai yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan adalah Pantai Sanur, Kuta, Karma Kandara, dan Kelan. Jika ingin mengunjungi tempat wisata yang membutuhkan tiket masuk, kamu bisa coba berhemat dengan mencari info diskon yang tersebar di internet.

Berkeliling menggunakan motor sewaan

Sama seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia, di Bali sudah ada banyak jasa angkutan online. Dibandingkan dengan menyewa mobil harian, menggunakan jasa angkutan online terbilang lebih murah bila kamu pergi bertiga atau berempat. Jika kamu hanya pergi berdua, sebaiknya pilihlah motor sewaan. Selain lebih murah bahan bakar, kamu bisa menyelinap di tengah kemacetan. Biaya sewa motor juga murah, hanya berkisar pada 35 hingga 70 ribu tergantung pada jenis motor yang kamu pilih.

Sudah paham dengan 6 tips tadi? Saatnya untuk menerapkan tips tersebut saat liburanmu ke Bali nanti bersama teman yang tentunya memiliki pemikiran serupa agar rencana bisa berjalan lancar. Yuk, mulai rencanakan anggaran liburan dan konsisten selama menabung! Selamat menikmati liburan ke Bali seru yang murah meriah!

709

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here