Sumber: Uncrate

Kehilangan uang saat pergi berlibur adalah satu hal yang ditakutkan oleh para wisatawan karena uang sangat dibutuhkan untuk membayar ongkos transportasi, makan dan tiket masuk wisata. Beberapa orang terpaksa membawa uang dalam jumlah banyak karena destinasi tujuannya tidak memiliki mesin ATM atau kartu ATM yang dimiliki tidak memiliki kerja sama dengan bank setempat.

Sedangkan kamu tahu sendiri kalau pencopet senang mengincar wisatawan karena pasti membawa uang banyak, terkendala bahasa, serta sering kehilangan arah jalan sehingga mereka dapat dengan mudah beraksi mengambil uang para wisatawan. Kebayang kan betapa repotnya jika menjadi korban pencopetan lalu tidak ada sisa uang untuk makan atau kembali ke hotel?

Salah satu trik untuk menghindari kehilangan uang karena dicopet adalah dengan menyimpannya di tempat yang tidak terduga sehingga tidak diincar oleh pencopet.

Selain menyimpannya di dalam resleting kecil tas, kamu bisa mencoba menyembunyikannya di beberapa tempat berikut.

Kantong rahasia dalam baju

Beberapa baju khusus traveling memiliki sebuah kantong rahasia yang dijahit di bagian dalam baju. Jika kamu meletakkannya di sini, dijamin tidak ada yang menyangka. Lagipula jika pencopet itu nekat, kamu bisa segera menyadarinya. Jika kesulitan mencari baju seperti ini, kamu bisa membawa bajumuke tukang jahit untuk minta dibuatkan kantong rahasia di bagian dalamnya.

Di dalam sepatu atau kaos kaki

Sumber: Well Kept Money

Menyimpan uang di dalam sepatu atau kaos kaki mungkin terdengar jorok untuk kamu, tapi percayalah para pencopet akan malas mengincar uang di sepatu atau kaos kaki karena sulit diambil. Jika ingin menyimpannya di dalam sepatu, sebaiknya bungkus uangmu dengan plastik kecil supaya uang tidak rusak akibat air dan keringat.

Di dalam bungkusan plastik bekas

Cara ini tergolong efektif karena sebagian besar orang tidak tertarik dengan sampah. Namun, kamu harus memastikan agar tidak lupa kalau ada uang di dalamnya lalu membuangnya ke tong sampah. Bukannya jadi uang cadangan, kamu malah buang-buang uang sendiri.

Di dalam topi

Kamu bisa membuat kantong rahasia khusus di dalam topimu dan menyimpan uang di sana. Tapi pastikan untuk tidak tampil mencolok atau mencurigakan karena jika ada pencopet yang menyadari kamu menyimpan uang di sana, topi akan mudah diambil.

Di dalam kitab suci

Trik yang satu ini terdengar tidak sopan terhadap kitab suci, tapi juga merupakan salah satu trik ampuh untuk menyimpan uang di kamar hotel. Kamu tidak pernah tahu apakah petugas kebersihan hotel yang bertugas di kamarmu itu murni bekerja atau suka mencuri uang milik tamu. Untuk itu, hindari menyimpan uang di tempat yang mencolok di kamar hotel. Asal kamu tahu, brangkas di beberapa kamar hotel hanya berupa brangkas kecil yang bisa dengan mudah dibawa kabur atau dibobol.

Merekatkan di bawah meja

Selain menyimpan uang di dalam kitab suci di kamar hotel, kamu juga bisa merekatkan amplop berisi uang dengan selotip di bagian bawa meja. Biasanya petugas kebersihan kamar hotel tidak akan memeriksa area tersebut dan hanya membersihkan lantai atau mengganti sprei.

Bekas tempat kosmetik

Para pencopet ini biasanya mengincar dompet, ponsel, dan kantong kecil yang disinyalir menjadi tempat penyimpanan uang dan dokumen penting. Cobalah menyimpan uangmu di dalam bekas tempat kosmetik seperti tempat lipstick, bedak, atau body lotion.

Bekas botol obat

Tempat bekas botol obat juga bisa dijadikan tempat menyimpan uang di kamar hotel loh. Jadi bawalah beberapa bekas botol obat untuk “brangkas rahasia” selama menginap di hotel. Agar tidak mencolok, jangan letakkan di atas meja tapi di dalam tas saja.

Ikat pinggang

Jika kamu suka menggunakan ikat pinggang, tidak ada salahnya membuat sedikit sobekan pada ikat pinggang untuk diselipkan beberapa lembar uang. Karena ukurannya yang kecil, ruang rahasia di dalam ikat pinggang ini cocok untuk menyimpan uang darurat. Sewaktu-waktu kamu kecopetan, masih ada uang tersisa untuk pergi ke kantor polisi atau kembali ke hotel.

Celana boxer

Untuk para wisatawan pria, ini bisa jadi tempat penyimpanan uang teraman. Jika sewaktu-waktu bertemu dengan penodong atau tukang palak, mereka tidak akan tahu kalau uangmu disimpan di sana.

Kotak kacamata

Bagi para pengguna kacamata, bawalah selalu kotak kacamatamu. Bukan untuk menyimpan kacamata, tapi untuk menyimpan uangmu. Para pencopet tidak akan menyadari kalau kamu menyimpan uang di sana. Jika ingin mengeluarkan uang dari kotak kacamata, lakukan di tempat yang sepi ya seperti di dalam kamar mandi atau sudut restoran agar tidak diintai pencopet.

Itulah beberapa tempat tak terduga untuk menyimpan uang selama liburan. Apakah kamu memiliki ide lain untuk menyimpan uang?

1012

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here