Sumber: International SOS

Selama bulan puasa, banyak orang yang menghindari melakukan aktivitas berat agar bisa berpuasa dengan lancar tanpa kelelahan dan jatuh sakit. Namun dengan mengurangi aktivitas, rasanya bulan puasa akan terasa hambar dan membosankan. Salah satu kegiatan yang tetap bisa kamu lakukan selagi menjalankan puasa adalah liburan.

Liburan bisa terasa seru dan menyenangkan selagi menjalankan puasa jika kamu menerapkan beberapa tips berikut ini!

Sahur dengan makanan bergizi tinggi, bernutrisi, dan kaya vitamin

Sumber: Best Health Magazine Canada

Kunci utama agar liburan di saat berpuasa berjalan lancar adalah sahur dengan menu yang tepat. Pilihlah menu yang memiliki gizi tinggi dan penuh nutrisi. Hindari makanan berlemak, pedas, dan terlalu banyak garam. Untuk minumannya cukup air putih atau air madu, hindari the karena akan membuat kamu lebih mudah haus dan mengandung kafein. Jangan lupa konsumsi vitamin untuk menambah tenaga selagi mengelilingi tempat wisata.

Memilih tempat wisata di dalam ruangan

Cuaca panas di tengah bulan puasa akan membuatmu merasa lebih mudah lelah, kehausan, dan dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah tempat wisata di dalam ruangan yang sejuk dan lebih nyaman. Beberapa pilihan tempat wisata di dalam ruangan ini bisa seperti museum, akuarium, galeri seni, dan sebagainya. Hindari taman bermain karena bisa membuatmu mudah kelelahan.

Ketahui sejumlah informasi terkait tempat wisata yang akan dikunjungi

Sebelum pergi berangkat untuk liburan, sebaiknya kamu mencari tahu sejumlah informasi terkait tempat wisata yang akan dikunjungi. Dengan demikian kamu tidak perlu pergi ke sana kemari karena tersasar atau repot bertanya lagi ke bagian pusat informasi. Kebayang kan betapa melelahkannya jika harus berjalan tanpa arah di saat puasa?

Hindari bepergian pada siang hari

Jika kamu tidak bisa menahan keinginan untuk berkunjung ke tempat wisata luar ruangan pada saat berpuasa, pergilah pada saat pagi atau sore hari. Cuaca pada saat siang hari akan sangat panas, matahari pun sangat terik. Kalau sudah kepanasan dan mengalami dehidrasi, yang ada liburanmu malah jadi berantakan dan sangat melelahkan.

Baca Juga: Oleh-oleh Makanan Khas Jambi yang Wajib Kamu Beli

Hindari menyusun itinerary yang terlalu padat

Pergi liburan pada saat menjalankan ibadah puasa tentu akan berbeda dengan liburan pada hari biasa. Jika biasanya kamu bisa mengunjungi 3 sampai 4 tempat wisata dalam waktu sehari, maka pada saat puasa ini sebaiknya kamu mengurangi jumlah tempat wisata. Cukup 1 sampai 2 tempat wisata saja dalam sehari. Waktu lebihnya bisa kamu gunakan untuk beribadah dan beristirahat sambil memulihkan energi.

Membawa perlengkapan ibadah

Selagi menjalankan ibadah puasa sambil liburan, kamu tidak boleh melupakan waktu sholat. Oleh karena itu bawalah perlengkapan ibadah sendiri dalam tas khusus seperti Al-Qur’an ukuran kecil, mukenah, dan sarung.

Bawalah barang secara efisien agar lebih nyaman berpindah tempat

Salah satu hal yang sepele namun bisa mempengaruhi stamina kamu selagi puasa adalah barang bawaan. Mengepak barang secara berlebihan dan penggunaan tas yang tidak efisien akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak energi. Hindari membawa barang berupa hiburan seperti gadget dan mainan secara berlebihan. Untuk baju, bawalah seperlunya saja. Tidak perlu membawa banyak setelan baju untuk tampil fashionable. Ingat, semakin berat barang bawaanmu, kamu pun akan kesulitan untuk memindahkannya. Membawa tas terlalu banyak juga akan menyulitkanmu untuk mengawasinya selagi di perjalanan menggunakan kendaraan umum. Bisa-bisa malah salah satu barang bawaan jadi tertinggal di sana.

Istirahat yang cukup

Sumber: TripAdvisor

Sebelum melakukan aktivitas liburan selama berpuasa, pastikan kamu telah beristirahat dengan cukup. Di sela-sela kegiatan, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dan beristirahat di tempat yang sejuk. Setelah energi terkumpul kembali, barulah kamu melanjutkan kegiatan yang sudah direncanakan. Tubuh pun akan terasa lebih segar dan hati terasa senang untuk menjalankan liburan.

Menjalankan wisata religi juga bisa jadi alternatif

Liburan atau wisata tidak selamanya harus ke tempat-tempat yang menyenangkan dan keren. Kamu juga bisa menjalankan wisata religi. Dengan demikian kamu bisa menambah amal ibadah, sekaligus menambah ilmu pengetahuan tentang agamamu. Misalnya saja melakukan tarawih di masjid-masjid besar yang belum pernah kamu kunjungi atau ngabuburit bareng dengan melakukan pengajian atau membagikan takjil kepada orang yang membutuhkan.

Mendengarkan ayat-ayat Quran yang menenangkan hati

Menemukan kendala yang menguji kesabaran di saat liburan? Agar puasa tidak batal, cobalah bersabar sambil mendengarkan ayat-ayat Quran yang akan membuat hatimu terasa lebih tenang dan tentram. Setelah itu barulah kamu melanjutkan kegiatan yang sudah direncanakan.

Perhatikan waktu untuk berbuka puasa

Saking asyiknya menjalankan liburan, biasanya kamu akan lupa waktu dan tidak terasa sudah waktunya untuk berbuka. Agar bisa langsung membatalkan puasa, sebaiknya sediakan air minum dan snack di dalam tas karena kamu belum tentu bisa langsung menemukan rumah makan pada saat itu.

Masih ragu untuk liburan saat berpuasa? Tidak lagi dong!

241

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here