Sumber: Asset Search Blog

Pergi berlibur ke luar negeri berarti kamu harus menyiapkan uang tunai menggunakan mata uang resmi negara yang akan dikunjungi. Menukarkan uang rupiah ke mata uang asing saat ini tidaklah sulit. Ada banyak gerai money changer yang tersebar di pinggir jalan atau pusat perbelanjaan. Kamu juga bisa menukarkan mata uang lewat bank.

Untuk liburan ke luar negeri dalam waktu lebih dari 5 hari, kamu pasti membutuhkan banyak uang tunai untuk membayar transportasi, tiket masuk wisata, makan, dan belanja. Membawa tunai dalam jumlah banyak tentu akan membuat kita merasa was-was dan takut kecopetan lalu tidak memiliki sisa uang untuk bertahan hidup di sana. Yang ada liburan jadi berantakan.

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan hal ini terjadi, oleh karena itu kamu harus melakukan tindakan pencegahan agar uang yang dibawa aman dari tangan penjahat. Yuk, simak tips sederhana mengatur keuangan selama liburan berikut ini!

Booking hotel dari dalam negeri

Sumber: Clark

Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan ke luar negeri adalah biaya penginapan. Jika pada jaman dulu para wisatawan harus membayar biaya penginapan secara tunai pada hari kedatangan, kini para wisatawan bisa menggunakan kartu kredit untuk membayarnya. Manfaatkanlah situs-situs booking hotel yang kini mudah diakses. Kamu bisa membayarnya menggunakan kartu kredit atau transfer antar bank dari dalam negeri, sehingga tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai untuk melakukan pembayaran di tempat.

Booking tiket masuk tempat wisata

Begitu juga dengan tiket masuk ke tempat wisata. Saat ini ada tersedia banyak situs penjual tiket masuk ke tempat wisata. Lakukan pembelian tiket masuk tempat wisata ini selagi berada di dalam negeri. Setelah membayarnya, kamu akan mendapatkan e-ticket. Sesampainya di tempat wisata tujuan kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai untuk beli tiket, cukup tunjukkan e-ticket tersebut di pintu masuk. Keuntungan lainnya adalah kamu tidak perlu mengantri panjang di loket tiket.

Menyimpan uang tunai, kartu ATM, dan kartu kredit

Setelah booking hotel dan tiket masuk ke tempat wisata secara online, kamu telah mengurangi jumlah uang tunai yang perlu dibawa. Langkah berikutnya adalah bagaimana cara menyimpan uang tunai, kartu ATM, dan kartu kredit dengan benar. Kuncinya adalah jangan pernah menyimpan ketiga benda tersebut dalam satu tempat. Jika sedang apes bertemu penjahat, ketiga benda tersebut akan hilang begitu saja tanpa tersisa dan kamu tidak memiliki uang untuk bertahan hidup hingga waktu kepulangan.

Setidaknya bagilah uang tunai menjadi 3 dan letakkan di tempat yang berbeda. Misalnya sebagian letakkan di brankas hotel, sebagian letakkan di dompet, dan sebagian lagi letakkan di dalam tas. Untuk kartu ATM dan kartu kredit, lebih baik diletakkan di kantong kecil dalam tas agar tidak mudah diambil orang.

Minim uang tunai

Saat berlibur ke luar negeri, kartu ATM dan kartu kredit bisa digunakan pada toko-toko resmi. Manfaatkan kartu-kartu tersebut dengan baik. Jika sewaktu-waktu kartu tersebut hilang, kamu akan lebih mudah untuk memblokirnya. Sedangkan jika uang tunai yang hilang, kamu tidak bisa mengambilnya kembali. Uang tunai sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan ongkos transportasi dan membeli barang di pasar.

Selalu sediakan uang darurat

Simpanlah uang darurat ini di tempat yang tidak terduga seperti di dalam sepatu, di dalam casing ponsel, atau dompet kecil yang selalu dikalungkan di dalam baju.

Sudah berusaha untuk mencegah tapi tetap jadi korban pencopetan? Semua akan terkendali jika kamu sudah menyediakan uang darurat sebelumnya. Setidaknya kamu perlu menyiapkan uang darurat dalam jumlah yang cukup untuk sekali makan dan ongkos transportasi seharian. Uang tersebut bisa membantumu untuk mengunjungi kedutaan besar atau kantor polisi. Simpanlah uang darurat ini di tempat yang tidak terduga seperti di dalam sepatu, di dalam casing ponsel, atau dompet kecil yang selalu dikalungkan di dalam baju.

Bawa uang secukupnya

Sumber: Well Kept Wallet

Saat meninggalkan hotel untuk mengunjungi tempat wisata, bawa saja uang secukupnya. Misalnya untuk transportasi seharian, 2 kali makan, dan belanja souvenir. Membawa uang terlalu banyak akan menyulitkanmu untuk menjaganya.

Jangan pamer

Kamu mungkin memiliki banyak uang untuk berlibur dengan mewah di negeri tersebut. hal ini cukup hanya kamu yang tahu, tidak perlu dipamerkan ke teman atau orang lain saat akan membayar sesuatu. Bersikap pamer akan membuatmu jadi target empuk si penjahat.

Gunakan kartu ATM

Kamu bisa menarik uang menggunakan kartu ATM di mesin ATM di luar negeri. Hal ini sangan berguna untuk kamu yang pergi berlibur lebih dari 10 hari. Dengan demikian kamu tidak perlu repot membawa banyak uang tunai sekali jalan. Jika kamu berminat untuk melakukannya cobalah cari tahu ATM mana saja yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu ATM-mu dan pelajari cara penarikannya serta biaya administrasi yang dikenai.

626

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here