Sumber: Indo Indians

Masing-masing negara pasti memiliki ikon berupa monumen atau bangunan yang menjadi ciri khas. Sebut saja Monas milik Indonesia, Patung Merlion milik Singapura, dan sebagainya. Tahukah kamu kalau ada sejarah di balik pembangunan ikon kebanggaan tersebut? Yuk, cari tahu sejarahnya melalui penjelasan singkat ini!

Monas, Indonesia

Monas adalah singkatan untuk Monumen Nasional. Monas dibangun sebagai bentuk peringatan terhadap jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Monumen dengan tinggi 132 meter ini dibangun atas perintah Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1961. Yang mencolok dari monumen ini adalah bagian puncaknya yang menyerupai lidah api berlapis emas murni. Para pengunjung yang masuk ke monumen ini bisa menikmati pemandangan ibu kota dari ketinggian.

Patung Liberty, Amerika Serikat

Sumber: Playbuzz

Patung Liberty terletak di Pulau liberty dekat muara Sungai Hudson. PatungĀ  berukuran raksasa ini merupakan hadiah dari Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke 19 dalam rangka merayakan 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat sekaligus sebagai simbol selamat datang bagi para pengunjung, imigran, dan orang Amerika yang pulang ke negaranya. Patung berbahan perunggu yang diresmikan pada 28 Oktober 1886 ini dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel.

Menara Eiffel, Perancis

Menara besi yang terletak di Champ de Mars di tepi sungai Seine ini diberi nama sesuai dengan perancangnya yaitu Gustave Eiffel. Menara Eiffel ini adalah salah satu bangunan tertinggi di Paris. Dibangun pada 1889, sejak saat itu menara Eiffel banyak dikunjungi wisatawan lokal serta mancanegara. Saat berkunjung ke Paris, berfoto dan bersantai di menara Eiffel adalah kegiatan yang wajib dilakukan.

Big Ben, Inggris

Big Ben adalah sebuah menara jam terbesar di dunia yang menjadi ikon kota London di Inggris. Menara jam ini terletak di Gedung Parlemen. Menara jam ini dibangun sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry setelah Istana Westminster hancur akibat musibah kebakaran pada 22 Oktober 1834. Menara jam yang memiliki tinggi 96,3 meter ini didesain dengan gaya Gothic Victoria.

Bagian bawah menara setinggi 61 meter dibuat dari bata dan dilapisi batu, sedangkan bagian puncaknya ditopang menggunakan rangka besi. Berdiri di atas tanah seluas 15×15 meter, menara jam ini memiliki fondasi dari beton setebal 3 meter pada kedalaman 4 meter di bawah permukaan tanah.

Colosseum, Italia

Sumber: City Wonders

Colosseum adalah sebuah bangunan peninggalan sejarah yang dibangun oleh Vespasian. Pada jaman dahulu Colosseum adalah sebuah area pertunjukan perang antara gladiator dengan binatang buas atau narapidana. Colosseum berbentuk menyerupai elips yang sangat besar hingga bisa menampung 50.000 penonton. Bangunan peninggalan sejarah ini dibangun pada 72 masehi dan selesai pada 80 masehi. Bagian arena pertandingan Colosseum ini ditutupi menggunakan pasir untuk mencegah darah berceceran.

Merlion, Singapura

Merlion adalah ikon kebanggaan masyarakat Singapura yang dirancang oleh Fraser Brunner pada 1964, kemudian diresmikan oleh Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew pada 15 September 1972. Patung Merlion mudah ditemukan karena ukurannya yang besar dan terletak di ujung Sungai Singapura. Patung setinggi 8,6 meter dan berat 70 ton yang dibangun oleh seniman Lim Nang Seng ini memiliki bentuk unik yaitu mahkluk berkepala singa dan bertubuh ikan. Nama Merlion sendiri merupakan gabungan kata mermaid dan lion yang berarti ikan duyung dan singa.

Gedung Opera, Australia

Gedung Opera terletak di Sydney dan sering juga disebut sebagai Sydney Opera House. Pemandangan bangunan yang didirikan sejak abad ke 20 ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Bentuknya yang unik menyerupai cangkang akan semakin cantik jika dilihat dari atas langit menggunakan jasa tur helikopter. Selain menjadi objek wisata, Gedung Opera ini sering dijadikan tempat untuk pertunjukan balet dan berbagai pertunjukan kesenian lainnya.

Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa atau Menara Khalifa dulunya bernama Burj Dubai. Burj Khalifa ini adalah sebuah gedung pencakar langit tertinggi yang ada di dunia. Tingginya mencapai 828 meter dan berhasil mengalahkan gedung pencakar langit sebelumnya yaitu Taipei 101. Selain berhasil memecahkan rekor gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga memecahkan rekor sebagai pemilik lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 km/jam atau setara dengan 16,7 meter/detik serta bangunan dengan jumlah lantai terbanyak yaitu 160 lantai.

Taj Mahal, India

Sumber: Wikipedia

Selain menjadi ikon untuk India, Taj Mahal juga menjadi simbol cinta. Taj Mahal adalah sebuah monument yang dibangun sesuai dengan permintaan Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal yang meninggal saat melahirkan anak ke 14 mereka. Begitu mewahnya arsitektur Taj Mahal, pembangunannya membutuhkan waktu 22 tahun dari 1630 hingga 1653.

1197

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here