Jakarta, Tamasya – Sebagai moda transportasi massal dengan waktu penerbangan yang cukup lama, semua pesawat memiliki fasilitas toilet untuk para penumpang. Di dalam pesawat biasanya hanya ada 2 hingga 3 toilet untuk melayani ratusan penumpang. Ukuran toilet ini kecil, berhubung tidak banyak ruang tersisa di pesawat. Oleh karena itu, sebagai penumpang pesawat kamu harus memahami beberapa etika penggunaan toilet pesawat. Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Menggunakan toilet pesawat seperlunya saja

Toilet pesawat adalah fasilitas milik bersama. Artinya kamu tidak boleh berlama-lama di dalamnya untuk memperbaiki make up atau tatanan rambut. Gunakan toilet hanya untuk buang air kecil dan buang air besar saja. Jika ingin memperbaiki make up dan rambut, silahkan lakukan di kursi pesawat atau menunggu hingga pesawat mendarat dan melakukannya di toilet bandara yang tentu lebih luas dan nyaman.

  1. Ingatlah untuk selalu mengunci pintu toilet ketika menggunakannya

Setelah memasuki toilet pesawat, ingatlah selalu untuk mengunci pintunya. Seringkali para penumpang lupa untuk menguncinya karena saat menutup pintu, pintunya otomatis menyangkut tetapi masih bisa dibuka dari luar. Agar pintu toilet tidak terbuka saat kamu sedang menggunakannya, jangan lupa untuk menguncinya ya. Jika kamu merasa kurang yakin dengan cara mengunci pintu, sebaiknya tanyakan kepada kru kabin.

  1. Mengantri dengan sabar

Jika ingin menggunakan toilet, mengantrilah dengan sabar dan tenang. Hindari mengetuk pintu toilet karena akan mengganggu penumpang yang sedang menggunakannya. Jika kamu tidak ingin berdiri mengantri di dekat toilet, kamu bisa menunggu toilet kosong dari tempat dudukmu. Caranya mudah, di dekat toilet ada lampu tanda apakah ada yang sedang menggunakannya dan kamu bisa memantaunya dari tempat duduk. Jika toilet sudah kosong, pergilah menuju toilet. Jika toilet yang satu masih ada yang menggunakan, jangan ragu untuk beralih ke toilet yang ada di ujung pesawat lainnya.

  1. Pergi ke toilet pada waktu yang tepat

Para penumpang tidak diijinkan untuk menggunakan toilet pada saat menjelang take off hingga pesawat mengudara dengan baik, serta sebelum pesawat landing. Dengan demikian keselamatan penumpang akan terjaga saat pesawat mengalami guncangan. Selain itu, para penumpang biasanya akan memenuhi toilet sesaat setelah pesawat take off dan sesaat sebelum pesawat landing. Jika ingin terhindar dari antrian, gunakanlah toilet di luar momen tersebut. Misalnya satu jam atau setengah jam sebelum landing.

  1. Jaga kebersihan toilet setelah menggunakannya

Menjaga kebersihan toilet juga merupakan tanggung jawab para penumpang yang menggunakannya. Cara menjaga kebersihan toilet pesawat ini cukup mudah kok, pastikan kamu membuang sampah tisu pada tempat yang telah disediakan. Selain itu siramlah closet setelah menggunakannya. Jangan lupa untuk mematikan kran air setelah menggunakannya.

  1. Tidak menitipkan anak kepada penumpang lain

Bagi orang tua yang pergi naik pesawat bersama anak kecil, sebaiknya hindari menitipkan anak kepada penumpang lain di sebelahmu. Ada 2 pilihan yang bisa kamu lakukan ketika ingin pergi ke toilet. Pertama adalah membawa anak ikut ke toilet dan yang kedua adalah menitipkan anak kepada kru kabin yang bertugas. Menitipkan anak kepada penumpang lain akan merepotkan mereka, apalagi jika mereka masih harus menempuh penerbangan berikutnya.

  1. Merasa perlu ke toilet berkali-kali? Mintalah kursi di dekat lorong

Ada beberapa penumpang yang harus bolak-balik pergi ke toilet. Agar lebih mudah keluar dari kursi menuju toilet, mintalah kursi yang ada di dekat lorong. Dengan demikian kamu tidak perlu berkali-kali permisi kepada penumpang di sebelahmu. Hal ini juga tentunya membuat penumpang di sebelahmu merasa tidak nyaman selama penerbangan.

  1. Memahami perlengkapan yang disediakan di dalam toilet pesawat

Di dalam toilet pesawat biasanya disediakan beberapa perlengkapan seperti tisu, tong sampah, wastafel, cermin, sabun cuci tangan, parfum, dan sebagainya. Karena perlengkapan yang disediakan tersebut adalah milik semua penumpang, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak dan buang niat untuk membawanya pulang jauh-jauh karena akan merugikan pihak maskapai dan penumpang lain. Jika perlengkapan tersebut sudah hampir habis ketika kamu menggunakannya, jangan lupa untuk memberitahu kru kabin agar diganti dengan yang baru.

  1. Jangan menjadi penumpang usil di dalam toilet

Beberapa toilet pesawat milik maskapai penerbangan luar negeri sudah canggih dan memiliki tombol bantuan yang jarang ditemukan pada pesawat maskapai penerbangan milik dalam negeri. Misalnya saja tombol untuk mengatur suhu air. Mungkin kamu baru pertama kali menemukannya dan penasaran ingin mencobanya. Sebaiknya gunakan tombol-tombol tersebut dengan bijak dan tidak usil. Semakin lama kamu mencoba-coba tombol yang ada di dalam toilet, tentu akan membuat penumpang lain harus mengantri lebih lama.

Sudah tahu etika menggunakan toilet di pesawat? Yuk, terapkan pada penerbangan berikutnya ya!

700

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here