Sumber: PNG Tree

Turki, negara yang menjadi bagian dari Benua Eropa ini belakangan populer sebagai destinasi wisata. Tidak heran, karena Turki ini memiliki wisata sejarah dan budaya yang begitu menarik. Sangat cocok bagi kamu yang menyukai sejarah dan budaya. Di sepanjang jalan, kamu bisa menemukan banyak arsitektur bangunan yang memukau. Sangat cantik dan eksotis.

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Turki dalam waktu dekat, pastinya perlu menyiapkan daftar oleh-oleh yang perlu dibeli untuk diri sendiri atau pun dibagikan kepada teman akrab karena liburan tanpa oleh-oleh akan terasa kurang lengkap.

Kalau kamu masih ragu atau bingung mau membelikan oleh-oleh apa dari Turki, coba simak 6 oleh-oleh khas Turki yang tepat untukmu berikut ini!

Turkish Delight

Sumber: Youtube

Turkish Delight adalah salah satu oleh-oleh yang paling sering diborong oleh para wisatawan. Turkish Delight ini adalah makanan manis yang menyerupai permen atau jelly. Penduduk setempat biasanya menyebut makanan ini sebagai Lokum. Ukurannya kecil-kecil, cocok untuk dijadikan camilan atau teman minum teh.

Turkish Delight ini tersedia dalam beberapa varian rasa seperti lemon, kacang, kayu manis, mint, dan mawar. Potongan-potongan Turkish Delight ini ditaburi tepung gula atau kelapa agar tidak lengket satu sama lain. Harganya cukup terjangkau sehingga kamu bisa memborong banyak dan menyimpannya di rumah dalam waktu yang agak lama.

Minyak zaitun

Minyak zaitun bukan lagi hal yang asing untuk masyarakat Indonesia. Minyak yang berasal dari olahan buah zaitun ini sering digunakan untuk memasak atau dijadikan bahan kosmetik yang sangat baik bagi kulit.

Mengapa harus beli selagi liburan di Turki padahal minyak zaitun ini bisa dengan mudah ditemukan di dalam negeri? Karena Turki adalah salah satu negara pemasok minyak zaitun terbesar di dunia. Harganya cukup murah jika dibandingkan harga minyak zaitun yang ada di pasar dalam negeri. Kualitasnya pun sangat baik.

Jika mau, minyak zaitun ini ada banyak bentuk olahannya lagi seperti krim tangan, sabun mandi, hingga vitamin dan pelembab kulit. Sangat cocok untuk para wisatawan wanita nih.

Peci merah

Para penggemar benda pajangan khas setiap negara, peci merah khas Turki ini wajib kamu beli setidaknya satu buah untuk kenang-kenangan pribadi. Peci merah ini memiliki untaian tali hitam di bagian tengah atasnya.

Peci merah yang biasa disebut sebagai Fez ini merupakan sebuah warisan budaya dari Yunani Kuno. Kamu bisa melihat para penari tradisional Turki menggunakan peci merah ini saat tampil. Jika berminat, kamu bisa menemukannya dengan mudah di sejumlah toko souvenir.

Gantungan kunci

Ingin oleh-oleh yang murah dan berkesan? Ya, gantungan kunci jawabannya! Saat kamu liburan ke Turki, belilah beberapa gantungan kunci khas Turki. Harganya murah sehingga kamu bisa beli dalam jumlah banyak dan membagikannya kepada teman-teman. Hanya sekitar 3 ribuan rupiah saja untuk satu buah gantungan kunci.

Beberapa model gantungan kunci Turki yang terkenal adalah gantungan kunci yang berbentuk lingkaran yang memiliki ukiran khas Turki. Bisa juga memilih gantungan kunci yang memiliki gambar landmark setempat.

Baca Juga: 10 Pulau yang Harus Dikunjungi Saat Traveling ke Yunani

Magnet kulkas

Oleh-oleh berikutnya yang perlu kamu beli adalah magnet kulkas. Beberapa wisatawan suka membeli magnet kulkas untuk menghiasi pintu kulkas dengan berbagai kenangan sekaligus penanda bahwa mereka sudah pernah mengunjungi negara tersebut.

Magnet kulkas yang dijual oleh para pedagang souvenir ini memiliki bentuk yang menarik. Ada yang bentuknya seperti pahatan dari batu, ada juga yang berupa plastik. Ada yang bertuliskan Turki, ada juga yang menampilkan gambar landmark Turki. Pokoknya akan mengingatkan kamu pada negara yang pernah dikunjungi ini. Kamu juga bisa membelikan magnet kulkas ini untuk teman dan kerabat terkasih loh.

Nazar Bonjuk

Sumber: Dreamstime

Oleh-oleh terakhir yang perlu kamu beli selagi berada di Turki ini wajib masuk daftar belanjaan karena kamu tidak akan menemukannya di negara lain. Souvenir tersebut adalah Nazar Bonjuk. Oleh-oleh berupa hiasan gantung ini sering juga disebut sebagai Turkish Blue Eyes.

Biasanya Nazar Bonjuk atau Turkish Blue Eyes ini digantungkan di kamar tidur atau di pohon yang ada di halaman rumah. Bentuknya menyerupai mata yang berwarna biru mencolok. Sangat cantik.

Penduduk lokal percaya bahwa Nazar Bonjuk ini bisa menolak bala atau menghalau kuasa jahat yang ingin mengganggu penghuni rumah. Selain cantik, ternyata juga ada fungsinya ya. Bagi kamu yang tidak percaya dengan fungsinya yang mampu menolak bala, tidak apa kok membeli Nazar Bonjuk ini.

Kamu bisa menggunakannya sebagai hiasan yang eksotis, gantungan kunci, bahkan hiasan di kaca spion mobil. Harganya cukup murah sehingga kamu tidak perlu khawatir saat ingin membeli dalam jumlah banyak.

Sudah siap untuk belanja oleh-oleh di Turki?

305

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here