Sumber: Unsplash

Bepergian ke luar negeri menggunakan pesawat membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya 2 jam untuk ke negara terdekat seperti Singapura. Berada di pesawat selama 2 jam mungkin tidak akan terlalu membuatmu merasa kelelahan. Bagaimana dengan penerbangan jarak jauh yang memakan waktu di atas 4 jam bahkan belasan jam? Tentu akan membosankan ya berada di dalam pesawat terus-menerus.

Tidak hanya bosan, tubuh pun akan terasa lebih lelah. Hal ini dikarenakan ruang gerak yang terbatas selama penerbangan serta tekanan udara di ketinggian. Telinga bisa terasa sakit, mabuk udara, kulit menjadi kering, kaki pegal, hingga tidak bisa tidur dengan nyaman.

Kalau kamu memiliki uang lebih untuk memesan tiket pesawat kelas bisnis, sudah pasti akan merasa nyaman. Tapi untuk kamu yang memesan tiket pesawat kelas ekonomi, harus siap berbosan dan berpegal ria selama penerbangan.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk menikmati penerbangan jarak jauh agar tidak merasa bosan. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Memanfaatkan in-flight entertainment

Sumber: Trip Savvy

Pesawat untuk penerbangan jarak jauh biasanya menyediakan layar sentuh di bagian depan tempat duduk masing-masing penumpang. Layar sentuh ini bisa kamu gunakan untuk menghibur diri selama penerbangan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan layar sentuh ini adalah memainkan sejumlah permainan, melihat peta, mendengarkan lagu, bahkan menonton film box office dengan terjemahan bahasa Inggris. Lumayan ya, menonton 1 film tidak terasa sudah melewatkan waktu 2 jam. Layar ini disertai dengan earphone khusus agar kamu bisa menonton dan mendengarkan suaranya dengan tenang tanpa perlu mengganggu penumpang di sebelahmu.

Menulis materi untuk blog pribadi

Bagi para penumpang yang memiliki hobi menulis, manfaatkan waktu penerbangan panjang untuk menulis materi blog. Beberapa materi yang bisa kamu tulis misalnya saja review makanan di pesawat atau review pelayanan yang diberikan oleh maskapai mulai dari check in hingga boarding dan selama berada di pesawat.

Menulis materi untuk blog pada saat penerbangan akan memudahkan kamu untuk mengingat segala sesuatu yang sudah terjadi. Tulisan akan menjadi lebih detail dan kamu tinggal meng-upload-nya saja ketika sudah sampai hotel.

Jika kamu tidak punya blog, tidak masalah. Ada banyak media untuk menulis lainnya seperti forum atau bahkan media sosialmu. Jangan lupa mengumpulkan foto yang mendukung ya!

Menghabiskan waktu dengan membaca

Bagi para pecinta buku, pastikan untuk membawa sebuah novel untuk diselesaikan selama penerbangan. Jika tidak memungkinkan untuk membawa novel, bacalah majalah yang sudah disediakan oleh maskapai atau download-lah beberapa e-book sebelum kamu berangkat.

Baca Juga: Ketahui Serba-serbi Tempat Duduk di Pesawat Sebelum Kamu Terbang!

Browsing internet dan media sosial

Zaman sekarang rasanya sulit sekali lepas dari gadget dan internet, apalagi ketika kamu merasa bosan. Kabar buruknya adalah kamu dilarang menyalakan paket data di pesawat. Kabar baiknya adalah beberapa maskapai penerbangan kini telah menyediakan layanan wi-fi on-board untuk para penumpang, baik yang gratis maupun berbayar.

Bagi kamu yang bisa menikmati layanan wi-fi on-board ini, gunakanlah kuota yang diberikan untuk browsing internet dan media sosial, bisa juga untuk mengabari keluarga mengenai keadaan sekarang.

Namun, kamu tetap harus bijak saat menggunakannya. Misalnya saja tidak berbicara dengan kencang selagi melakukan panggilan berbasis internet dan menggunakan earphone saat streaming video.

Main game

Cara paling seru untuk menghabiskan waktu adalah dengan bermain game. Pastikan kamu telah men-download sejumlah game sebelum penerbangan. Selain itu pilihlah game yang tidak membutuhkan internet untuk menjalankannya. Jangan lupa untuk membawa power bank agar kamu bisa terus melanjutkan permainan.

Jika tdak suka bermain di smartphone, bawa saja Nintendo  atau PSP. Siapa tahu kamu bisa menamatkan permainan yang sempat terlantar ketika pesawat hendak mendarat nanti.

Mempelajari bahasa negara yang akan dituju

Saat pergi ke luar negeri, kamu tidak bisa terus-terusan mengandalkan bahasa Inggris karena belum tentu orang yang kamu temui nanti bisa memahaminya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari beberapa kosakata dan ungkapan dalam bahasa terkait. Misalnya bahasa untuk menanyakan jalan atau harga.

Hafalkan bahasa tersebut selagi penerbangan. Siapa tahu akan berguna ketika kamu tiba di sana. Hitung-hitung menambah sedikit ilmu juga, kan?

Tidur

Sumber: Flyopedia

Cara yang terakhir dan paling mudah adalah tidur. Selagi tidur, tanpa disadari kamu telah menghabiskan banyak waktu. Sesampainya di bandara tujuan, tubuh kamu pun akan terasa lebih segar karena telah beristirahat dengan cukup.

Agar tidurmu lebih nyenyak selama penerbangan, nyalakan lagu favorit menggunakan earphone. Manfaatkan juga selimut dan bantal yang dipinjamkan oleh maskapai untuk menghangatkan diri dan mengganjal leher.

Setelah mengetahui 7 cara di atas, dijamin kamu akan lebih bersemangat dan menikmati penerbangan jarak jauh!

250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here