Sumber: jumiatravel.com

Bepergian ke luar kota atau negeri dalam waktu berhari-hari, mengharuskan kamu untuk memesan kamar di hotel untuk beristirahat dan meletakkan barang. Saat ini memesan kamar hotel menjadi lebih mudah berkat adanya situs booking online. Kamu tidak perlu lagi menelepon hotel untuk melakukan pemesanan seperti jaman dulu atau mengunjungi hotel satu per satu untuk menanyakan ketersediaan kamar.

Bagi kamu yang baru pertama kali memesan kamar hotel lewat situs booking online, tentu ada perasaan takut atau bingung dengan cara pembayaran dan istilah-istilah yang tertera.

Agar tidak keliru memilih kamar atau malah DP hangus karena tidak jadi menginap di kamar tersebut, simak dulu rangkuman istilah-istilah dalam perhotelan yang sudah kami siapkan berikut ini.

Hotel atau hostel

Kata hotel dan hostel sekilas terdengar mirip atau terkesan salah tulis. Tapi perlu kamu ketahui bahwa hotel dan hostel ini adalah jenis penginapan yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada fasilitas yang disediakan.

Hostel memiliki tarif per kamar yang lebih rendah dari hotel karena fasilitasnya tidak selengkap dan semewah hotel. Di dalam kamar hostel, kamu bisa mendapatkan ranjang tingkat atau beberapa ranjang sekaligus. Sedangkan hotel tidak memiliki ranjang tingkat dan 1 kamar hanya boleh ditempati maksimal 3 orang saja.

Untuk kamar mandi, hostel biasanya menyediakan sharing bathroom atau 1 kamar mandi untuk digunakan bersama dengan tamu lain. Sedangkan hotel memiliki 1 kamar mandi di dalam kamar masing-masing. Sarapan gratis juga jarang ditemukan pada layanan hostel.

Jadi kalau mau pesan penginapan melalui situs booking online, perhatikan nama dan keterangannya ya.

Free cancellation

Saat mencari hotel secara online, biasanya kamu akan menemui istilah free cancellation. Kamar dengan free cancellation ini  artinya jika kamu membatalkan pesanan kamar tersebut, uang DP atau pembayaran penuh akan dikembalikan kepadamu. Uang DP atau pembayaran penuh ini bisa kembali seutuhnya jika kamu memberi konfirmasi pembatalan sebelum tanggal yang telah ditentukan oleh pihak hotel. Free cancellation ini berguna untuk menghindarkan kamu dari kerugian materiil saat batal pergi berlibur dan menginap di sana. Ini cocok untuk kamu yang merencanakan liburan dari jauh-jauh hari.

Non-refundable

Kamar dengan keterangan non-refundable adalah kebalikan dari free cancellation. Jika kamu batal menginap di kamar non-refundable ini, kamu tidak akan mendapatkan kembali uang yang sudah kamu bayar. Jadi jika suatu hari kamu sudah memesan kamar non-refundable tapi batal menginap, jangan memaksa pihak hotel untuk mengembalikan uangmu karena sudah diberi keterangan bahwa kamar mereka non-refundable. Kamar non-refundable ini biasanya lebih murah dari kamar free cancellation. Kamar ini cocok untuk kamu yang merencanakan liburan mepet dan sudah pasti akan berangkat.

Check in

Sumber: businessinsider.com.au

Waktu check in kebanyakan hotel adalah mulai dari jam 1 siang. Saat memesan kamar hotel melalui situs booking online, kamu akan ditanya tanggal check in. Pilihlah tanggal check in berupa tanggal kedatanganmu di kota tersebut. Jika tiba di sana sebelum waktu check in, kamu tidak bisa langsung menempati kamar. Tapi kamu bisa menitipkan barang bawaanmu  di resepsionis dan meninggalkannya untuk bepergian ke tempat wisata.

Check out

Kebalikan dari check in, check out adalah batas waktu untuk meninggalkan kamar hotel. Waktu check out kebanyakan hotel adalah jam 11 sampai 1 siang. Jika meninggalkan hotel lewat dari jam yang telah ditentukan, kamu akan dikenai biaya tambahan berupa tarif 1 malam lagi.

Double bed

Kamar hotel biasanya ada yang tipe double bed. Kamar tipe double bed ini memiliki kasur berukuran besar yang bisa digunakan untuk 2 orang sekaligus. Kamar ini cocok untuk kamu yang bepergian sendiri, berdua dengan pasangan, atau berdua dengan anggota keluarga lainnya.

Twin bed

Sumber: hotelfussionsf.com

Ada double bed, ada juga twin bed. Kamar dengan tipe twin bed ini memiliki 2 kasur berukuran single. Kamar ini cocok untuk kamu yang bepergian bersama teman atau memiliki kebiasaan tidur berantakan supaya teman sekamar tidak terganggu.

Adjoining room

Adjoining room adalah 2 kamar yang letaknya bersebelahan dan hanya dibatasi oleh tembok. Adjoining room ini cocok untuk tamu yang pergi rombongan atau keluarga dengan anak usia remaja. Tujuannya agar mereka mudah mengunjungi anggota keluarga, namun privasi tetap terjaga.

Connecting room

Connecting room adalah 2 kamar yang letaknya bersebelahan seperti adjoining room. Yang membedakannya adalah connecting room ini memiliki pintu di antara tembok, agar penghuni kedua kamar bisa bebas keluar masuk mengambil barang atau sekedar mengecek kondisi kamar sebelah.

Mini bar

Mini bar di hotel bukan berarti bar atau pub berukuran kecil, melainkan kulkas di dalam kamar hotel yang berisi minuman dan makanan ringan. Jika kamu mengkonsumsinya, biasanya biaya akan dikenakan saat check out.

Sudah paham dengan istilah perhotelan? Berarti sudah siap untuk memesan kamar yang tepat nih. Selamat berlibur!

1067

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here