Sumber: rd.com

Bepergian menggunakan pesawat bukan lagi menjadi hal yang luar biasa. Banyak orang yang bisa pergi menggunakan pesawat karena tiket pesawat semakin terjangkau dan ada banyak promo tiket murah.

Pergi menggunakan pesawat berarti kamu harus mengikuti sejumlah peraturan yang berlaku. Semua ini demi kenyamanan dan keselamatan selama penerbangan. Misalnya saja tidak membawa cairan lebih dari 1 liter untuk penerbangan ke luar negeri, serta tidak menyalakan ponsel selama berada di dalam pesawat.

Bagi kamu yang baru pertama kali pergi menggunakan pesawat, tidak ada salahnya mengetahui beberapa istilah dalam penerbangan berikut ini, karena kebanyakan menggunakan bahasa Inggris.

Apron

Apron adalah sebutan untuk tempat parkir pesawat di bandara. Biasa juga disebut dengan hanggar.

Arrival

Sumber: humbersideairport.com

Arrival berarti kedatangan. Istilah ini biasa kamu temui pada tiket pesawat atau papan petunjuk di bandara. Area arrival di bandara adalah pintu keluar bagi penumpang pesawat setelah turun pesawat dan melewati proses imigrasi.

Boarding

Dalam dunia penerbangan, istilah boarding berarti jam untuk masuk ke dalam pesawat. Waktu boarding ini biasanya tertera pada boarding pass dan kamu harus mengikuti waktu tersebut agar tidak ditinggal oleh pesawat. Waktu boarding biasanya 30-45 menit sebelum pesawat lepas landas.

Boarding pass

Boarding pass adalah secarik kertas untuk syarat masuk ke dalam pesawat. Boarding pass akan kamu dapatkan setelah check in di counter maskapai penerbangan dan menunjukkan tiket pesawat.

Baggage

Baggage berarti bagasi. Bagasi adalah adalah sebutan untuk barang bawaan yang kamu bawa di pesawat.

Cabin crew

Cabin crew adalah para pekerja di pesawat, yaitu pramugari dan pramugara yang siap membantu para penumpang.

Check in

Check in adalah proses pengecekan identitas, tiket pesawat, sekaligus mengirimkan koper berukuran besar untuk diletakkan di kargo pesawat. Check in dilakukan di masing-masing kounter maskapai penerbangan yang akan kamu tumpangi.

Check in luggage

Sumber: newsbugz.com

Check in luggage adalah sebutan untuk barang bawaanmu yang akan disimpan di kargo pesawat. Masing-masing maskapai penerbangan memiliki peraturan tersendiri untuk check in luggage. Ada yang maksimal 15 kg, ada juga yang 20 kg atau 30 kg.

Carry-on luggage

Carry-on luggage juga biasa disebut sebagai hand luggage. Carry-on luggage adalah sebutan untuk barang bawaan kamu yang dibawa ke dalam kabin pesawat. Biasanya kamu hanya diijinkan membawa 2 tas yang tidak lebih berat dari 7 kg.

Connecting flight

Connecting flight adalah penerbangan selanjutnya menggunakan pesawat yang berbeda setelah transit di suatu kota atau negara.

Departure

Departure atau keberangkatan adalah jalur masuk untuk para penumpang pesawat yang hendak pergi.

Descending

Istilah descending berarti pesawat sedang terbang turun untuk mendarat di bandara.

Delay

Istilah ini diharapkan tidak terjadi oleh para penumpang, tapi pada kenyataannya sering terjadi. Delay adalah istilah penundaan keberangkatan yang diakibatkan oleh gangguan cuaca, kerusakan mesin pesawat, penumpang yang berulah, dan sebagainya.

Divert

Divert adalah istilah yang berarti pesawat mendarat di bandara lain yang bukan tujuan sebenarnya. Misalnya pesawat kamu seharusnya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, tapi malah mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma. Hal ini bisa terjadi jika ada kesalahan teknis pada pesawat atau cuaca memburuk selama perjalanan.

Landing

Landing adalah istilah untuk pesawat yang sedang mendarat. Waktu landing merupakan waktu yang lebih menegangkan dibandingkan waktu lepas landas.

Pay tax

Pay Tax atau airport tax adalah pajak negara yang harus dibayarkan di setiap bandara. Pajak setiap bandara berbeda-beda. Namun saat ini pajak tersebut sudah digabungkan ke dalam tagihan tiket pesawat kamu sehingga tidak perlu repot membayar lagi di bandara.

Pax / Passanger

Pax atau passanger adalah sebutan untuk para penumpang pesawat terbang.

Security check

Sumber: thetravelmagazine.net

Bandara adalah area yang harus  aman dari segala macam tindakan kejahatan. Security check adalah proses pemeriksaan keamanan yang harus dilakukan semua pengunjung bandara. Barang bawaan kamu akan diperiksa menggunakan alat pendeteksi.

Jika ada barang yang dianggap mencurigakan oleh petugas, kamu akan diminta untuk membuka tas. Jika kamu terpaksa membawa benda tajam atau senjata untuk keperluan pertandingan dan sebagainya, jangan lupa sertakan surat ijin khusus dan laporkan kepada maskapai penerbangan terkait sebelum keberangkatan agar bisa dibawa masuk.

Take off

Istilah take off berarti pesawat akan terbang meninggalkan landasan setelah melalui porses boarding.

Waiting room

Waiting room adalah area yang bisa digunakan para penumpang pesawat terbang untuk bersantai sambil menunggu keberangkatan pesawat.

Itulah 20 istilah yang akan sering kamu temui saat bepergian menggunakan pesawat. Yuk, pahami istilah tersebut supaya perjalanan berlangsung lancar dan

1077

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here